RPMSUPER.COM – TPS Honda K56 series, yaitu CBR150, CB150R, Sonic dan Suptra GTR. Memiliki kesamaan dengan Honda PCX150. Kali ini akan kita bahas  TPS XTR Racing untuk CBR150, CB150R dan PCX.

Fungsi TPS di Motor

TPS sendiri singkatan dari Throtthle Position Sensor. Bertugas untuk membaca bukaan tuas gas. Data tersebut kemudian ada dikirimk ke ECU. Untuk mengatur dan menyeimbangkan bbm pada mesin kendaraan.

Posisinya TPS menjadi satu dengan body throttle. Yang terhubung langsung dengan katup gas. Penempatan komponen sensor ini dikarenakan fungsinya. Karena untuk memastikan bahwa katup gas memiliki sudut bukaan sesuai.

Ciri TPS CBR150 Error

Seiring penggunaan, TPS pada motor bisa error. Secara spesifik TPS CBR150 atau CB150R bisa error.

Menurut girdoto.com, sensor TPS yang error bisa menyebabkan motor brebet. Untuk di Honda Beat disertai dengan kedipan malfunction indicator lamp (MIL) sebanyak 8 kali.

Saat TPS motor error, harus dicek dulu. Jika penyebab pembacaan erorr karena kotor. Sobat cukup bersihkan perangkat TPS-nya saja.

Namun, jika TPS sudah error mau tidak mau harus diganti. Nah, harga TPS Honda K56 series sendiri cukup mahal. Biasanya juga bisa dikanibal dengan Honda PCX 150.

Nah, untuk budget yang terbatas bisa memilih TPS  aftermarket. Bahkan sobat bisa mendapatkan TPS Racing dengan harga lebih murah.

TPS XTR Racing untuk CBR150

XTR Racing sendiri adalah produk aftermarket. XTR sendiri singkatan dari Xtreremly Racing.

BACA JUGA :

TPS XTR Untuk Motor Honda

TPS dari XTR ini bisa digunakan untuk Honda K56 series dan K97. Berikut daftar yang bisa menggunakan TPS Racing satu ini.

  • Honda SONIC 150R
  • Honda NEW CB150R STREET
  • Honda CBR150R Facelift
  • Honda SUPRA GTR 150R
  • Honda ADV 150
  • Honda PCX

Kelebihan TPS XTR Racing

Kelebihan TPS XTR Racing

Lalu apa kelebihan TPS XTR Racing untuk CBR150 dan K56 series? TPS asli bawaan motor kadang ada hambatannya. Misalnya bukaan gas 10% pada TPS asli biasanya ada proses loadingnya. Jadi menghambat respon. Sedangkan TPS XTR Racing ini bebas dari gejala seperti itu jadi bisa lebih responsif.

Nah, untuk ini cocok kepentingan mesin bore up.Namun juga cocok untuk motor standar yang ingin tarikan mesin jadi lebih responsif. Saat ini terdapat Throttle Position Sensor (TPS) XTREME yang bisa jadi pilihan buat mereka yang ingin upgrade performa.

Cara Pasang TPS XTR Racing untuk CBR150

Meskipun secara bentuk antara TPS CB150R dan PCX bentuknya beda. Namun dari sisi sensor dan bautnya sama persis. Sehingga bisa digunakan secara langsung atau plug and play saja.

Review TPS XTR Racing motor Honda

Review TPS XTR Racing

Review TPS XTR Racing CBR150

Nah, saya akan rangkum beberapa Review TPS XTR Racing motor Honda ini. Saya kumpulkan reviewnya dari salah satu toko di Shopee. Kebanyakan puas dengan produknya. Masalah brebet yang dirasakan bisa hilang. Kemudian tarikannya motor bisa menjadi lebih responsif.

Harga TPS XTR Racing untuk CBR150

Harga TPS XTR Racing untuk CBR150

Lalu berapa Harga TPS XTR Racing untuk CBR150? Untuk produk satu ini ada dikisaran Rp 280.000 saja. Lebih murah dibandingkan dari TPS original motor. Namun, dari sisi kualitas juga cukup oke.

Untuk sobat yang tertarik. Sudah saya siapkan link pembeliannya via Shopee. Sudah saya pilihkan salah satu yang sudah menjual produk ini. Sebenarnya produknya baik, hanya saja proses kirimnya agak lama.

Beli TPS XTR Honda di Shopee

Beli TPS XTR Honda di Tokopedia

Artikel Terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar