Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik

3 Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik

RPMSUPER.COM –Kopling hidrolis sebenarnya sudah cukup lama eksis. Namun, untuk sobat yang mencari referensi tentang Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik bisa baca artikel ini. Kali ini akan kita bahas apa saja Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik

Kopling sendiri gunanya adalah untuk memutus dan menyambungkan tenaga dari mesin. Penggunaan kopling hidrolis biasanya pada motor berkubikasi besar.

Kenapa Pakai Kopling Hidrolik?

Semakin keras per kopling maka akan semakin memberikan daya gesek yang baik pada kampas kopling. Namun, hal tersebut akan membuat tuas kopling semakin keras saat kita gunakan. Nah, yang sering menjadi keluhan dari kopling konvesional ini adalah tuasnya yang kadang menjadi berat.

Apalagi jika sobat sudah menggunakan per dan kampas kopling racing. Lalu, juga rawan putus kawat koplingnya entah itu termakan waktu dan penggunanaan yang ekstrim.

Lalu apa saja sih, Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik ?. Apakah cocok kopling hidrolis untuk harian ? Atau rekomendasi kopling hidrolik terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik

harga stut kopiling hidrolik

Mungkin tujuan awal penggunanaan kopling hidrolik ini untuk motor berkubikasi besar. Jika menggunakan kopling konvesional akan membuat jari pegal dan membuat tidak nyaman jika berkendara saat bermacet-macet ria. Sekarang kopling hidraulic ini sudah banyak varian aftermarketnya tentunya dengan harga yang beragam.

Harga kopling hidrolik mulai dari Rp 500rb yang paling murah dan sisanya mencapai jutaan rupiah. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak produsen yang menyediakan kopling hidrolik murah. Nah, untuk rekomendasi koling hidrolis terbaik tergantung pada budget sobat. Pribahasa ada harga ada rupa masih berlaku untuk barang ini.

Kopling hidraulik mempunyai cara kerja yang sama dengan rem hidrolik. Keduanya sama-sama membutuhkan master dan kaliper untuk dapat menggunakannya. Tak lupa pelumas khusus untuk menekan kaliper yang menyalurkan nya juga dengan selang khusus.

Nah, kopling hidrolik juga membutuhkan mereka agar dapat bekerja. Biasanya pengguna kopling hidraulic menggunakan master rem hidraulik serta tabungnya agar dapat memotong biaya agar lebih murah. Kemudian mempunyai kaliper yang berbentuk khusus agar tahan lama dan bekerja sempurna .

Namun, ternyata kopling hidrolik tidak bisa menggunakan minyak rem hidrolik. Tapi. harus menggunakan yang khusus untuk kopling hidrolik yang harganya tidak murah. Jika menggunakan minyak rem hidraulik bisa merusak seal dari kopling hidrolik ini.

Rusak Ganti Baru!

kopling hidrolik untuk harian

Bila ada kerusakan di tengah jalan tidak bisa langsung langsung mendapatkan perbaikan. Sebab, tidak semua bengkel bisa memperbaikinya dan juga sparepartnya yang belum telalu luas. Kalaupun bisa kemungkinan mereka tidak menyediakan spare partnya. Memang apabila terjadi kerusakan akan agak mengganggu bila menggunakan kopling hidrolis untuk harian.

Maka dari itu saya rekomendasikan menggunakan produk dari brand yang sudah besar. Sebab, dari sisi kualitas tidak akan membuat kecewa. Sekarang merek-merek seperti KTC, bahkan RCB sudah mengeluarkan produk ini. Untuk produk-produk yang polos biasanya rawan sekali bocor. Jika sudah bocor dan tidak ada spare partnya maka mau tidak mau harus sobat ganti baru.

” Baca juga :

Namun, saat menggunakan kopling hidrolis kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menekan kopling hidraulis dan feelnya sama menggunakan rem hidrolis. Asyiknya lagi menggunakan kopling hidrolis untuk harian ini masih bisa untuk pemakaian setengah kopling. Jadi jika kita bermacet-macet ria jari tangan kiri kita tidak telalu capek untuk menarik tuas kopling :D .

Setelah beberapa kali membaca referensi yang baru, ada beberapa motor yang agak “mubazir” bila menggunakan kopling hidrolis untuk harian. Khsusunya untuk motor yang memiliki posisi koplingnya ada pada bagian tengah mesin. Sebab, dengan model seperti ini akan membuat kinerja hidrolis tidak bisa maksimal karena suhu yang tinggi. Efeknya akan membuat tuas kopling harus sobat tekan sangat dalam agar dapat berkeja.

Kelebihan lain menggunakan kopling hidrolis dapat mendongkrak tampilan motor. Coba saja bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling konvensional mana tampilan yang lebih keren :D . Kopling hidrolik sekarang banyak digunakan untuk keperluan balap entah itu on-road atau off-road. Coba saja tengok contoh motor yang sudah menggunakan kopling hidraulic ini ,

kopling hidrolik

Kelebihan menggunakan kopling hidrolik

  1. Tampilan motor makin keren :D .
  2. Tuas kopling menjadi ringan .
  3. Nyaman untuk bermacet-macet ria .
  4. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik tuas kopling .

Kekurangan menggunakan kopling hidrolis

  1. Sparepart susah cukup susah.
  2. Harga barang relatif mahal
  3. Jika dipakai untuk harian tidak terlalu perlu atau hanya opsional

BELI : Kopling Hidrolik Via Shopee (KLIK)


Last..artikel Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik hanyalah opini dari RPM beserta beberapa informasi pendukung lainnya. Jadi mohon masukannya dan tambahannya agar wawasan kita semakin bertambah tentang kopling hidrolik ini

Sekian untuk diri jika ada kesalahan ketik maupun kata mohon revisinya ,semoga berguna dan bermnafaat bagi sobat RPM semua :D RPM – RPMSUPER.COM – Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik –

Ikut Saya Juga di :


fb rpmsuper youtube rpmsuper ig rpmsuper logo tiktok 80

22 komentar untuk “3 Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik”

  1. saya sudah pake kopling hydrolik, tapi sekarang mangkrak. gara garanya seal master bocor, dan diameter seak piston ternyata 11.5mm. padahal standar seal master motor 12.5mm
    master variasi kebanyakan pake seal piston 11.5mm 13.5mm dan 14.5mm

Silahkan Masukan Komentar

Scroll to Top