Penyebab Rantai Berisik dan Solusinya

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Rantai berguna untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Namun, performa rantai akan menurun seiring penggunaannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas Penyebab Rantai Berisik dan Solusi Rantai Berisik

Rantai berisik adalah salah satu indikator bahwa kondisi rantai sudah tidak 100% berisik. Ada beberapa penyebab rantai berisik bray. Tidak lupa disajikan solusi rantai berisik agar perjalanan kita semakin nyaman.

Penyebab Rantai Berisik dan Solusinya

  1. Rantai Kurang Pelumas

Penyebab rantai berisik yang pertama dan mungkin yang paling ringan adalah kurang pelumasan. Rantai dan gir motor sama-sama terbuat dari bahan sejenis logam.

Jika keduanya tidak ada semacam lapisan di antara keduanya akan menimbulkan suara hasil dari gesekan kedua benda tersebut. Rantai yang kering sebenarnya terlihat secara fisik.

Posisi rantai yang terbuka membuatnya semakin mudah kering. atau kurang pelumasan. Misal terkena air hujan dan segala macamnya. Dengan pemberian pelumas pada rantai, maka geraknya akan semakin halus dan membuat tarikan motor terasa lebih ringan.

adsense-fallback

Nah, solusi rantai berisik karena kurang pelumasan tentu saja sangat mudah. Tinggal semprotkan chainlube secara merata dan berkala. Namun jangan lupa, untuk rutin dibersikan agar kotorannya tidak menumpuk.

BACA JUGA : Cairan Pembersih Rantai Yang Aman

2. Setelan Rantai

Setelan rantai yang kurang tepat juga menjadi penyebab rantai berisik bro. Seiring penggunaan, rantai akan menjadi sedikit renggang karena memuai dan membutuhkan penyetelan.

Setelan rantai yang terlalu kendur dapat menyebab suara berisik pada rantai. Apabila terlalu kendur juga dapat menyebabkan rantai lepas dari girnya dan tentu saja hal ini berbahaya.

Solusi rantai berisik karena hal ini adalah melakukan penyetelan dengan tepat. Jangan terlalu kencang juga karena dapat membuat rantai berpotensi putus. Untuk setelan yang pas bisa melihat pada bagian lengan ayun motor.

BACA JUGA : Penyebab Rantai Cepat Kendur

3. Rantai Berkarat

Karena terbut dari logam, rantai bisa saja berkarat bro. Apalagi untuk motor yang sering digunakan pada area dekat laut yang memiliki air asin. Selain itu, karat juga dapat timbul pada rantai yang tidak dirawat.

Rantai yang berkarat akan menjadi kaku. Namun, karena tenaga dari mesin lebih kuat sehingga rantai yang sudah kaku ini tetap dipaksa berputar dan akan menimbulkan suara berisik pada rantai.

Jika rantai sudah terlanjur berkarat akan agak sulit untuk dihilangkan. Langkah pertama bisa menggunakan penghilang karat apabila sudah terlalu tebal karatnya. Namun, ada baiknya mencegah agar rantai tidak berkarat dengan merawat rantai secara benar.

4. Tidak Layak Pakai

Rantai memilik usia pemakaian, tergantung pada kualitas rantai itu sendiri dan bagaimana penggunaan motornya. Nah,  untuk rantai yang sudah aus sudah bisa disetel lagi bray.

Rantai akan menjadi kendur walaupun sudah kita atur pada setingan palingan kencang. Kalau untuk ini solusinya hanya satu, beli baru. Bila tetap dipaksakan juga akan berpotensi putus.

5. Tidak Center

Penyebab rantai berisik yang terakhir adalah setingan rantai yang tidak center dengan gir depan dan belakang. Mata gir yang dipaksa masuk ke rantai karena tidak lurus akan menimbulkan suara gesekan logam yang lebih besar lagi.Solusinya adalah menyetel ulang rantai secara lebih hati-hati dan presisi lagi,

adsense-fallback