Ganti Seal Master Rem Kit

Ganti Seal Master Rem Kit Agar Rem Makin Pakem

Diposting pada

RPMSUPER.COM – PENGEREMAN adalah salah satu perangkat vital dalam berkendara. Perangkat ini salah satu alat bagi pengendara untuk mengontrol kecepatan kendaraan. Yang tentunya akan sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Ganti Seal Master Rem Kit Agar Rem Makin Pakem.

Komponen dari pengereman sendiri ada banyak sekali, mulai dari tuas rem, master rem hingga piringan cakram. Master rem sendiri memiliki salah satu peran yang vital. Sebab tugasnya adalah untuk mendorong minyak rem agar menekan pistom di kaliper rem.

Kekuatan pompanya sendiri tergantung pada kualitas masternya sendiri dan juga tingkat keausan komponen di dalamnya. Salah satu hal yang sering luput dari pengasan adalah seal master rem. Kebanyaka orang berfokus hanya pada menggunakan kampas rem yang bagus, mengganti selang rem yang lebih bagus maupun mengganti cakram rem yang lebih lebar.

BACA JUGA : Review Cakram Lebar PSM 320 mm

Padahal jika komponen yang ada di master rem tidak bekerja secara optimal.  Maka performa dari pengereman sendiri juga tidak akan maksimal. Hal ini cukup wajar karena memang master rem kit adalah perangkat slow moving yang biasanya diganti dalam jangka waktu yang lama.

Kapan Ganti Seal Master Rem Kit ?

Rem Cakram Keras

Rem Tidak Pakem

Jika sobat sudah mengganti selang rem dengan aftermarket. Kampas rem menggunakan bahan yang bagus. Sudah menggunakan piringan cakram yang lebih lebar tetapi performa pengeremannya mulai menurun. Tidak ada salahnya mencoba Ganti Seal Master Rem dengan yang baru.

Pada komponen yang sudah tidak optimal maka tidak akan maksimal dalam mendorong minyak rem.. Apabila sudah aus maka tekanan yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi.

Tuas Rem Tidak Kembali

Ciri-ciri Ganti Seal Master Rem Kit yang paling terlihat secara fisik. Apabila tuas rem sudah bisa Kembali ke posisi semula. Alias kita harus memberikan dorongan tambahan agar tuasnya bisa Kembali ke titik awal.

Awalnya saya kira penyebab dari tuas rem tidak Kembali karena switch rem depan. Sebab, saya menggunakan bukan produk original yang mana pergerankannya tidak se-smooth original motor. Namun, setelah saya mengganti Master Rem Kit dengan yang baru. Tuas bisa Kembali ke titik awal dan juga pengereman menjadi lebih empuk.

Rem Keras

Gejala selanjutnya adalah rem menjadi lebih keras. Posisi dari seal master rem cukup terbuka, jadi air, kotoran dan debu bisa masuk. Hal ini akan meyebabkan karat dan membuat tuas rem menjadi lebih keras, tetapi rem tetap tidak pakem. Sebenarnya jika hanya kotor masih bisa dibersihkan saja. Namun, apabila sudah berkarat lebih baik diganti dengan perangkat yang baru

BACA JUGA : Pasang Selang Rem Racing TDR

Harga Seal Master Rem Kit

Harga dari master rem kita memang cukup beragam dan tergantung dari jenis motornya. Namun, saya sangat merekomendasikan menggunakan original motor. Jangan sampai menggunakan yang palsu, di mana semua labelnya dari sebuah brand, padahal isinya entah produksi darimana.

Misalnya pada master rem kita Honda Supra harga originalnya dikisaran Rp 85.000 ribu. Namun, pada online shop banyak sekali yang berbedar master rem kit harga Rp 5.000 an dengan menggunakan kemasan Honda.

Karena rem menyangkut dengan keselamatan lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak. Apalagi penggunaannya untuk jangkat yang lama. Misal pada motor saya yang sudah berusia 11 tahun baru menggantinya sekali. Jikapun di tempat sobat tidak ada barang yang original. Setidaknya pilih aftermarket yang memiliki merek sendiri. Saya juga mengalami hal ini, karena tidak ada yang menjual barang original, akhirnya membeli merek dari Toyo yang harganya hanya Rp 25.000.

So itulah kenapa Ganti Seal Master Rem Kit Bisa membuat rem motor menjadi lebih pakem. Juga sudah kita bahas ciri-ciri master rem kit aus dan kapan waktu penggantiannya yang tepat. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

2 thoughts on “Ganti Seal Master Rem Kit Agar Rem Makin Pakem

  1. kurang 1 lg seal kaliper kl sdh jam terbang tinggi motornya sekalian ganti pas ganti repair kit master rem

Silahkan Masukan Komentar