Tentang Kopling Hidraulic

elebihdan dan kekurangan kopling hidraulic

RPMSUPER.COM –Kopling merupakan alat untuk menyalurkan dan memutuskan transmisi dan tenaga dari mesin melalui gesekan yang ditimbulkan dari kampas kopling motor. Kopling yang sering kita temui berupa kopling biasa yang menggunakan kabel untuk menarik plat kopling yang ada dirumah kopling.

Nah, yang sering dikeluhkan dari kopling konvesional ini adalah tuasnya yang kadang menjadi berat jika sudah menggunakan per dan kampas kopling racing. Lalu, juga rawan putus kawat koplingnya entah itu termakan waktu dan penggunanaan yang ekstrim. Seiring perkembangan zaman kopling telah ada farian hidraulis. Ya memang sudah lama keluarnya, namun RPM baru bisa menyampaikannya hari ini :mrgreen: .

Tentang Kopling Hidraulic

Mungkin awal penggunanaan kopling hidraulic ini ditujukan untuk motor berkubikasi besar. Jika menggunakan kopling konvesional akan membuat jari pegal dan membuat tidak nyaman jika digunakan untuk bermacet-macet ria. Sekarang kopling hidraulic ini sudah banyak varian aftermarketnya tentunya dengan harga yang beragam.

Jika dilihat mulai dari Rp 500rb yang paling murah dan sisanya mencapai jutaan rupiah. Kopling hidraulik mempunyai cara kerja yang sama dengan rem hidraulic. Keduanya sama-sama membutuhkan master dan kaliper untuk dapat menggunakannya . Tak lupa pelumas khusus untuk menekan kaliper yang diselurkan dengan selang khusus .

kelebih dan kekurangan kopling hidraulic

Nah, dikopling hidraulic juga membutuhkan mereka agar dapat bekerja. Biasanya pengguna kopling hidraulic menggunakan master rem hidraulik serta tabungnya agar dapat memotong biaya agar lebih murah. Kemudian mempunyai kaliper yang berbentuk khusus agar tahan lama dan bekerja sempurna .

Namun, ternyata kopling hidraulic tidak bisa menggunakan minyak rem hidraulic. Tapi. harus menggunakan yang khusus untuk kopling hidraulic yang harganya tidak murah. Jika menggunakan minyak rem hidraulik bisa merusak seal dari kopling hidraulic ini (katanya lho menurut sumber yang saya terima begitu ). Bila ada kerusakan ditengah jalan tidak bisa langsung ditangani karena tidak semua bengkel bisa memperbaikinya dan juga sparepartnya yang belum telalu luas.

” Baca juga : kelebihan dan kekurangan kopling 6 kaki !

Namun, yang pasti menggunakan kopling hidraulic kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menekan kopling hidraulis dan feelnya sama menggunakan rem hidraulic. Asyiknya lagi menggunakan kopling hidraulic ini masih bisa digunakan untuk setengah kopling. Jadi jika kita bermacet-macet ria jari tangan kiri kita tidak telalu capek untuk menarik tuas kopling 😀 .

Tentang Kopling Hidraulic

Kelebihan lain menggunakan kopling hidraulic dapat mendongkrak tampilan motor. Coba saja bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling konvensional mana tampilan yang lebih keren 😀 . Kopling hidraulic sekarang banyak digunakan untuk keperluan balap entah itu on-road atau off-road. Coba saja tengok contoh motor yang sudah menggunakan kopling hidraulic ini ,

kopling hidro apli

 

Kelebihan menggunakan kopling hidraulic

  1. Tampilan motor makin keren 😀 .
  2. Tuas kopling menjadi ringan .
  3. Nyaman untuk bermacet-macet ria .
  4. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik tuas kopling .

Kekurangan menggunakan kopling hidraulic

  1. Sparepart susah dicari .
  2. Sparparnya masih mahal .
  3. Mahal harga barangnya .
  4. Jika dipakai untuk harian dirasa percuma .


Last..artikel ini hanyalah opini dari RPM jadi mohon masukannya dan tambahannya agar wawasan kita semakin bertambah tentang kopling hidraulic ini .Sekian untuk diri jika ada kesalahan ketik maupun kata mohon revisinya ,semoga berguna dan bermnafaat bagi sobat RPM semua 😀 RPM – RPMSUPER.COM – Tentang Kopling Hidraulic –

” Baca Juga : Pasang Per dan Kampas Kopling Honda Tiger

 

Sosial Media : - Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM - Twitter : klik di sini - Instagram : klik di sini - Email : klik di sini - Google + : klik di sini - Youtube channel : Klik Di siniAnother blog :OtoBlade.com ( Blog tentang Mobik ) 

Baca juga bray

22 Komentar

  1. saya sudah pake kopling hydrolik, tapi sekarang mangkrak. gara garanya seal master bocor, dan diameter seak piston ternyata 11.5mm. padahal standar seal master motor 12.5mm
    master variasi kebanyakan pake seal piston 11.5mm 13.5mm dan 14.5mm

Masukan komentar Anda