RPMSUPER.COM РKEHADIRAN Honda CB150X memberikan pilihan bagi customer. Apalagi belum banyak pilihan motor Advanture. Terutama pada kelas motor sport 150 CC. Kali ini saya ingin membahas Tes Konsumsi Bensin Honda CB150X. Untuk yang penasaran Apakah Honda CB150X Boros bisa simak artikel kali ini.

Sebenarnya saya kurang suka membahas tentang konsumsi bahan bakar. Sebab, gaya berkendara saya yang memang tidak mendukung. Apalagi saat mencoba motor dengan performa yang enak. Saya lebih suka eksplorasi kemampuan mesin daripada kehematan bahan bakarnya. Jadi selama motornya enjoy untuk berkendara. Bahan bakar bisa menjadi aspek yang bisa sedikit dipinggirkan.

Belum lagi ada banyak faktor dalam menentukan irit borosnya suatu motor. Begitu pula dalam Tes .Konsumsi Bensin Honda CB150X. Belum lagi perspektif setiap orang yang berbeda-beda. Namun, menurut saya ada 3 aspek yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Penyebab Motor Boros

Apakah CB150X boros?

Beban/ Bobot

Penyebab Motor Boros yang pertama adalah bobot. Semakin berat atau beban yang diterima motor. Baik itu dari pengendara dan pembonceng. Juga dari bobot motor itu sendiri. Belum lagi jika ada barang bawaan atau modifikasi yang menambah beban.

Hal ini kemarin sangat terasa pada saat Konsumsi Bensin Honda CB150X. Dengan rute yang sama, hasil konsumsi bahan bakar bisa jauh berbeda.

Gaya Berkendara

Penyebab Motor Boros yang kedua adalah riding style. Ada cukup beragam gaya berkendara dalam sepeda motor. Untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang maksimal. Bisa dengan menggunakan motor secara halus. Misalnya tidak menarik tuas gas secara cepat. Melainkan dengan membukanya secara perlahan.

Kemudian membatas putaran mesin. Apalagi memanfaatkan putaran torsi pada tenaga maksimalnya. Sehingga motor tidak berputar pada putaran yang terlalu tinggi. Selain itu juga bisa menggunakan gear yang sesuai. Saat kecepatan rendah tidak menggunakan gear tinggi. Begitu juga sebaliknya, tidak menggunakan gear terlalu rendah dikecepatan yang lebih tinggi.

Medan Jalan

Penyebab Motor Boros yang sangat berpengaruh adalah medan jalan. Tentu saja orang yang berkendara dengan daerah perkotaan akan berbeda saat di pegunungan. Bisa juga saat berkendara dalam kota juga bisa berbeda saat berkendara jarak jauh.

Belum lagi ditambah jalanan yang agak curam. Mesin memerlukan putaran yang lebih tinggi agar bisa melaluinya. Kemacetan juga dapat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar dari motor. Sebenarnya masih ada banyak hal-hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

BACA JUGA :

Tes Konsumsi Bensin Honda CB150X

Setelah membahas apa saja Penyebab Motor Boros. Kita akan masuk pembahasan Konsumsi Bensin Honda CB150X. Saya menggunakan unit dari Astra Motor Semarang.

Unit Honda CB150X yang saya coba adalah baru. Karena baru berjalan 30 km saja. Berat badan saya sendiri adalah 96 kg. Gaya berkendara sendiri cukup agresif. Suka bermain dengan mesin putaran tinggi..

Bobot Honda CB150X saat kosong adalah 139 kg. Jika ditambah dengan bahan bakar dan penumpang tentunya bisa naik banyak. Rute yang digunakan adalah campuran antara perkotaan dan pegunungan.

Saya mencoba dengan dua gaya berkendara yang berbeda. Dan akan saya bandingkan dengan rekan saya yang juga mencoba motor ini.

Tes 1

Uji Konsumsi Bensin Honda CB150X saya lakukan dengan dua cara yang berbeda. Saat berangkat saya menggunakan motor dengan agresif. Apalagi lebih banyak tanjakannya.

Karena respon dari mesin Honda CB150X ini tergolong enak. Jadi saya suka melakukan akeselerasi cepat dengan motor ini. Apalagi tenaga maksimal motor ini berada diputaran bawah-mengengah.

Untuk keperluan menyalip-nyalip dan melahap tanjakan tidak menjadi masalah. Meskipun saya tidak mencoba top speed. Tapi di sini saya suka bermain diputaran tinggi.

Total jarak sekitar 60 km. Start dari Astra Motor Semarang. Kemudian finishnya di Tungku Bumi Bandungan. Jalan yang banyak tanjakan. Gaya berkendara yang agresif. Juga terjebak sedikit saat dalam kota membuat konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu oke.

Saya mendapatkan angka 32,8 km/ liter saat berangkat. Namun, rekan saya BMSpeed7 bisa mendapatkan angka 38, sekian km untuk satu liter bahan bakar. Di sini karena adanya perbedaan berat badan yang cukup banyak. Sebab, untuk gaya berkendara hampir mirip.

BACA JUGA :

Tes 2

Bensin Honda CB150X Boros

Konsumsi Bensin Honda CB150X saat perjalanan pulang. Karena waktu semakin malam. Kami memilih untuk melalui perkotaan. Saat turun dari daerah Bandungan sendiri lebih banyak jalan menurun. Saya juga mencoba berkendara dengan seiring mungkin. Mungkin rata-rata kecepatannya kisaran 50 – 60 km/ jam saja.

Jarak yang ditempuh saat perjalanan pulang sekitar 30 km-an. Saya hanya sekali mencoba menarik gas. Karena tangan sangat gatel untuk menarik tuas gas. Saat jalanan kecil kecepatan maksimal hanya 60 km/ jam. Sisanya saya cruising di kecepatan 70 – 90 km/ jam saat jalan kosong.

Saat kembali lagi di Astra Motor Semarang di Gajah Mada. Saya mendapatkan Konsumsi Bensin Honda CB150X diangka 38,8 km/ liter. Jadi dengan gaya berkendara yang berbeda bisa berbeda hingga 5 km/ liter.

Rekan saya dari BMspeed7.com mendapatkan angka sekitar 42 an km/ liter. Yang lebih irit ada dari CXrider.com yang mendapatkan angka hingga 50 km/ liter, Padahal kedua rekan saya ini secara bobot hampir sama. Hanya yang satu lebih agresif, yang satu lagi lebh santai.

Jadi Bensin Honda CB150X Boros Gak? Menurut saya masih irit banget. Sebenarnya motor ini bisa dikita gunakan untuk irit-iritan. Tapi juga bisa kita gunakan untuk menikmati performa mesinnya.

Dengan gaya berkendara yang berbeda hanya berbeda 5 km/ liter saja. Saya lebih suka untuk menikmati performa dari mesin Honda CB150X ini saja.

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar