Review Lampu LED RTD 6 Sisi

Review Lampu LED RTD 6 Sisi

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Lampu adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Jenis lampu sendiri ada cukup beragam bray. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman atau Review Lampu LED RTD 6 Sisi penggunaan jangka pendek.

Disclaimer: Saya kurang paham untuk cara pemasangannya karena saya serahkan kepada bengkel. Maka saya akan mendeskripsikan apa yang terpasang di motor saya.

Spesifikasi Lampu RTD 6 Sisi

Sebelum kita masuk ke pembahasan Review Lampu LED RTD 6 Sisi. Kita perlu tahu bagaimana spesifikasi Lampu LED RTD 6 Sisi ini. Lampu ini sudah bisa digunakan untuk low dan high beam.

Lampu ini memiliki output daya sebesar 35 watt. Daya ini untuk lampu LED sangatlah besar bray. Karena biasanya lampu LED menggunakan daya yang lebih rnedah untuk output yang sama pada lampu bohlam atau LED,

Kemungkinan hal ini disebabkan karena RTD adalah produk aftermarket. Yang berarti tidak menggunakan relfektor yang khusus dibuat untuk lampu ini. Daya sebesar ini sama dengan lampu halogen di Honda New Megapro saya. Bedanya high-beam lampu standar New Megapro adalah 36,5 watt.

Tingkat kecerahan ini mencapai 3.000 lumens. Dengan detail 1.70 lumes atau 3 sisi lampu menyala untuk low-beam. Sedangkan 6 titik led menyala atau 3.000 lumens untuk lampu hi-beam. Dari yang saya baca detail daya yang dikeluarkan adalah 25 watt untuk low-beam dan 35 watt untuk high-beam.

Lampu LED RTD 6 Sisi ini juga sudah dilengkapi dengan kipas. Kipas ini akan menyala setelah beberapa saat lampu mulai beroperasi. Saya kurang tahu apakah kipas ini memang diperlukan atau sebagai “gimmick” untuk marketing barang ini. Seperti yang kita tahu lampu LED tidak sepanas lampu bohlam atau halogen.

BACA JUGA : Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Kelengkapan dan Harga Lampu RTD 6 Sisi

Dalam paket penjualannya sudah cukup komplit dan kompitabel untuk semua jenis motor. Ada satu unit lampu LED yang terdapat modul untuk lampu ini. Kemudian ada housing untuk jenis lampu H6 dan H4. Untuk harga ada sangat beragam bray. Saya mendapatkan harga Rp 130.000 di toko onderdil sekitar daerah saya.

Kabarnya lampu RTD 6 sisi ini sudah banyak beredar versi palsunya. Jadi jika sobat ingin membeli lampu ini ada baiknya membelinya di official store mereka. Untuk harga lampu RTD 6 Sisi ini di online marketplace ada dikisaran 80 – 100 ribuan.

Review Lampu LED RTD 6 Sisi

Lampu LED RTD 6 Sisi
Kondisi high-beam / semua lampu menyala
review lampu RTD 6 Sisi
kondisi lampu low beam / 3 sisi menyala

Langsung saja kita masuk dalam pembahasan utamanya. Berdasarkan mekanik yang memasang lampu ini. Pemasangan dibuat sedemikian rupa agar cahaya-nya fokus dan tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan.

Maka lampu dekat dipasang dengan sorot cahaya yang lebih jauh dibandingkan dengan lampu high-beam. Titik lampu menjadi lebih fokus dan pecahan cahaya yang kurang bagus hanya ada di sekitara di bawah headlamp saja.

Sedangkan untuk setingan lampu high-beam dan lampu tembat memiliki titik cahaya yang lebih dekat. Karena saat lampu high beam semua sisi lampu menyala. Nyala jadi sangat terang dan dengan kata lain set-up pemasangan ini tidak memiliki lampu jauh.

Karena jika dipasang dengan semestinya saat lampu low-beam sebaran cahaya dan fokusnya cukup bagus. Namun, saat dihidupkan dalam mode high-beam cahayanya akan terlalu menyebar dan tidak fokus. Selain itu akan menyilaukan pengendara lain.

Untuk penggunaan dalam siang hari bisa dikatakan hampir tidak ada titik cahaya di jalan. Namun, hal ini sangat wajar karena pada lampu halogen bawaan juga terjadi hal yang sama.

BACA JUGA : 4 Penyebab Lampu LED Cepat Mati

Kemudian untuk penggunaan malam hari di daerah perkotaan cahayanya terlihat jelas. Sebab, kontras dengan lampu jalanan yang biasanya berwarna kuning. Sedangkan pada lampu bawaan seperti menyatu dengan cahaya dari lampu jalan. Dalam kondisi seperti ini bisa saya katanya hasil cahaya Lampu RTD 6 Sisi ini satu tingkat di atas lampu standar.

Masih dalam penggunaan malam hari pada kondisi minim penerangan. Barulah baru terasa perbedaan kemampuan penerangannya. Pada kondisi seperti ini saya merasa lampu ini 2 tingkat lebih baik dibandingnak dengan lampu halogen bawaan motor.

Review Lampu LED RTD 6 Sisi selanjutnya adalah pada kondisi hujan. Dalam kondisi hujan saya baru melalui sekali dengan lampu ini pada kondisi sore hari. Hasilnya cahayanya hampir tidak terlihat.

Saya rasa hal itu adalah kelemahan dari jenis lampu LED. Apalagi dengan output warna putih. Cahaya yang dihasilkan memantul pada air hujan. Jadi cahayanya tidak bisa menembus derasnya hujan. Dalam kondisi seperti ini lampu ini satu tingkat di bawah lampu bawaan.

So itulah Review Lampu LED RTD 6 Sisi. Kesimpulannya lampu ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti lampu LED pada umumnya. Selain itu, harga yang dibanderol cukup murah dengan paket penjualan yang murah. Fitur tambahan seperti kipas juga membuat suhu lampu menjadi lebih stabil. Kekurangannya menurut saya adalah daya yang cukup besar untuk lampu LED. – RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar