Jenis Proguard Motor

Jenis-Jenis Proguard Motor. Mana Yang Bagus?

Diposting pada

RPMSUPER.COM РKIBLAT dalam modifikasi sepeda motor bisa hadir dari mana saja. Salah satunya dari MotoGP. MotoGP sendiri selalu hadir teknologi prototipe yang terlihat keren jika digunakan untuk motor harian. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Jenis-Jenis Proguard Motor. Mana Yang Bagus?

Proguard mungkin salah satu hal yang populer setelah MotoGP mewajibkan penggunaannya. Sebenarnya tidak ada proguard, ada part-part lain yang sekarang menjadi trend modifikasi. Seperti winglet, yang tidak hanya menjadi aksesoris. Pada beberapa superbike bahkan sudah menjadi bawaan pabriknya.

Proguard yang kali ini kita bahas adalah yang model leverguard ya bro. Bukan handguard yang biasanya ada pada motor motocross atau supermoto. Proguard atau lever guard yang memang kiblatnya datang dari MotoGP.

BACA JUGA : Kenapa Handguard MotoGP Cuma Sebelah ?

Jenis Proguard Motor

Model Standar

proguard motogp

Sebenarnya saya kurang tahu ini sebutan untuk proguard yang satu ini. Ini adalah salah satu model pertama yang ada di pasaran. Dari sisi bentuk memang sangat sederhana. Hanya ada satu lekukan yang menyerupai huruf L. Untuk penggunaan bahannya ada 2. Pertama adalah kombinasi antara alumunium dan plastik. Biasanya jalu stangnya alumunium, kemudian pelindungnya yang berbahan plastik. Model dan bahan ini adalah yang paling murah yang ada. Bahkan biasanya juga terdapat cadangan untuk pelindunganya.

Kemudian bahan yang kedua adalah full alumunium. Jadi dari jalu stang hingga pelindungnya menggunakan bahan full alumunium. Kelebihannya tentu saja lebih kuat daripada bahan plastik. Kemudian pilihan warnanya juga lebih banyak. Untuk harga hanya sedikit lebih mahal daripada bahan plastik.

Kekurangan model ini adalah panjang pelindungnya yang relatif pendek. Meskipun ada setelan untuk mengatur panjangnya, tetapi menurut saya tidak membantu banyak. Jadi untuk motor dengan jarak stang dan tuas rem/ kopling yang jauh tidak bisa menggunakan model ini. Sebab, tuas rem atau koplingnya tidak bisa bebas atau membentur proguard model ini.

BELI PROGUARD SESUAI SELERAMU VIA SHOPEE ! (KLIK)

Model Transformer

proguard robot

Selanjutnya untuk Jenis Proguard Motor adalah model transformer atau robot. Secara desain memang lebih komplek daripada model sebelumnya. Proguard model transformer ini biasanya menggunakan bahan full alumuium. Jadi secara kekuatan bisa dikatakan cukup oke. Untuk harga juga berada pada bagain tengah. Lebih mahal daripada model sebelumnya, tetapi tidak lebih mahal dari model sabit.

Namun, untuk kekurangan proguard robot ini mirip-mirip dengan model sebelumnya. Panjang dari pelindugnya juga cukup pendek. Walaupun juga ada setelan untuk mengatur panjang pelindungnya. Namun, jika terlalu maju, tampilannya akan kurang bagus. Sebab, pada bagian framenya akan terlihat bolng begitu saja.

Biasanya penggunaan catnya adalah cat powder. Secara finishing terlihat doff, tetapi dari keawetan warnanya terbilang cukup oke. Juga pilihan warnanya juga cukup banyak.

BELI PROGUARD ROBOT VIA SHOPEE (KLIK)

Proguard Sabit

proguard sabit

Terakhir untuk Jenis Proguard Motor ada model sabit. Proguard model sabit ini adalah model terbaru di pasaran. Secara bentu memang memanjang seperti sabit. Tidak seperti pada dua model sebelumnya, proguard model ini memiliki panjang yang cukup. Sehingga tuas aman dari senggolan dari proguardnya sendiri. Namun, pada motor yang tuas remnya pendek, menggunakan model ini akan terlihat kurang proporsional. Memang harus sobat pilih sesuai dengan motor sobat agar secara tampilan juga terlihat oke.

Untuk bahan yang digunakan adalah aluminium. Baik dari bagian jalu stang hingga bagian lever guardnya. Proguard model sabit ini ada dua model warna. Pertama adalah model polos. Jadi pada bagian jalunya berwarna hitam polos. Baru pada bagian lever guard terdapat berbagai warna. Namun, ada pula yang hadir dengan satu tone warna. Jadi dari tangkai hingga lever guard dilabur satu warna.

Warna kedua adalah hadir dengan motif karbon. Motif karbon ini saya lihat lebih favorite daripada model polos. Memang secara tampilan lebih eye catching dan membuat motor menjadi lebih sporti. Kemudian untuk bagian pelindungnya juga terdapat berbagai warna.

Untuk produk low end carbon yang ada hanya motif saja bro. Motif ini adalah hasil dari water transfer printing. Sedangkan ada juga yang menang terbuat dari bahan karbon. Namun, dari segia harga memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Beli Proguard Sabit Motif Carbon

So itulah Jenis Proguard Motor atau lever guard motor. Mana yang paling bagus? Saya kembalikan ke selera sobat masing-masing. Untuk mekanisme pemasangannya kurang lebih sama. Karena ini universal, jadi untuk beberapa motor mungkin saja membutuhkan penyesuaian agar bisa sobat pasang secara proper.

Silahkan Masukan Komentar