RPMSUPER.COM РKOPLING menjadi salah satu bagian yang sering diutak-atik. Karena memang sangat perpengaruh pada performa motor. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2. Apa saja kelebiahn dan kekurangan Pasang Slipper Clutch R15V2.

Apa itu slipper clutch?

Jenis kopling untuk motor manual ada beragam. Salah satunya adalah slipper clutch. Perangkat ini biasanya digunakan pada ajang balap.

Karena fungsi sllipper clutch adalah untuk mengurangi engine brake motor. Tujuannya agar roda belakang tidak mengunci saat down shift di rpm tinggi. Sehingga motor lebih mudah dikendalikan.

Sekarang juga sudah ada beberapa motor standar dengan sliipper Cluthc. Untuk kelas 150 CC sudah ada Yamaha R15 V3 dan V4 series. Juga sudah ada di Honda CBR K45R.

Nah, motor generasi sebelumnya juga bisa menggunakan. Salah satunya adalah Yamaha R15 generasi 2. Lalu bagaimana cara Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2?

Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2

Slipper Clutch R15V2 XTR

Slipper Clutch R15V2 XTR

Sebenarnya ada beberapa piliha brand. Salah satu produk yang akan saya bahas adalah dari XTR Racing. Tidak hanya slipper clutch saja. Tapi juga sudah mengadopsi per kopling lebih banyak.

Jika sobat ingin pasang rumah kopling 5 per di r15 v2. Ini juga bisa menjadi salah satu opsi yang baik.

Dengan menggunakan kopling 5 per. Maka akselerasi dari motor bisa menjadi lebih responsif.

Karena dapat menekan kampas kopling secara lebih merata. Dibandingkan dengan hanya 4 per kopling standar di R15 V2.

Selain akselerasi menjadi lebih baik. Power loss atau tenaga yang hilang bisa lebih berkurang. Sehingga membuat performa motor secara keseluruhan lebih baik.

BACA JUGA :

Setting Sesuai Kebutuhan

Slipper Clutch R15V2 XTR ini juga bisa diatur settingannya. Dalam paket penjualannya terdapat tambahan 4 buah ring per satu per kopling.

Apabila sobat Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2 dengan 4 ring. Sobat akan mendapatkan deselerasi yang halus. Namun, masih ada sedikit engine brakenya.

Sedangkan jika sobat pasang Slipper Clutch R15V2 XTR dengan 2 ring saja. Maka engine brakenya benar-benar hilang atau loss. Sehingga terasa seperti berkendara motor dua tak.

Tentunya dua settingan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Namun, untuk harian saya sarankan gunakan ganjel 4 ring saja.

Meskipun hanya sedikit. Tapi engin brake ini juga berguna untuk penggunaan harian. Jika engine brake terlalu loss juga akan kurang baik untuk penggunaan harian.

Sebab, saat motor deselerasi akan hanya mengandalkan pengereman saja. Untuk itu jangan lupa upgrade komponen pengereman motor sobat.

Berbeda jika untuk kebutuhan balap. Yang kebanyakan bisa diprediksi. Tidak seperti penggunaan harian yang banyak hal-hal tidak bisa diprediksi.

Lalu apa Kekurangan pasang rumah kopling 5 per di r15 v2? Karena jumlah per koplingnya lebih banyak. Maka akan membuat handel kopling menjadi lebih keras.

Sehingga sobat harus beradaptasi atau memperkuat otot tangan. Agar tidak mudah capek saat menggunakan Slipper Clutch R15V2 XTR ini.

Kekurangan Pasang Slipper Clutch R15V2

Kekurangan pasang rumah kopling 5 per di r15 v2 lainnya ada pada materialnya. Tidak bisa dipungkiri karena harganya yang lebih murah. Kualitasnya tentu tidak sebagus produk asli pabrikan.

Bukan berarti akan lebih mudah rusak. Namun, jika digunakan secara ekstrem maka akan lebih cepat aus.

Jika bukan Slipper Clutch R15V2 XTR-nya yang aus. Tapi rumah kopling juga lebih mudah jebol. Jadi tetap digunakan secara bijak.

Terutama saat melepas kopling. Karena akselerasinya yang lebih baik. Bahkan beberapa orang dapat menggunakannya untuk wheelie. Hal ini akan membuat komponen lebih cepat rusak.

Namun, jika digunakan sesuai dengan peruntukannya. Saya kira bisa awet-awet saja.

Baca Juga :

Harga Slipper Clutch R15V2 XTR

Lalu berapa budget yang dibutuhkan untuk Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2? Tergantung dari kelengkapan yang sobat beli.

Untuk Harga Slipper Clutch R15V2 XTR sendiri ada dikisaran Rp 350 ribuan saja. Tentu saja harganya ini sangat terjangkau.

Harga Slipper Clutch R15V2 XTR ini juga sudah turun. Apabila kita bandingkan saat pertama kali produk ini dirilis.

Saat awal ini produk dirilis, harga Slipper Clutch R15V2 XTR ada diangka Rp 500 ribuan.

Entah kualitas produknya yang dikurangi. Ataupun karena produksinya yang semakin banyak. Sebab, semakin banyak jumlah produksinya juga bisa mengurangi harga.

Untuk pasang rumah kopling 5 per di r15 v2. Sobat bisa menggunakan kampas kopling dan plat gesek yang original. Bisa juga menggunakan kampas rem aftermarket jika sobat mau.

Untuk proses Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2 tidak perlu ubahan. Karena sudah disesuaikan dengan rumah kopling original. Sehingga bisa langsung plug and play untuk R15 V2.

Hal ini juga berlaku untuk Yamaha MX King, Byson dan New Vixion Advance. Untuk New Vixion Lightning dan lainnya perlu beberapa penyesuaian.

Slipper Clutch R15V2 XTR Racing

Untuk sobat yang tertarik membeli Slipper Clutch R15V2 XTR ini. Sudah saya siapkan link pembeliannya di Shopee.

BELI Slipper Clutch R15V2 XTR (KLIK)

Kelebihan Pasang Slipper Clutch Yamaha R15 V2

  • Akselerasi lebih baik
  • Engine brake berkurang
  • Harga terjangkau
  • Pemasangan plug and play

Kekurangan Pasang Slipper Clutch R15V2 XTR Racing

  • Tuas kopling lebih berat
  • Kualitas produk tidak sebagus original

Referensi Youtube Chanel DigiOto

Baca Artikel Terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar