Jangka Waktu Penggantian Air Radiator

Kapan Ganti Air Radiator Motor dan Mobil ?

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Air radiator berguna untuk menstabilkan suhu mesin. Masih banyak orang yang sangsi Kapan Ganti Air Radiator motor ataupun Kapan Ganti Air Radiator mobil yang tepat.

Liquid cooler juga dikenal dengan pendingin radiator memang sudah banyak diaplikasikan kepada hampir semua motor mulai dari  motor matic hingga motor gede yang ribuan cc. Pendingin mesin tipe ini memang dipercaya paling ampuh dalam menstabilkan suhu dan menurunkan suhu mesin setelah digunakan berkendara .

Sebenarnya semua orang bisa saja memiliki jangka waktu penggantian yang berbeda. Orang yang sering berkendara di kemacetan dengan orang yang sering di tol dan sejenisnya akan berbeda.

BACA JUGA : Pakai Air Radiator Mobil di Motor

Selain itu, jenis atau brand air radiator yang digunakan juga akan mempengaruhi. Kebanyakan, orang akan menggunakan air radiator keluaran dari brand yang bersangkutan.

Kapan Ganti Air Radiator Motor ?

Kapan Ganti Air Radiator Motor

Beberapa pabrikan memberikan rekomendasi untuk waktu untu mengganti air radiator. Untuk motor tergantung jenisnya dahulu karena antara motor matik, sport dan bebek memiliki perbedaan.

Kapan Ganti Air Radiator Motor berdasarkan jenis :

  • Motor Matik = 8.000 – 10.000 km
  • Motor Bebek = 10.000 – 15.000 km
  • Motor Sport = 10.000 – 20.000 km

Kenapa motor matic lebih cepat penggantian perodiknya ? Karena motor matic mempunyai letak liquid cooler yang tertutup (biasanya disamping bodi ).

Berbeda dengan motor jenis sport yang radiatornya terekspos yang bisa mendapat hembusan air secara bebas. Untuk harga cairan pendingin cukup murah, dimulai dari belasan ribu rupiah .

Selain itu perlu dicek juga ketinggian dari cairan pendingi jangan melebihi garis maksimal (upper ) dan juga jangan sampai melewati batas minimal (lower). Jika melebihnya bisa berakibat motor akan cepat overheat.

Tak hanya itu ,sirip-sirip diradiator harus diperhatikan jangan sampai ada yang menekuk ataupun terselip oleh krikil. Jika ditemukan hal tersebut langsugn diluruskan dengan menggunakan obeng min .kapan ganti air radiator

Kapan Ganti Air Radiator Mobil ?

Kapan Ganti Air Radiator mobil

Sedikit berbeda dengan motor, letak radiator mobil hampir sama. Terletak pada bagian depab belakang grill dan bumper. Letak ini memang paling ideal untuk mendapatkan hembusan udara.

Pabrikan juga memberikan jangka waktu ganti radiator yang berbeda-beda. Namun, jika kita ambil garis tengahnya yang paling aman untuk Kapan Ganti Air Radiator mobil adalah sekitara 50.000 – 100.000 km.

Kapan Ganti Air Radiator motor dan Kapan Ganti Air Radiator mobil dalam jangka waktu bukan berdasarkan jarak tempuh ? Hampir semua pabrikan mobil dan motor menyarankan untuk mengganinya setiap satu tahun sekali.

Baca juga :

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

19 thoughts on “Kapan Ganti Air Radiator Motor dan Mobil ?

  1. kalo air radiator di reservoir kurang malah bahaya, kalo lebih gak papa toh nanti juga bakal terbuang lewat saluran pembuangan di reservoir. gak bakal overheat

      1. kan air dalam radiator itu otomatis menyesuaikan suhu mas, kalo panas itu air dalam radiator akan berkurang dan lari ke reservoir. lewatnya di tutup radiator yg ada pegasnya.
        kalo dingin radiatornya akan nyedot air dari reservoir dengan sendirinya karena kevakuman dalam radiator. nah jika air dalam reservoir kurang maka yg disedot cuma angin,
        sedangkan kalo isinya kelebihan ya gak papa paling nanti juga terbuang ke luar reservoir. gak ada efek ke mesin namun hanya buang-buang air radiator saja.
        CMIIW,

        kalo hubungan antara air radiator yg banyak vs water jaket itu apa mas?

  2. Nah. Sirip motor aye juga gitu mas. Mereng mereng. Hehheehe. Rajin kuras radiator ± per 5000km. Lebih awal dibanding jadwal seharusnya. Toh airnya juga murah. Yg penting perawatannya

  3. om klo sirip – siripnya udah bocor / rembes bisa di benerin ga ya
    soalnya setiap baru isi air collant full 2-3 hari tau – tau abis

    udah di cek di bengkel resmi fix rusak di sirip – sirip radiatornya dan harus ganti

    1. kalau belum parah, menurut yang saya baca bisa pakai lem epoxy atau lem besi. Kalau ngga coba ke tuka radiator dulu. Tapi, kalau emang udah ngga bisa ya terpaksa ganti

Silahkan Masukan Komentar