Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160

Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160. Lebih Bertenaga !

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Awal Februari 2021 Astra Honda Motor mengenalkan produk terbaru mereka untuk kelas premium skuter. Honda PCX 160 2021 resmi dikenalkan. Motor ini adalah versi upgrade dari current model. Salah satu hal yang menyita perhatian adalah mesinnya yang baru. Lalu apa saja Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160.

Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160

Kenapa Kubikasi Mesin PCX Naik ?

Jika dilihat memang perubahan kubikasinya tidak signifikan. Namun, apa sebenarnya alasan kubikasi mesin dari Honda PCX ini di naikan ? Menurut riset internal dari AHM, konsumen motor Honda ingin adanya peningkatan performa dari motor ini.

Untuk itu, dinaikanlah kubikasi mesin menjadi 160 cc. Sebab, kubikasi ini dianggap paling balance, karena dapat memberikan peningkatan performa tanpa harus mengorbankan efiseinsi bahan bakar. Selain itu, juga agar mampu menarik konsumen baru yang ingin berpindah dari low-end skuter ke medium skuter. Sebab, secara spesifikasi sekarang ini sangat bersaing dibandingkan dengan kompetitornya.

Perpedaan yang paling kelihatan adalah kubikasi mesinnya. Pada PCX 150 menggunakan ukuran 57,3 x 57,9 mm. Sedangkan pada Honda PCX 2021 menggunakan ukuran 60,0 x 55,0 mm. Karakter mesin dari overstoke di ubah menjadi overbore.

Selain itu, jumlah katup atau valvenya berbeda. Masih menggunakan jenis SOHC. Pada PCX 160 ini menggunakan 4 katup, sedangkan pada PCX 150 hanya menggunakan 2 katup saja. Sehingga spesifikasi di atas kertasnya tidak kalah dengan kompetitornya.

BACA JUGA : Review Performa Mesin Honda PCX 150

Dengan kubikasi yang lebih besar, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Tenaga maksimal PCX 2021 adalah 16 HP pada 8.500 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mecapai 15 Nm pada 6.500.

Untuk tenaga maksimalnya menignkatkan hingga 1,2 HP. Pada PCX 150 tenaga maksimalnya ada di angka 14,48 HP pada 8.500. Untuk torsinya, PCX current gen ada diangka 13,2 Nm pada 6.5000 rpm yang berarti berbeda hingga 1,8 Nm pada putaran yang sama.

Throttle Body Lebih Besar

Tidak hanya Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160 yang membuat tenaga dan torsi maksimal dari motor ini meningkat. Ada juga peran penggantian ukuran throttle body yang lebih besar membuat asupa bahan bakar lebih efisien. Dari ukuran 26 mm menjadi 28 mm.

MESIN PCX 160

Kemudian juga membesarnya jalur penghisapan udara dari box filter. Hal ini membuat daya hisap menjadi lebih bagus. Sehingga campuran bahan bakar dan udara bisa lebih sesuai dengan kebutuhan motor. Box filter udara ini mampu menghisap debit udara hingga 4,9 liter.

Hadirnya ESP +

Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160 adalah hadirnya fitur ESP +. Semua basic fitur dari ESP, seperti ACG Starter, offset piston dll hadir namun ditambah fitur-fitur lainnya. Hal ini membuat mesin menjadi semakin halus, efisein dan rendah vibrasi.

Penambahan fitur seperti hadirnya piston jet oil yang berguna untuk membantu suhu mesin tetap stabil dikarena kompresi dari motor hingga mencapai 12:1. Peningkatan ini cukup signifikan karena kompresi pada Honda PCX 150 ada di angka 10,6:1

BACA JUGA : Impressi Berkendara Honda PCX 150

Kemudian hadir juga hidraulic cam chain yang membuat getaran motor menjadi lebih minim lagi. Selanjutnya ada upgrade pada bagian roller bearing kanan, dari menggunakan ball bearing digantikan denga roller bearing. Penggantian ini meningkatkan rigiditas dari mesin.

Terakhir, ada juga perubahan pada jalur gas buang di pipa knalpot. Secara desain agak diperbaharui agar hambatannya berkurang. Membuat aliran gas buang menjadi lebih plong. Tapi, AHM juga tetap menambahkan katalis knalpot agar gas buangnya tetap sesuai dengan aturan standar emisi Indonesia.

Fitur Premium Kontrol Traksi

Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160 terakhir adalah hadirnya HSTC atau Honda Selectable Traction Control. Fitur ini adalah salah satu fitur premium. Gunanya adalah untuk menghindari roda belakang selip terutama pada kondisi jalanan yang licin. Fitur ini mampu meningkatkan efisiensi motor, kenyamanan dan juga keselamatan dalam berkendara.

So itulah Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160. Secara overal memang bentuk upgrade dari generasi sebelumnya. Membuat Honda PCX terbaru tidak hanya nyaman, tetapi juga fun to ride.

Harapan dari AHM sendiri, motor ini dapat meningkat penjualannya hingga 10% untuk tahun 2021 ini. Di mana pada tahun 2020 motor ini terjual sebanyak 220.000-an. Untuk targer tahun ini ada di angka 240.000 – an unit- RPMSUPER.COM

2 thoughts on “Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160. Lebih Bertenaga !

Silahkan Masukan Komentar