Perbedaan Shell AX5 dan AX7.

Perbedaan Shell AX5 dan AX7

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Shell adalah perusahaan raksasa dalam pengolahan minyak. Salah satu produk terlaris mereka adalah pada pelumas mesin atau oli. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas apa Perbedaan Shell AX5 dan AX7.

Shell sendiri membuat oli yang berbeda untuk motor dan mobil. Untuk oli mobil diberi nama Shell Helix series. Sedangkan untuk oli motor diberi nama Shell Advance. Nah, untuk review pakai oli mobil di motor keluaran Shell bisa dibaca melalui link di bawah ini.

BACA JUGA : Review Shell Helix HX7 di Motor

Untuk oli motor Shell juga memberikan beberapa pilihan. Tentunya pilihan yang diberikan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pilihan oli motor mereka ada Shell Advance Ax5, AX7 dan Ultra. Namun, kita hanya akan bahas Perbedaan Shell AX5 dan AX7 saja.

Perbedaan Shell AX5 dan AX7

Jenis Oli

Perbedaan Shell Advance AX7 dan AX5 yang utama adalah jenis oli. Shell AX5 sendiri berjenis oli mineral. Sedangkan Shell AX7 berjenis oli semi sintetis. Walaupun AX5 juga diberikan zat adiktif, tapi dari sisi komposisi tidak sebanyak zat adiktif yang ada di AX7.

Perbedaan jenis oli ini juga memberikan perbedaan performa. Baik dalam kemampuan pelumasan mesin. Kemudian pembersihan mesin dan beberapa hal lainnya. Untuk motor modern, jenis oli yang digunakan minimalnya adalah semi sintetis.

BACA JUGA : Review Oli Shell Advance AX7

Tingkat Kekentalan

Perbedaan Shell AX5 dan AX7 selanjutnya adalah tingkat kekentalan yang ditawarkan. Pada Shell AX7 memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah, yaitu 10-40 W. Sedangkan pada Shell AX5 memiliki tingkat kekentalan 15-40 W.

Walaupun titik didih atas yang sama, yaitu 40W. Perbedaan titik beku ini akan mempengaruhi performa juga. Misalnya pada Shell AX5 membutuhkan tekanan yang lebih dari pompa oli karena lebih kental. Titik beku yang lebih rendah, juga membuat motor lebih mudah dihidupkan pada oli Shell AX7.

JASO dan API

Perbedaan Shell AX7 dan AX5 yang terakhir adalah pada JASO dan API-nya. Kedua hal ini sebenarnya juga sama-sama disebabkan oleh jumlah zat adiktif yang diberikan. JASO sendiri adalah Shell AX5 lebih rendah, yaitu MA. Sedangkan Shell AX7 sudah bersertifikat MA2. Bedanya JASO MA dan MA2 adalah pada tingkat kemudahan oli dalam penetrasi. JASO MA2 bisa melumasi mesin lebih baik tanpa harus menimbulkan selip pada kopling. Referensi dari grid.oto.

BACA JUGA : Tips Memilih Oli Yang Tepat Untuk Motor

Sekarang kita bahas API kedua oli ini. API sendiri adalah pemberi tingkat atau kualitas sebuah oli. Kodenya sendiri diawali dengan huruf “S”. Semakin tinggi huruf dibelakangnya, semakin bagus tingkat oleh tersebut. Pada Shell AX5 hanya memiliki standar SL. Sedangkan pada oli Shell AX7 sudah mengantongi standar SM.

Harga

Bedanya Shell AX5 dan AX7 adalah pada banderolnya. Yup, harga Shell Advance AX7 lebih mahal dibandingkan AX5. Sebab, secara spesifikasi yang diberikan juga lebih baik. Jadi wajar apabila AX7 memiliki harga yang lebih mahal.

Shell AX5 Vs A7 Bagus Mana ?

Sekarang kita ambil kesimpulan dari perbandingan kedua oli ini. Mana yang lebih bagus ? Hal tersebut bergantung pada kebutuhan motor sobat. Dengan kata lain oli yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi motor sobat.

BACA JUGA : Perbedaan Shell HX7 dan AX7

Jika sobat memiliki motor tahun keluaran cukup lawas (Misal di bawah 2010). Dianjurkan menggunakan Shell AX5 karena tingkat kekentala tersebut juga direkomendasikan oleh pabrikan. Sedangkan buat sobat yang kuda besinya keluaran 2010 ke atas bisa menggunakan Shell AX7. Sebab, celah komponen dalam mesin lebih rapat dna membutuhkan oli yang lebih encer agar mudah dalam berpenetrasi.

So itulah 3 Perbedaan Shell AX5 dan AX7. Juga motor seperti apa yang tepat untuk menggunakan salah satu dari oli tersebut. Semoga bisa bermanfaat. Untuk reviewnya sendiri bisa dibaca di link yang sudah saya berikan di atas. Untuk Shell Advance AX5 saya sendiri belum mencobanya. Sobat juga bisa baca artikel lain tentang Shell di blog ini. Tinggal masukan kata Shell dipencarian. – RPMSUPER.COM