Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger

kopling racing1

RPMSUPER.COM – Kopling merupakan piranti yang bekerja sebagai pemutus dan penyambung tenaga mesin. Yang akan berakhir sebagai putaran roda. Menjadikan kopling menjadi peranan yang amat penting bagi sepeda motor (kecuali matic -red ). Terlebih,  untuk sepeda motor kopling manual. Nah, untuk itu kita membutuhkan kopling yang prima .

Kopling sendiri mempunyai dua bagian yang paling penting,  yaitu per kopling dan kampas kopling. Per kopling tugasnya menekan kampas kopling. Sedangkan kampas koplin,g bertugas sebagai pemutus dan pentransfer tenaga dari mesin ,keduanya memiliki usia pakai yang terbatas dan tidak bisa dipakai selamanya. Nah, untuk ciri-ciri kampas kopling yang sudah aus bisa dicek pada artikel lawas disini bro 😀 .

RPM sendiri telah menggati kampas dan per kopling pada tunggangan saya, yaitu dengan mengambil set motor Honda Tiger. Namun bermerk racing (racing mulu :mrgreen: ), bisa dilihat dari judul kita diatas.

Tapi, sayahanya bisa menyicilnya satu persatu sambil memilah mana yang bagus hingga yang super. Akhirnya pembelian pertama dijatuhkan kepada per kopling racing merk TDR untuk Honda Tiger dengan harga Rp 65.000 (harga diskon :mrgreen: ) yang bertuliskan new specs 😀 .

Nah, untuk kampas kopling RPM sedikit lebih teliti lagi dalam mencarinya dan searching. Setelah riset panjang via mbah google dan teman-teman dari facebook. Akhirnya bisa substitusi menggunakan kampas kopling Honda Tiger 2000.

Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger

Kemudian saya berburu kampas kopling Honda Tiger dari yang original pabrik hingga label racing . Setelah lama mencari akhirnya pilihan jatuh kepada kampas kopling merk Daytona yang berbandrol Rp 180.000 (beda jauh sama pernya 😮 ) .

Untuk beberapa waktu disimpan dulu di lemari dan pada penggantian di sesuaikan dengan jadwal ganti oli. Kemudian pada hari Jum’at tanggal 24 Oktober sudah waktunya mengganti oli dan diputuskan sekalian pasang si per dan kampas kopling racing ini. Untuk oli RPM sudah mendapatkan jodohnya yaitu BM1 :mrgreen: PC 1000 15-40W dengan bandrol Rp 55.000 tipe semi-sintetik .

kopling edition

Skip skip pasang ke bengkel langganan ternyata pemasangannya cukup cepat. Namun, menunggu orangnya yang lama :mrgreen: . Dibuka blok mesin kanan weitss masih kinclog euy :mrgreen: .

Sesudah dibongkar, saya mencoba membandingkan per kopling ori dan per TDR. Dilihat dari tinggi per tidak berbeda jauh. Mungkin hanya setengah sentimeter saja untuk tingkat kekerasan per RPM malah belum mencoba 😮 .

Lanjut kekampas kopling, kampas kopling Daytona dari fisiknya mempunyai warna hitam dengan beberapa warna kuning (itu apa ya bro ? ) dan kampas kopling ori berwarna coklat tua dengan plat kopling berwarna coklat kemerahan .

kopling racing1
Masing Kinclong :mrgreen:

Saat proses pemasangan si mekanik bilang, untuk per kopling langsung bisa. Sedangkan, kampas kopling kurang yakin. Benar saja, saat dibongkat kampas kopling Daytona dan ori ada perbedaan, yaitu untuk kampas kopling ori terdiri 5 lembar dengan ukuran besar semua. Sedangkan, kampas kopling Daytona 4 lembar besar dan 1 lembar kecil (karena kampas kopling ini untuk Honda Tiger ). Terpaksa harus menyelipkan kampas kopling ori dibarisan kampas kopling racing dan untuk kampas kopling yang kecil jadi menganggur karena tidak terpakai 😮 . Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger

daytona+tdr1

Untuk review , saat pertama keluar bengkel ketika kopling dilepas laju motor putus-putus bro ! kata sang mekanik sih kampas koplingnya belum basah dan untuk tuas kopling dirasa tidak ada perbedaan yang signifikan. Masih empuk seperti yang dulu 😮 , tetapi malah menjadi nilai plus nya 😀 .

Untuk akselerasi dirasa sama saja namun jauh lebih menghentak saat kopling dilepas 😀 . Untuk estimasi biaya yuk kita jumlah .

1. Per Kopling TDR Racing     Rp 65.000

2. Kampas Kopling Daytona  Rp 180.000

3. Oli mesin BM1 PC 1000     Rp 55.000

4.Biaya pasang di bengkel   Rp 24.000

Total nya adalah  Rp 324.000

ternyata cukup banyak juga 😮 ,namun tidak terasa karena membelinya terpisah dan rentang waktu yang agak lama :mrgreen:

Last… Harga tiap daerah bisa saja berbeda dan untuk oli mesin bebas sesuai pilihan brader semua. Untuk pemasangan bagi brader yang memiliki keahlian dibidang ini bisa pasang sendiri untuk menghemat dana 😀 .

Artikel ini bukan untuk promosi, artikel ini hanya sekedar untu sharing pengalaman saja .Mungkin ada brader yang sudah mencoba dengan tunggangan sobat ? monggo si share .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 -RPM – RPMSUPER.COM – Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger – 

Baca juga bray

34 Comments

Masukan komentar Anda