Oversize Mesin New Megapro

Oversize Mesin New Megapro Karburator

Diposting pada

RPMSUPER.COM – MESIN menjadi salah satu bagian yang paling sering mendapatkan perhatian ekstra. Bagaimana tidak, performa motor juga tergantung pada mesin secara keseluruhan. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Oversize Mesin New Megapro Karburator.

Mesin juga memperlukan perawatan agar memiliki durabilits yang panjang. Namun, seiring berjalannya waktu mesin juga akan mengalami keausan. Entah itu dari ring pistonnya yang kalah, pistonnya yang baret dan lain sebagainya. Yang mana rata-rata akan kehilangan mesin dan ngebul parah. Oversize salah satu cara untuk mengembalikan mesin seperti sedia kala.

Oversize Mesin New Megapro Karburator

Nah, saya juga telah melakukan oversize pada mesin Honda New Megapro karburator. Sebenarnya saya sudah menggunakan paket upgrade mesin dari XTR 63 mm. Namun, setelah beberapa bulan kebul asapnya lumayan parah. Maka dari 63 mm saya ganti piston FIM 64 mm.

Dengan piston 1 mm lebih besar malah membuat piston macet 2 kali. Juga coakan piston juga kurang dalam (setelah dibongkar). Akhirnya pistonpun baret dan suaranya berisik parah. Awalnya saya kira liner dari XTR sudah baret lagi. Ternyata malah masih bagus setelah dioversize 1 mm. Hanya saja pistonnya memang baret dan coakan piston masih menabrak klep.

Akhirnya saya membeli piston os 250 new megapro lagi-lagi merek FIM. Sebenarnya saya ingin membeli OS 300, yaitu 60,3 mm. Namun, saat itu stok sedang kosong jadi hanya OS 250 dengan ukuran 59,8 mm. Jadi sobat yang ingin oversize NEw megapro bisa hingga OS 300.

BACA JUGA : Korek Harian New Megapro Karbu Jadi 180 CC

Proses OS 250 New Megapro

Karena boring mesin XTR terlalu besar, maka saya putuskan menggunakan boring standar motor. Saya memutuskan hal ini karena ingin kualitas linernya yang bagus. Bengkel langganan saya pun menyanggupi. Untuk proses pembesaran liner bawaan dari 0 ke 250 harus dikolter sebanyak 9x.

Untuk pistonnya sendiri memang sudah terdapat coakannya untuk klep. Berbeda dengan piston yang ukuran 64 mm sebelumnya. Jadi setidaknya saya tidak khawatir klep akan menabrak piston lagi. Untuk proses instalasinya tidak ada kendala dan dinding liner masih terlihat aman.

Review Oversize Mesin New Megapro

oversize new megapro

Tidak mau mengulang kesalahan yang sama, sebelum 500 km saya menggunakan motor dengan cara halus. Berupaya agar gas diputar pelan dan tidak melewati 8000 rpm. Tujuan utamanya adalah piston tidak macet atau ngejim lagi yang membuat piston atau linernya baret.

Untuk performa mesin OS 250 New Megapro, saya rasa malah 11-12 saat menggunakan paket bore up 64 mm. Namun, saya juga tidak membandingkannya secara head to head karena ada beberapa part yang dipasangkan. Selanjunya untuk konsumsi bahan bakar tidak seboros saat menggunakan piston 64 mm.

Hal tersebut juga dipengaruhi dengan penggunaan pilot jet dan main jet yang lebih kecil. Saat ini menggunakan PJ 38 dengan MJ 118. Settingan PJ MJ ini disesuaikan karena saat mesin idle terlalu basah sehingga bau bensin. Penurunannya tidak terlalu banyak, untuk PJ menggunakan ukuran 35 sedangkan MJ 115.

Komposisi :

XTR + : blok XTR + Piston FIM 64 mm + BRT Hyperband + Denso Iridium + Koil Tiger

OS 250 : blok standar + piston FIM 59,8 + BRT Hyperband + Denso Iridium + Noken AS XR Racing + Koil Ride It + Kop busi TDR + Kabel koil booster

Memang secara part lebih banyak, tetapi dari total belanjaannya tidak berbeda jauh. Namun secara performa malah saya rasa lebih mantap saat penggunaan OS 250. Pada putaran 7.000 rpm bisa dengan nyaman cruising 90 km/ jam. Yang mana hal tersebut adalah tujuan utama saya, bukan untuk mencari top speed yang setinggi-tingginya.

Biaya Oversize New Megapro

  • Piston FIM OS 250 : Rp 115.000
  • Noken XR Racing : Rp 200.000
  • Koil Ride It : Rp 125.000
  • Kop busi TDR : Rp 55.000
  • Kabel Koil Thundervoltz : Rp 50.000
  • Kabel Koil Firebosster : Rp 35.000
  • Busi Denso Iridium : Rp 100.000
  • Bengkel : Rp 350.000

Sebenarnya total biayanya bisa lebih murah, tetapi dengan penambahan perangkat ini itu ternyata jadi mahal juga hahaha. Sobat bisa kalkulasikan sendiri dan tidak perlu mengganti sebanyak itu. Biaya tersebut tidak termasuk ubahan yang sebelumnya sudah dilakukan.

2 thoughts on “Oversize Mesin New Megapro Karburator

  1. baca artikel ini jadi kangen ngoprek megapro lagi, sayang motornya udah kejual hahaha

    btw konsumsi bbm setelah oversize yang kedua kalinya bagaimana mas ? apakah jadi lebih irit dibanding ketika masih standar dulu

Silahkan Masukan Komentar