RPMSUPER.COM РKARBURATOR hingga sekarang masih banyak penggunaannya. Kemudahannya untuk diotak-atik membuatnya digemari. Kali ini akan saya bahas pengalaman saya Pasang Nozzle PWK di Karbu PE 28 beserta main jetnya.

Apa Fungsi Nozzle Karburator?

Nozzle atau Needle Jet berguna untuk menyemprotkan bahan bakar yang terhisap. Banyak sedikitnya tergantung dari tingkat naik turunnya skep/ vacum. Nozzle karburator memiliki lubang yang berguna untuk memecah bahan bakar. Sehingga bisa tercampur dengan udara yang masuk.

Perbedaan Nozzle Karbu PWK dan PE?

Perbedaan Nozzle Karbu PWK dan PE

Apa Perbedaan Nozzle Karbu PWK dan PE? Yang pertama ada dari sisi bentuknya. Sobat bisa simak melalu gambar di atas. Nozzle karbu PWK memiliki bentu cembung pada bagian bawah. Sedangkan untuk nozzle karbu PE bisa dikatakan lebih kurus.

Perbedaan Nozzle Karbu PWK dan PE lainnya adalah dari jumlah lubang nozzlenya. Jumlah lubang dari Nozzle tergantung dari jenis karburatornya.

Karburator PE yang biasanya digunakan harian memiliki jumlah yang lebih sedikit. Jumlah lubang Nozzle karbu Pe biasanya 8 hingga 10 lubang saja.

Sedangkan jumlah lubang nozzle karbu PWK jauh lebih banyak. Mulai dari 18 hungga 30 lubang. Karena karbu PWK sendiri digunakan untuk mengejar performa.

Dan Perbedaan Nozzle Karbu PWK dan PE bisa mempengaruhi dari performa motor.

BACA JUGA :

Kelebihan Nozzle PWK di Karbu PE

Dengan jumlah lubang yang lebih banyak dan kecil. Maka pecahan bahan bakarnya bisa lebih kecil. Sehingga proses pengkabutannya menjadi lebih baik. Selain itu, juga lebih baik saat tercampur dengan udara.

Mengutip dari gridoto.com, Menggunakan Nozzle PWK di karbu PE membuat kucuran bensin dan aliran udara yang diisap lebih kencang. Semakin kecil lubang dan banyak, tekanan bensin makin cepat dan partikelnya juga kecil.

Masih dari otomotifet.gridoto.com, apa kekurangan lubang nozzle yang sedikit?. Kekurangannya adalah kurang deras dan kurang cepat mengantisipasi pasokan bensin ketika piston skep turun. Makanya timbul kekosongan atau miss pasca penurunan rpm.

Saya sendiri coba pasang Pasang Nozzle PWK di Karbu PE 28 denga dua skenario. Yang pertama memasang nozzle PWK di PE28 saja. Yang kedua sekalian pasang main jet PWK di PE28. Lagsung kita bahas yuk

BACA JUGA :

Pasang Nozzle PWK di Karbu PE 28

Nozzle PWK 18 lubang di PE28

Sebenarnya dari bentuk antara karbu PE dan PWK sudah jauh berbeda. Karena awalnya saya tidak tahu. Jadi saya hanya membeli nozzlenya saja. Ternyata bisa dipasangkan main jet pe dengan needle jet dari PWK.

Hanya saja main jet karbu PE berada didalam nozzle PWK. Pada seharusnya, main jet berada diluar dari nozzle karbu. Hasilnya saat dipasang motor sangat susah untuk dinyalakan.

Kemudian setelah berhasil dinyalakan, rpmnya naik turun tidak karuan. Dipaksakan diputaran tinggi juga sangat tidak stabil rpmnya. Akhirnya saya beransumsi bahhw Nozzle PWK tidak bisa dipasang di karbu Pe28. Ternyata hal ini salah, karena caranya yang salah.

Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28

Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28

Setelah beberapa lama, saya iseng coba-coba lagi membeli main jet PWK. Sehingga sekarang sudah satu set Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28. Nah, seperti yang diperkiran. Main jet PWK ini berada diluar tidak seperti sebelumnya. Setelah saya coba rakit kembali dan motor menyala normal.

Kemudian setelah saya coba beberapa bulan. Menggunakan Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28 membuat performa motor lebih baik. Selain dari putaran atas yang lebih responsif. Juga tidak terlalu boros yang membuat busi menjadi hitam. Padahal ukuran main jet pwk dan pe adalah sama. Sama-sama menggunakan ukuran 115.

Biasanya menggunakan main jet dan nozzle PE. Busi akan menghitam seperti kalau terlalu boros. Namun, dengan komposisi Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28 busi malah terlihat lebih bersih. Selain itu, dari sisi performa juga terasa lebih mengisi.

Jadi jika sobat merasa karbu Pe sobat kurang nampol putaran atasnya. Saya bisa rekomendasikan menggunakan Main Jet dan Nozzle PWK di PE 28. Untuk jumlah yang saya rekomendasikan cukup 18 atau 24 saja sudah cukup. Sedangkan untuk ukuran main jet PWK. Sobat bisa menggunakan ukuran yang sama dengan main jet karbu PE.

Ingin Pasang Nozzle PWK di Karbu PE sobat? Jika sobat tertarik untuk membeli main jet PWk dan Nozzle PWK. Saya sudah berikan link pembelian saya di Shopee. Sudah terjual ribuan unit dan sellernya juga teliti. Jadi ukuran yang sobat minta akan sesuai. Bisa langsung klik link di bawah ini ya.

BELI MAIN JET DAN NOZZLE PWK (KLIK)

Baca artikel terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar