RPMSuper,com – Sistem pendingin menggunakan radiator. Sekarang ini sudah banyak digunakan. Baik untuk mobil ataupun motor. Kali ini akan kita bahas Kelebihan Air Coolant Radiator di Motor dan Mobil.

Kelebihan radiator sendiri dapat menjaga suhu mesin. Agar tidak mudah overheat sehingga performa motor juga tetap terjaga.

Pada sistem pendingan radiator. Terdapat air radiator, ada yang menggunakan air biasa. Tapi direkomendasikan menggunakan water coolant. Memangnya apa manfaat air radiator atau manfaat air cooalnt ini?

Kapan Air Radiator Bekerja?

Air coolant bekerja dengan bersirkulasi dalam mesin. Namun, tidak setiap mesin menyala air radiator bekerja.

Namun, pada suhu tertentu yang sudah diatur pabrikan. Bisanya jika suhu mesin sudah mencapai 80 derajat. Air radiator mulai bersirkulasi di dalam mesin.

Kemudian jika suhunya masih naik. Maka kipas radiator akan menyala untuk membantu menstabilkan suhu mesin.

BACA JUGA :

Kelebihan Air Coolant Radiator

Mecegah Korosi

Kelebihan air radiator

Kelebihan air radiator pada kendaraan adalah untuk mencegah korosi. Korosi sendiri adalah proses alami dari bahan logam. Sehingga tidak bisa dihindari, hanya bisa dicegah saja.

Water Coolant untuk radiator biasanya sudah mineral free. Karena kandungan mineral pada air biasa dapat menyebabkan korosi.

Dengan menggunakan air coolant dapat mencegah resiko timbulnya karat. Belum lagi kerak yang dihasikan jika menggunakan air biasa.

Mencegah Overaheat

Manfaat air radiator

Salah satu fungsi air coolant adalah untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Dibandingkan dengan air biasa. Titik didih menggunakan water coolant lebih tinggi

Sehingga dapat mencegah mobil dari terlalu panas atau overheat.

Titik didih air biasa hanya mencapai 100 derajat celcius saja. Sedangkan jika menggunakan water coolant titik didihnya lebih tinggi.

Namun, masing-masing memiliki titik didihnya sendiri. Karena setiap produk memiliki kandungan zat adiktif yang berbeda-beda.

Misalnya pada air radiator Preston memiliki titik didih hingga 127 derajat. Kemudian pada water coolant dari Master titik didihnya adalah 104 derajat.

Dengan titik didih yang tinggi. Selain menjaga mobil dari overheat. Juga mencegah penguapan agar air radiatornya tidak cepat habis.

Pelumas Komponen

Manfaat air radiator lainnya berfungsi sebagai pelumas. Air coolant dapat memperlancar kerja thermostat dan water pump. Tujuannya agar sirkulasi cairan dalam proses pendinginan berjalan baik dan maksimal.

Sebenarnya ada Kelebihan Air Coolant Radiator lainnya, yaitu anti-freeze. Manfaat ini mencegah air radiator membeku dalam suhu yang rendah.

Namun, untuk di Indonesai manfaat ini tidak terasa. Karena tidak ada daerah yang suhu-nya dingin sampai beku.

Yang perlu diingat, penggunaan air coolant untuk radiator sangat direkomendasikan. Karena Kelebihan Air Coolant Radiator yang ada.

Selain untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Tapi juga menjaga komponen radiator lebih awet. Karena terhindar dari korosi dan aus.

Jika sobat ingin membeli air radiator. Bisa membelinya secara online, salah satunya di Shopee.

Untuk itu sudah saya sediakan link pembeliannya di Shopee.

Sobat tinggal klik link di bawah ini. Tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan saja.

Baca artikel terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar