Pakai Air Radiator Mobil di Motor

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – PENDINGINAN adalah salah satu hal vital yang wajib diperhatikan oleh pabrikan. Makanya, sistem pendinginan yang ada terus diperbaiki hingga menjadi lebih baik. Jika dulu hanya menggunakan hembusan angin (air cooled), kemudian menggunakan perputaran aliran oli (oil cooled). Hingga kini menggunakan pendinginan dengan cairan (water cooled).

Mengapa pendinginan menjadi hal yang  begitu penting pada sebuah kendaraan. Karena jika suhu mesin terjaga secara stabil, maka performa yang dikeluarkan bisa selalu maksimal. Namun, jika sistem pendinginan tidak bekerja secara baik akan membuat performa kendaraan loyo. Mulai dari tariak yang loyo, overheat dan bahkan bisa mati karena mesin terlalu panas.

Untuk itu direkomendasikan mengganti cairan radiator secara berkala. Beberapa orang juga menggunakan air radiator aftermarket dengan label racing atau yang lain yang notabene memiliki harga lebih mahal tetapi memiliki daya peredaman panas yang baik. Ada pula yang Pakai Air Radiator Mobil di Motor.

Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah Pakai Air Radiator Mobil di Motor aman ? Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas hal tersebut bro. Bagaiamana jika kita menggunakan air radiator yang diperuntukan untuk mobil kepada sepeda motor apakah ada efek negatif atau yang lainnya.

Sebelum dibahas, kita harus lihat dulu apa latar belakang dari permasalahn tersebut. Mengapa banyak orang menggunakan air radiator yang diperuntukan kepada mobil pada sepeda motor mereka. Alasannya adalah karena memiliki durabilitas atau daya tahan yang lebih panjang dari pada air radiator motor pada biasanya.

adsense-fallback

Jika pada sepeda motor biasanya direkomendasikan mengganti air radiator secara periodik ada 8.000 hingga 12.000 km. Berbeda dengan penggantian air radiator pada mobil. Pada mobil biasanya direkomendasikan mengganti cairan pendinginannya bisa lebih dari 50.000 km gan 😮 . Di sini sudah memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Memang untuk beberapa merk yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dibanderol dengan harga yang agak mahal. Namun, dengan spesifikasi yang ditawarkan rasanya juga layak untuk dibeli. Apalagi durabilitas atau daya tahan dari air radiator tersebut sangat bagus karena bisa tahan jauh lebih panjang daripada air radiator motor. Bahkan, beberapa merk tidak hanya menawarkan kapasitas 1 liter saja. Ada beberapa yang menawarkan dengan netto empat liter. Berarti sekali beli bisa digunakan untuk berulang kali.

Apakah Pakai Air Radiator Mobil di Motor Aman ?

Jawabannya adalah satu kata yang simpel bro, yaitu Ya, aman saja bro 😀 . Dalam hampir semua air radiator diberikan zat adiktif yang berfungsi untuk mendinginkan kendaraan. Selain zat adiktif untuk mendinginkan, adapula zat yang digunakan untuk mencegah karat pada radiatornya. Jadi, pada dasarnya air pendingin pada motor dan mobil sama saja bro. Yang terpenting tidak menggunakan air biasa karena dapat menimbulkan karat.

Namun, ada baiknya sebelum menggunakan air radiator mobil kita melakukan flushing dulu bro. Bisa dengan menguras hingga benar-benar habis. Bisa juga menggunakan cairan yang digunakan khusus untuk flushing. Tujuannya agar cairan radiator yang baru dapat berkerja dengan optimal karena tidak tercampur dengan cairan yang lama.


Last.. Itulah jawaban dari pertanyaan apakah Pakai Air Radiator Mobil di Motor aman ?  Selain aman, menggunakan air radiator mobil juga bisa lebih hemat budget apabila penggunaannya benar. Sekain artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – Apakah Pakai Air Radiator Mobil di Motor Aman ?

Referensi : tabloid motorplus edisi 966.

Baca juga artikel yang terkait 😀

adsense-fallback