First Impression Honda CB150X

First Impression Honda CB150X

RPMSUPER.COM – HONDA CB150X masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. Pengenalan produk yang secara tiba-tiba memang cukup ampuh untuk menarik perhatian pasar. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit review atau First Impression Honda CB150X.

Saya berkesempatan mencoba motor ini pada 21 Desember 2021 kemarin. Astra Motor Semarang mengajak blogger, vlogger dan media untuk mencoba motor ini. Lokasi tes ridenya sendiri berada pada area De Tjolomadoe, Kab. Karanganyar. Treknya sendiri memang tergolong sangat pendek. Tapi masih bisa untuk menguji akselerasi dari motor ini. Juga terdapat beberapa rintangan yang sudah dipersiapkan untuk merasakan dari suspensinya.

First Impression Honda CB150X

Tampilan New CB150X

Selama ini saya melihat motor ini hanya dari layar kaca saja. Dari layar kaca menurut saya sudah keren tetapi agak kurang. Namun, setelah melihat motor ini secara langsung. Menurut saya motor ini terlihat lebih bagus dan kekar. Terutama untuk angel bagian depan. Pada sisi ini menjadi highlight poin dari CB150X.

Suspensi depan yang tinggi dan menggunakan up side down membuat motor ini tampil semakin kekar. Pada bagian suspensi belakang juga mengalami modifikasi. Sehingga tampilan belakangnya nampak selaras dengan bagian depan motor. Secara keseluruhan, tampilan motor ini terlihat keren dan kekar.

Posisi Berkendara

Review Honda CB150X

Honda CB150X dan CB150R memang memiliki tappered stang yang sama. Namun, perbedaan raiser stang dan ketinggian suspensi depan dan belakang membuat segalanya berbeda. Jika pada pada Honda All New CB150R posisi berkendaranya sangat sporti. Pada Honda CB150X ini posisi berkendaranya jauh lebih tinggi. Membuat saya pribadi pede saat mengendarai motor ini.

Untuk posisi berkendaranya ini sangat nyaman. Yang mana hal tersebut adalah salah satu aspek penting untuk motor touring advanture. Sehingga saat digunakan untuk perjalanan jauh maupun berbagai medan tidak membuat badan cepat lelah. Posisi berkendaranya yang tinggi membuat saya tidak ragu untuk melintasi rintangan yang cukup tinggi. Penggunaannya untuk manuver juga sangat bagus. Motor terasa begitu ringan untuk dikendalikan dan juga lincah.

Sensasi Mesin CB150X

First Impression Honda CB150X pada sisi mesinnya. Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang perbedaan mesin Honda CB150R dan CB150X, Secara garis besar memang menggunakan basis mesinnnya yang sama. Namun, dari sisi mapping agak bergeser pada putaran rendah. Sehingga torsi dan tenaga maksimalnya bisa keluar pada putaran rendah ke menengah.

Dengan trek yang pendek akselerasinya sudah terasa memumpuni. Karena tidak perlu putaran tinggi untuk mendapatkan tenaga maksimal. Shifting atau perindahan gear dari motor ini bisa dilakukan lebih awal. Tanpa harus kehilangan momentun. Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan trek memang kurang puas untuk ekspolarasi mesin motor ini.

BACA JUGA : Perbedaan Mesin CB150R dan CB150X

Suspensi Honda CB150X

Sektor terakhir dari Review Honda CB150X yang bisa saya share adalah bagian suspensinya. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Motor ini menggunakan suspensi up side down yang cukup tinggi. Selain tinggi, travel suspensinya juga cukup panjang. Sehingga saat melewati rintangan yang cukup tinggi bisa dengan nyaman. Kemungkinan jika digunakan untuk riding pada jalan rusak atau bergelombang tetap nyaman.

Bantingan dari suspensi depan dan belakang juga cukup soft. Untuk penggunaan jalan yang mulus motor tetap stabil tidak mental-metul. Saat coba diajak untuk manuver sedikit, motor juga masih nyaman untuk dikendalikan. So itulah First Impression Honda CB150X dari saya. Memang kesempatannya sangat-sangat terbatas, tetapi semoga dapat berguna untuk sobat semua. Semoga juga ada kesempatan lain untuk menajajal motor ini.

Silahkan Masukan Komentar

Scroll to Top