Perbedaan R15M dan R15 V4

Perbedaan R15M dan R15 V4 Standar. Apa Aja Sih?

RPMSUPER.COM – Akhirnya Yamaha Indonesia resmi mengenalkan Yamaha YZF R15 Generasi 4. Motor yang satu ini sudah sangat dinantikan oleh bikers Indonesia. Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas Perbedaan R15M dan R15 V4 Standar. Apa Aja Sih? Semoga bisa membantu sobat dalam menentukan pilihan.

Antusias motor ini cukup tinggi. Bagaimana tidak, secara tampilan memang lebih fresh dan seperti kakaknya yaitu Yamaha R7. Selain tampilan yang baru, tetapi ada beberapa fitur baru. Nah, untuk pasar Indonesia juga ada R15 versi M dan R15 versi standar. Namun, yang kita bahas adalah yang sama-sama versi Y-Connected.

Perbedaan R15M dan R15 V4

Tampilan

Warna Yamaha R15 V4

Secara tampilan tidak banyak perbedaan yang signifikan. Hanya pada beberapa part saja yang tidak terlalu mencolok. Bedanya R15M dan R15 standar pada tampilan adalah yang pertama bagian speedometer. Pada R15M sudah menggunakan Speedometer model baru dengan opsi display mode.

Selanjutnya pada R15 Versi M sudah menggunakan cover jok model karbon. Kemudian juga terdapat emblem 3D bertuliskan R15M pada tangki depan atas . Perbedaan R15M dan R15 V4 pada sisi tampilan yang selanjutnya adalah tutup USD berwarna biru dengan emblem R15M. R15 standar tidak ada stiker KYB pada Suspensi USD. Terakhir bagian cover R15-M knalpot berwarna silver

Mesin

Pada bagian mesin sebenarnya menggunakan basis yang sama. Namun, tentu saja ada Perbedaan R15M dan R15 V4 pada bagian ini,

Qucik Shifter

qucik shiter r15m

Salah satu fitur yang menjadi highlight dari motor ini adalah sudah hadirnya Qucik Shifter (QS). Yamaha R15M adalah pertama pada kelasnya yang sudah mengaplikasikan fitur ini. Sedangkan untuk versi standar belum ada fitur yang satu ini. Jenis QS yang ada adalah model up saja. Sehingga sobat tidak perlu menggunakan tuas kopling saat hendak menaikan gear. Namun, tetap perlu untuk menurunkan gear.

BACA JUGA : 3 Fitur Baru Yamaha R15 V4. Terlalu Komplit Nih

Traction Control

Perbedaan R15M dan R15 V4 selanjutnya adalah hadirnya Traction Control (TC) pada varian R15-M. TC ini berfungsi untuk mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan. Fitur ini akan sangat berguna dalam kondisi hujan maupun jalanan yang licin. Indikatornya dapat sobat lihat dari speedometer motor ini.

Sisanya tidak ada perbedaan antara kedua varian ini. Masih menggunakan mesin 155cc SOHC 6 percepatan yang dilengkapi dengan VVA atau Variable Valve Actuation. Mesin ini mampu mengehasilkan tenaga dan torsi maksimal sebesar 14,2 kW/10000 rpm dan 14,7 Nm/8500 rpm. Fitur-fitur lain seperti assist dan slipper clutch juga masih ada untuk varian standarnya.

Pengereman

Pada bagian pengereman terdapat Perbedaan R15M dan R15 V4

ABS

ABS Yamaha R15M

Pada Yamaha R15M sudah terdapat sistem ABS (Anti-lock braking system). Fitur ini berguna untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman. Baik itu karena pengereman mendadak maupun karena jalanan yang licin. Sehingga lebih aman karena motor lebih mudah untuk kita kendalikan. Yang lebih asyik, ABS pada motor ini sudah mengadopsi dual chanel. Jadi baik rem depan dan rem belakang sudah terdapat fitur ABS

Kaliper Rem Beda!

Pada bagian kaliper ternyata juga ada Perbedaan R15M dan R15 V4. Pada Yamaha R!5-M menggunakan kaliper Bybre (By Brembo) sedangkan untuk R15 V4 masih menggunakan kaliper yang sama dengan generasi sebelumnya. Dengan mengaplikasikan kaliper bybre dapat menambah daya pengereman dari motor ini.

Harga

Nah, Perbedaan R15M dan R15 V4 yang cukup kentara adalah pada harganya. Tentu saja dengan perbedaan fitur R15M dan R15 standar yang cukup banyak. Membuat adaya perbedaan harga yang cukup signifikan. Harga Yamaha R15M adalah Rp 44.100.000 OTR Jakarta untuk warna Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Kemudian untuk Harga R15M warna icon performance Rp 43.500.000.

Sedangkan untuk harga Yamaha R15 V4 adalah 38.900.000 OTR Jakarta. Perbedaanya hingga 5 jutaan bro. Jadi mana yang lebih cocok untuk sobat? Tentu saja apakah sobat benar-benar membutuhkan fitur-fitur di atas atau tidak. Namun, jika sobat ingin mendapatkan sensasi lengkap dari motor ini. Tentu saja perbedaan harga tersebut tidak menjadi masalah.

Silahkan Masukan Komentar

Scroll to Top