Perbedaan Rantai 415 dan 428

Perbedaan Rantai 415 dan 428. Jangan Salah Pilih!

RPMSUPER.COM – Rantai adalah salah satu perangkat yang sangatlah penting dalam kendaraan bermotor. Berfungsi sebagai penghantar tenaga yang dihasilkan mesin menuju roda belakang. Pada rantai ada banyak sekali kode dan kadang membuat kita binung. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Perbedaan Rantai 415 dan 428.

Kode pada rantai ada sangat banyak. Yang membuat lebih pusing adalah menggunakan kode kombinasi antara huruf dan angka. Untuk angka biasanya untuk menunjukan suatu ukurang pada rantai. Sedangkan huruf untuk untuk menunjukan jenis atau model dari gear set.

Perbedaan Rantai 415 dan 428

Pada rantai biasanya sobat melihat angka seperti 415, 425 dan 520. Sobat jangan sampai salah untuk membeli ukuran rantai. Sebab, setiap produk memiliki ukurannya masing-masing. Jika sobat salah pilih akibatnya cukup banyak. Mulai dari rantai lebih cepat kendur ataupun menjadi lebih berisik.

Sebenarnya Perbedaan Rantai 415 dan 428 adalah pada ketebalannya. Semakin tinggi angka pada rantai maka menunjukan ketebalan rantainya. Rantai ukuran 415 biasanya digunakan pada motor bebek atau motor dengan kubikasi mesin kecil. Sedangkan ukuran 420 biasa dipakai pada motor sport maksimal 200 cc. Pemakaian rantai 520 biasanya pada motor di atas 200 cc.

Jika kita menghitung secara teknisnya memang agak ribet. Satu angka paling depan ada cara hitungannya sendiri. Kalau di depan angka 4, berarti 4/8 inci. Kalau dihitung, 1 inci sama dengan 25,4 mm. Berarti 4/8 x 25,4 mm yang hasilnya 12,5 mm. Jadi, rantai yang di depannya 4 jarak antar pinnya 12,5 mm.

Lantas, angka kedua dan ketiga punya arti jarak antar pelat dalam. Pelat dalam disebut juga inner plate yang posisinya tepat di bawah pelat atas. Kedua pelat ini, bisa kelihatan langsung pakai mata. Angka 28 berarti jarak lebar pelat 7,94 mm. Angka itu didapat dari tabel standar rantai. Namun sobat tidak usah bingung karena setiap rantai pasti sudah tercantum ukurannya.

BACA JUGA : Alternatif Pelumas Rantai Motor

Kelebihan Rantai 415 di Motor 428

Ukuran ini adalah ukuran rantai yang paling kecil atau tipis. Jika motor sobat menggunakan ukuran 428, tetapi malah beli ukuran di bawahnya. Sebenarnya ada kelebihannya, yaitu tampilan menjadi lebih clean. Karena ukuran rantainya terlihat lebih ramping. Selain itu, harganya juga lebih murah daripada ukuran 428.

Namun, jika sobat gunakan untuk harian apalagi jika medan jalan naik turun. Rantai akan lebih cepat kendur karena dipaksa diluar kemampuannya. Jadi secara umur akan jauh lebih pendek dan sobat harus menggantinya lebih cepat dari biasanya. Jika sobat yang kurang bisa merawat motor, saat rantai mulur tetapi tidak segera disetel. Bisa saja rantai lepas dari gear yang mana sangat berbahaya.

Kelebihan Rantai 428 di Motor 415

Sekarang kita balik skenarionya. Bagaimana jika sobat menggunakan rantai atau gear set 428 pada motor yang standarnya berukuran 415. Sebenarnya tinggal di balik saja dari sebelumnya. Dari sisi endurance atau durabilitas rantai akan jadi lebih baik. Sehingga rantai awet dan tidak murah kendur selama pemakaian.

Namun, dari sisi harga memang lebih mahal daripada rantai 415. Kekurangan lainnya yang sebenarnya minor adalah suara rantai. Dengan rantai yang lebih tebal, otomatis bidang rantai yang bergesekan dengan rantai akan lebih besar. Sehingga akan menyebabkan suara gesekan yang lebih daripada rantai 415. Namun jangan khawatir, suara yang timbul tidak sekeras dari rantai yang lebih tebal lagi seperti pada rantai 520.

Apa Gear 415 dan 428 Sama?

Apakah gear 415 dan 428 sama? Perbedaan Rantai 415 dan 428 juga ada pada gearnya juga. Jadi sobat harus membelinya satu set sesuai ukuran. Karena ketebalan rantainya berbeda, sehingga ketebalan gearnya juga menyesuaikan. Tujuannya agar permukaan gear dapat menampung rantai secara maksimal. Selain ketebalannya, jarak tiap matanya juga berbeda pada tiap ukuran rantai.

Jika sobat memakai motor unutk harian saya rasa tidak perlu mengganti ukuran rantai. Karena pabrikan sudah menyesuaikan ukuran yang pas untuk setiap motor. Jadi sobat harus mengenali ukuran rantai sobat agar tidak salah beli. Apabila sobat tidak mengerti ukuran rantai motor sobat bisa lakukan googling. Namun jika tidak sempat bisa langsung melihat pada mata rantai. Biasanya sudah tercetak ukuran rantainya.

BELI RANTAI UKURAN 428 VIA SHOPEE (KLIK)

BELI RANTAI UKURAN 415 VIA SHOPEE (KLIK)

Silahkan Masukan Komentar

Scroll to Top