Review KTM RC250, Torsinya Badak

8
Review KTM RC250 ABS

Review KTM RC250 ABS

RPMSUPER.COM – KTM adalah salah satu brand Eropa yang memiliki brand anthusiast yang lumayan banyak di Indonesia. KTM terkenal di Indonesia tidak hanya pada motocrossnya, tetapi juga pada varian RC dan Duke.

Varian RC dan Duke memiliki kubikasi yang beragam. Mulai dari 200cc hingga yang paling besar 1290 cc pada varian superduke. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan review KTM RC 250. Unit yang saya test ini adalah unit test dari KTM Semarang.

Review KTM RC250

1. Tampilan

Review KTM RC250 ABS

Secara tampilan memang sudah tidak diragukan lagi. Memang secara tampilan jika untuk pasar Indonesia kurang lumrah. Tapi, hal tersebut tidak menjadi masalah karena secara tampilan masih unik bro.

Pada bagian depan terdapat moncong yang berisi lampu utama. Lampu utama sudah menggunakan projector walaupun masih menggunakan lampu berjenis halogen. Pada bagian samping juga tidak kalah ciamik bro.

Pada bagian samping terlihat jelas rangka traliss yang dimiliki oleh KTM RC250. Rangkanya diberi warna orange yang mana adalah warna khas dari KTM itu sendiri. Sedangkan pada bagian jok juha menarik bro.

Untuk bagian jok sekilas tidak terlihat jika ada jok untuk pembonceng karena joknya dikamuflaskekan karena sekaligus menjadi bodi belakang. Yang lebih unik, pada bagian behel bentuknya juga menyatu pada bodi belakang.

Sedangkan untuk bagian belakang tidak kalah garang. Memiliki desain yang keren juga, dengan fender pendeknya. Sisi belakang juga sudah menggunakan full led, baik untuk lampu rem maupun lampu signal turn.

2. Kaki-Kaki
Selanjutnya akan kita bahas kaki-kaki dari KTM RC250. Untuk bagian velg, dia menggunakan velg dengan lebar 3 inchi untuk bagian belakang. Sedangkan untuk bagian belakang dia menggunakan lebar 4 inchi dan sama-sama berdiameter 17 inchi.

Kemudian pada sisi suspensinya menggunakan inverted teleskopik atau yang biasa kita kenal dengan suspense up side down. Suspensi depan KTM RC 250 menggunakan dari WP-Suspensi berdiameter 43 mm yang mana ukurannya cukup besar.

Pada bagian kaki belakang KTM RC250. Untuk lengan ayun atau swing arm KTM RC250 menggunakan jenis “banana” dengan material alumunium. Lalu, untuk suspense dia menggunakan monoshcok dengan unitrack yang dari WP-Suspension juga.

Untuk bantingan suspensinya, saya rasa setingan suspense KTM RC250 dibuat agak stiff atau keras. Bantingan kerasnya terasa disaat melewati jalan yang rusak dan bergelombang. Namun, sebagaia feedbacknya kita mendapatkan handling yang stabil saat di jalan mulus dan untuk menikung.

3. Pengereman KTM RC250 Versi ABS

pengereman ktm RC250
Selanjutnya kita membahas pada pengereman KTM RC250. Pada bagian depan, KTM RC250 menggunakan caliper radial dan tentunya rem cakram dua piston. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan disk brake satu piston.

Kedua rem tersebut sudah terintegrasi dengan system keamanan yang sudah ada di KTM RC250 ini. Sistem kemanan tersebut adalah ABS atau anti lock braking system. Yang mana roda tidak akan mengunci walaupun kita melakukan pengereman dengan keras.

4. Posisi Berkendara
Posisi berkendara KTM RC250 ini sangat membungkuk kalau untuk saya yang tingginya hanya 170 cm-an. Posisi stang menyatu dengan segitiga atas pada motor. Kemudian posisi footstep juga cukup tinggi dan mundur.

Memang dengan posisi yang seperti ini kita tidak akan mendapatkan posisi yang nyaman. Kita harus menahan berat badan pada telapak tangan. Jika kita menggunakan untuk jalan jauh, bahu kita juga akan terasa pegal.

Namun sebagai feedbacknya, kita mendapatkan pengendalian yang agresif dan ringan. Kita menjadi lebih percaya diri dalam melibas tikungan. Tidak hanya itu, saat kita mencoba tuck-in kita akan lebih nyaman dalam memeluk tangki.

5. Performa KTM RC250 ABS

performa ktm rc250
Hal yang paling ditunggu dari review ktm rc250 ini adalah performanya. Performa KTM RC250 ini cukup impresif kalau menurut saya. Untuk spesifikasi mesin KTM RC250 menggunakan kubikasi mesin 250 cc, silinder tunggal DOHC 4 katup.

Untuk tenaga maksimal KTM RC250 ini ada pada 35 daya kuda pada 8.000 rpm. Sedangkan torsinya adalah 24nM pada 7250 rpm . Kemudian tenaga yang dikeluarkan disalurkan ke transmisi manual enam percepatan.

Dengan silinder tunggalnya, tentu saja motor ini akan memberikan torsi yang bagus. Apalagi ditunjang dengan bobot motor yang ringan membuat tarikan dari KTM RC250 ini semakin mendukung.

Powernya mulai keluar saat putaran mesinnya di atas 8.000 rpm. Saat kita membuka gas secara perlahan, kita dapat merasakan saat power mesin disalurkan secara halus. Untuk tranmisi dan suaranya agak keras kalau menurut saya.

Selama menunggang KTM RC250 ini saya akan mengacungi jempol untuk torsi yang dimiliki oleh motor ini. Sedangkan untuk top speed saya tidak bisa mengetahuinya karena situasi dan kondisi yang kurang mendukung.

6. Slipper Clutch KTM RC250
Untuk varian 250 cc ke atas. KTM memberikan beberapa fitur tambahan bro. Yang pertama adalah rem dengan ABS. Kemudian juga ditambah dengan slipper clutch. Lalu bagaimana Slipper Clutch KTM RC250 ?

Kalau menurut saya performa Slipper Clutch KTM RC250 ini sangat mulus bray. Saat saya berada di gear 3 diputaran mesin 8.000 rpm dan saya langsung turunkan ke gear satu secara cepat. Ternyata perpindahannya mulus dan tidak menghentak. Jadi, kita lebih mudah dalam mengontrol laju motor ini.

So kita akan lakukan kesimpulan pada review ktm rc250 dengan memberikan kelebihan dan kekurangan motor ini.

Kelebihan KTM RC250 ABS

1. Torsinya badak
2. Lampu sudah menggunakan projector
3. Slipper clutchnya halus.
4. Handling mantap
5. Fitur lumayan komplit.

Kekurangan KTM RC250 ABS

1. Panas mesin “agak” panas.
2. Posisi berkendara kurang cocok untuk harian.
3. Suara mesin dan perpindahan gigi agak kasar.

So itulah artikel kali ini tentang review KTM RC250. Tentu saja artikel ini hannya opini saya saja dan bisa saja berbeda dengan apa yang sobat rasakan. Silahkan tulis pada kolom komentar bagaimana impresi KTM RC250 menurut kalian. Sekain semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – REVIEW KTM RC250 – MOTOR EROPA MURAH DENGAN TORSI BADAK –

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here