Harga Honda CB150X

Spesifikasi dan Harga Honda CB150X

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Tidak ada hujan, tidak ada angin. Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan produk terbaru mereka, yaitu Honda CB150X. Kali ini akan kita bahas Spesifikasi dan Harga Honda CB150X beserta pilihan warnanya.

Spesifikasi Honda CB150X

Tampilan

Tampilan motor ini menggunakan basis desain Honda CB150R Streetfire. Namun, fasia depan motor ini sangat berbeda. Perbedaan tersebut juga membuat aura kedua motor ini sangat berbeda. CB150X ini tampil sebagai motor touring advanture.

Dengan desain yang ada juga adanya suspensi up side down membuat motor ini semakin gagah. Jika stang CB150R sudah cukup tinggi dan lebar. Stang dari motor ini lebih tinggi sehingga membuat lebih pede saat berkendara. Belum lagi pada bagian tangkinya dan shroudnya terlihat sangat proporsional. Secara keseluruhan tampilan motor ini gagah, keren dan proporsional.

High windscreen menurut saya menjadi point utama dari desain motor ini. Windscreen yang ada cukup tinggi sehingga dapat mengurangi aliran udara ke pengendara. Tambahan lain yang menguatkan motor ini sebagai motor advanture adalah undercowl. Selain meningkatkan tampilan, juga dapat membantu melindungi mesin dari batu kerikil dan semacamnya.

Dimensi CB150X

Secara dimesi motor ini tergolong tinggi tetapi sesuai dengan konsep dari motor ini. Untuk tinggi total motor ini adalah 1.308 mm lebih tinggi daripada CB150R yang mempunyai tinggi 1.083 mm. Jarak terendah dari tanah juga cukup tinggi, yaitu ada pada angkat 180 mm. Kompensasi dari desain motor ini adalah beratnya. Berat kosong motor ini adalah 139 kg.

Mesin Honda CB150X

spesifikasi honda cb150x

Karena menggunakan basis dari Honda CB150R Streetfire. Maka spesifikasi di atas kertas sama persis. Namun, hal ini bukanlah kabar buruk. Sebab mesin ini berada dalam balance yang tepat untuk berbagai macam penggunaan. Biasanya AHM akan memberikan setinga berbeda pada setiap produknya. Jika ada detail-detail yang berbeda dari motor ini akan saya up date atau tambahkan pada artikel ini.

Berdasarkan informasi yang sudah bisa kita dapatkan. Motor ini menggunakan mesin berkubikasi 150 cc dengan 4 katup berkonfigurasi DOHC dengan 6 kecepatan. Belum ada informasi berapa tenaga dan torsi maksimal yang mampu mesin ini hasilkan. Jika pada CB150R sendiri tenaga maksimalnya adalah 16,9 Ps pada 9.000 rpm. Kemudian untuk torsi maksimalnya adalah 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

BACA JUGA : Review Honda CB150R 2021. Semakin Gagah Nih

Suspensi dan Kaki-Kaki

Suspensi pada Honda CB150X ini sudah mengadopsi sistem inverted telescopic atau kita kenal dengan Up side down. Selain membuat tampilan menjadi lebih gagah, juga meningkatkan kenyamana dalam berkendara. Sebab, mampu meredam guncangan dengan lebih baik daripada suspensi telescopic biasa.

Pada bagian lengan ayun masih menggunakan swing arm kotak alumium. Beberapa motor di kelasnya juga masih menggunakan lengan ayun ini. Kemudian dipadukan dengan suspensi tunggal dengan sistem pro-link.

Bagian kaki-kaki menggunakan desain yang sama. Begitu juga dengan ukuran bannya. Menggunakan ban ukuran 100/80 dan 130/70 untuk masing-masing roda depan dan belakang. Untuk model bannya juga sama, tidak menggunakan ban multi purpose seperti pada Honda ADV 150 atau CRF 250 Rally.

Kedua roda sudah dikawal dengan pengereman cakram. Kerennya baik cakram depan dan belakang sudah mengadopsi model wavy disk. Selain membut pengereman menjadi lebih pakem, juga membuat performa pengereman lebih stabil karena mampu membuang panas dengan baik.

Pilihan Warna CB150X

Sejauh ini, motor ini akan dijual dalam 3 pilihan warna, yaitu Volcano Matte Black, Glossy Red & Matte Green. Kita juga belum tahu apakah motor ini akan hadir varian dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) atau tidak. Jika ada update juga akan saya update.

Harga Honda CB150X

Bisa saya katakan motor ini bermain di kelasnya sendiri karena belum ada kompetitor lain yang merambah pasar ini. Secara ceruk pasar memang cukup spesifik. Jadi penentuan harga sepertinya tidak akan menjadi masalah besar. Yang penting tidak terlalu jauh dari Honda CB150R Streetfire itu sendiri.

Perkiraan dari portal otomotif besar, Harga Honda CB150X ada pada kisaran 32 – 35 jutaan. Untuk saat ini, Harga Honda CB150R ada pada kisaran 29 – 30 jutaan. Jadi mungkin angka 32 juta kecil akan menjadi harga yang paling oke untuk kelasnya.

Motor ini juga menjadi titik balik untuk AHM sebagai brand. Sebab, selama ini mereka jarang sekali membuka pasar baru. Kebiasaan mereka adalah memberikan produk yang lebih baik dari sisi value produk atau brand daripada kompetitor. Semoga ini menjadi langkah awal dari produk-produk inovatif lain yang akan hadir di masa depan

Silahkan Masukan Komentar