Fitur Baru Yamaha R15 V4

3 Fitur Baru Yamaha R15 V4. Terlalu Komplit Nih

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Belum lama ini, Yamaha India mengenalkan motor Yamaha R15 generasi terbaru. Seperti yang kita tahu, generasi  ke 3 saja sudah sangat ganteng, fiturnya oke dan performanya yang mantap. Dengan hadirnya generasi baru pasti membuat penasaran. Kira-kira apa hal-hal baru yang hendak Yamaha tawarkan. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Fitur Baru Yamaha R15 V4.

Sebenarnya ada banyak ubahan yang dilakukan. Pada sisi penampilan juga mendapatkan ubahan yang cukup banyak. Namun, kita hanya akan bahas pada fitur-fitur baru yang menarik perhatian saya. Apa saja itu?

BACA JUGA : Undertail Yamaha R15 V3. Murah dan Plug and Play

Fitur Baru Yamaha R15 V4.

ABS Dual Chanel

Fitur-fitur premium yang sebelumnya hanya berada pada motor-motor gede atau premium. Sekarang mulai menurun ke motor-motor yang levelnya di bawahnya. Salah satunya adalah fitur Anti-lock Braking System (ABS). Fitur ini memungkinkan agar roda tidak mengunci saat melakukan pengereman secara keras atau mendadak. Sehingga motor lebih mudah untuk dikendalikan.

Dengan adanya sensor kecepatan pada bagian cakram. Membuat sistem bisa memutuskan daya pengereman selama sepersekian detik agar roda tidak mengunci. Biasanya fitur ini hanya hadir untuk rem depan saja, namun pada R15 V4 India sudah mengadopsi ABS dengan dual chanel. Berarti pada rem bagian depan dan belakang sudah mengadopsi fitur ini.

BACA JUGA : Modifkasi Yamaha R15 V3 Bodi Carbon

Qucik Shifter

quick shifter r15v4

Fitur Baru Yamaha R15 V4. yang menarik perhatian saya adalah hadirnya quick shifter. Fitur ini juga biasanya hadir pada motor super sport 600 cc ke atas atau pada motor balap. Sekarang, Yamaha juga membenamkan pada motor Yamaha R15M dan R15 V4 varian warna biru.

Sejauh ini belum ada informasi jenis quick shifter yang digunakan. Apakah yang mengadopsi up and down. Atau hanya yang mengadopsi up quick shifter saja. Kemungkinan jenisnya yang hanya up saja karena ada harga yang harus Yamaha perhatikan.

Namun, dengan model tersebut juga sudah sangat cukup untuk mempercepat perpindahan gear saat menaikan gear. Sebab, kita tidak perlu menggunakan tuas kopling saat hendak memindah gear ke atas. Kita juga tidak perlu khawatir transmisi jebol dengan melakukan hal ini.

Traction Control

Selanjutnya untuk Fitur Baru Yamaha R15 V4 yang menarik menurut saya adalah traction control. Fitur ini juga dapat sangat berguna untuk menjaga keselamatan pengendara. Fitur ini adalah berguna untuk mencegah ban selip dalam kondisi basah. Misalnya saat berkendara dalam kondisi hujan.

Sensor yang digunakan juga bergantung pada sensor kecepatan yang ada pada roda belakang. Mungkin ini juga kendapa alasan motor ini menggunakan sistem pengereman ABS dual chanel. Sensor ini akan membaca jika ada roda yang berputar lebih cepat.

Jika ada potensi roda belakang berputar lebih cepat, Maka ECU akan memutusan tenaga motor selama sepersekian detik. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, fitur ini akan sangat berguna pada kondisi hujan. Karena jika kondisi normal kemungkinan terjadinya agak kecil karena tenaga yang dihasilkan tidak sebesar motor dengan kubikasi besar.

Silahkan Masukan Komentar