RPMSUPER.COM – LAMPU SEIN berfungsi untuk memberikan sinyal untuk pengendara lain. Jika menyala maka kita memberikan sinyal bahwa kita akan berpindah arah atau berbelok. Kali ini akan kita bahas Cara Pasang Lampu Sein 2 in 1 pada motor.

Desain lampu sein sendiri ada cukup banyak. Biasanya akan menyesuaikan dengan desain dari motor. Ada yang model menyatatu dengan headlamp maupun stoplamp. Tapi ada pula yang model terpisah dari lampu utama atau lampu rem.

Dari sisi visibilitas memang sedikit lebih baik lampu sein pisah. Namun, kembali lagi pada model dan ukurannya. Sekarang untuk lampu sein model pisah terdapat banyak model.

Tidak hanya ada lampu sein atau lampu sen saja. Sekarang sudah ada model yang menyatu dengan lampu tambahan. Biasanya ditambah dengan lampu kota. Secara desain memang jauh lebih keren daripada lampu sein biasa.

Model dan Harga Lampu Sen 2 in 1

Harga Lampu Sen 2 in 1

Pasang Lampu Sein 2 in 1 sendiri modelnya ada sangat banyak. Mulai dari model panah, dan lainnya. Biasanya juga lampu seinnya model running.

Salah satu alasan mengganti lampu sen agar tampilan motor menjadi lebih keren. Walaupun secara dimensi kecil. Tapi bisa membuat tampilan motor semakin manis.

Apalagi dengan beragamnya model lampu sein yang bereda di pasaran. Sobat bisa memilih sesuai selera sobat. Baik dari model dan budgetnya.

Untuk harga Lampu Sein 2 in 1 tergantung pada model dan mereknya. Biasanya sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 50 ribuan.

Jika sobat tertarik untuk membeli lampu sen 2 in 1 secara online. Sudah saya sediakan link pembeliannya via Shopee. Sobat bebas memilih model yang sobat suka.

BELI LAMPU SEIN 2 IN 1 DI SHOPEE (KLIK)

Cara Pasang Lampu Sein 2 in 1

Lampu Sen 2 in 1

Sebenarnya tidak ada cara baku dalam cara Pasang Lampu Sein 2 in 1. Biasanya ada total 3 kabel dari lampu sen 2 in 1. Warna hitam untuk negatif atau masa pada motor. Kemudian warna kuning untuk lampu sen motor. Sedangkan untuk warna kabel lampu kotanya berbeda-beda. Tergantung dari produsennya masing-masing.

Untuk warna kabel setiap merek motor berbeda-beda. Untuk itu sobat harus mengetahui dulu skema kabel untuk motor sobat. Agar tidak salah pasang, apalagi kabel negatif dan positifnya. Untuk menghindari konsleting pada lampunya. Ada baiknya mencari tahu warna kabelnya sebelum dipasang pada motor.

Skema Warna Kabel Pada Motor

Skema Warna Kabel Motor Honda
  • Negatif aki: Hijau
  • Lampu Sein kanan: Biru Laut/Muda:,
  • Lampu sein kri : Orange dan
  • Cokelat: Lampu kota
Skema Warna Kabel Yamaha
  • Negaitf : Hitam
  • Lampu Sein kanan: Hijau Tua
  • Lampu Sein kiri: Coklat tua
  • Lampu senja: Biru

Nah setelah mengetahu skema warna kacel. Proses Pasang Lampu Sein 2 in 1 menjadi lebih mudah. Untuk lampu sein tinggal kita colokkan seperti biasanya. Menyesuaikan warna kabelnya ya. Agar nyalanya tidak terbalik.

Untuk pemasangan kabel ketiga atau lampu kotanya tergantung preferensi sobat. Kalau saya pribadi lebih suka jumperkan langsung ke soket lampu kotanya.

BACA JUGA :

Siapkan Flasher

Jika sobat sudah selesai proses Pasang Lampu Sein 2 in 1. Sobat akan memperhatikan nyala lampu sein tidak menyala sempurna. Terutama pada lampu sen 2 in 1 yang model flowing.

Hal ini disebabkan karena flaser dari bawaan motor biasanya lebih cepat. Bahkan jika motor sobat lampu sein bawaannya masih bohlam. Maka lampunya tidak akan menyala sama sekali atau hanya diam saja tidak berkedip.

Untuk itu saya sarankan membeli flasher led yang adjustabel. Untuk kasus Pasang Lampu Sein 2 in 1 dari saya. Setingan kecepatan kedip lampu dibuat yang paling lambat. Sehingga nyala lampu bisa flowing sebagai mana mestinya.

Untuk harga flasher LED sendiri sekarang ini sudah sangat murah, Ada yang dari 8 ribuan hingga 25 ribuan. Tergantung dari merek, kualitas dan beban maksimalnya. Yang penting bisa mengatur kecepatan kedip lampu sein.

Tapi, jika lampu sein sobat tidak model flowing. Langkah ini bisa sobat lewati saja.

So itulah bagaimana cara Pasang Lampu Sein 2 in 1 serta tipsnya dari saya. Yang penting selama proses pemasangan tidak terburu-buru. Kalau ingin lebih simpel tentunya bisa langsung serahkan ke bengkel saja.

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar