Pelumas Rantai Motor

Alternatif Pelumas Rantai Motor

Diposting pada

RPMSUPER.COM – RANTAI adalah perangkat penting pada sepeda motor. Di mana rantai menyalurkan tenaga yang duihasilkan mesin melalui gear motor. Performa rantai akan juga mempengaruhi peforma motor. Untuk itu, perawatan rantai juga sangat penting. Kali ini akan kita bahas Alternatif Pelumas Rantai Motor.

Alternatif Pelumas Rantai Motor

Chain-lube

Alternatif yang utama adalah chain lube atau pelumas rantai. Darinama sendiri, memang produk ini diformulasikan untuk rantai sepeda motor. Walaupun bisa digunakan untuk pelumas alat-alat selain rantai. Ada harga maka ada kualitas yang tertentu yang diberikan. Semakin mahal maka juga semakin komplek formula yang diberikan.

Untuk penggunaan sehari-hari tidak perlu menggunakan chainlube yang mahal. Cukup gunakan yang harga murah asalkan digunakan secara berkala. Kelebihan menggunakan chainlube adalah formulanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan rantai. Juga mudah dalam pengaplikasikannya karena sudah ada alat bantu untuk penyemprotannya.

BACA JUGA : 5 Penyebab Rantai Berisik dan Solusinya

Oli Gardan

oli gardan untuk pelumas rantai

Alternatif Pelumas Rantai Motor kedua adalah oli gear motor matik atau oli gardan. Oli gardan ini sebenarnya digunakan untuk melumasih gardan dari motor matik. Tapi juga dapat digunakan sebagai pelumas rantai motor. Saya sendiri juga menggunakan oli gardan untuk melumasi rantai. Harganya juga lebih murah dibandingkan dengan chainlube. Tapi jika mau yang harga mahal juga banyak merek yang menyediakan.

Rata-rata profil cairannya lebih kental dibandingkan chainlube yang cenderung encer. Membuat pelumasannya ke rantai lebih baik dan juga tidak mudah terbuang saat rantai berputar. Kekurangannya lebih membat rantai cepat kotor karena kotoran seperti debu menjadi terperangkap di rantai.

Oli Mesin Motor

Alternatif Pelumas Rantai Motor selanjutnya adalah oli mesin pada motor. Oli mesin dan oli rantai sama-sama memiliki fungsi pelumasan untuk mengurangi gesekan. Yang harus digaris bawahi adalah harus oli mesin yang baru. Jangan menggunakan oli bekas karena terdapat garam metal yang timbul dari mesin. Jika sobat mempunyai kelebihan oli mesin dapat digunakan sebagai pelumas motor.

Untuk tingkat kekentalannya diantara chainlube dan oli gardan. Untuk kekurangannya juga sama seperti oli gardan yang lebih mudah membuat rantai kotor.

BACA JUGA : Cairan Pembersih Rantai Yang Aman

Pentingnya Pelumas Rantai

Selain kebersihan rantai itu sendiri, pelumasan pada rantai juga sangatlah penting. Pelumasan ini dilakukan pada bagian luar rantai. Pelumasan rantai yang baik dapat memperpanjang umur rantai. Selain itu juga dapat mengurangi gesekan antara mata rantai dan gear motor. Membuat rantai menjadi lebih halus alias tidak berisik.

Jika gesekan menjadi lebih minim, maka penyaluran tenaga menjadi lebih halus. Melumasi rantai juga dapat menghindarkan rantai dari datangnya karat. Karat akan memperpendek usia rantai dan membuat mata rantai menjadi kaku.

Silahkan Masukan Komentar