Spesifikasi KTM RC 250 Lengkap

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. KTM adalah produsen sepeda motor yang berbasis di Austria dan India. KTM RC series adalah salah satu produk mereka. Lalu seperti apa Spesifikasi KTM RC 250 ?

KTM sendiri memang dikenal  sebagai produsen yang anti-mainstream. Hal tersebut juga bisa kita lihat dengan Spesifikasi KTM RC 250 yang agak berbeda dengan kompetitornya. Khususnya, dengan pabrikan Jepang.

Spesifikasi KTM RC 250

Tampilan KTM RC250

Secara tampilan memang beda banget dibandingkan dengan motor fairing 250 cc. Menggunakan dual headlamp yang membulat. Lampu ini sudah memiliki projektor walaupun masih menggunakan lampu halogen.

Untuk lampu signal turn sudah menggunakan lampu LED. Dari samping motor ini terlihat persis seperti motor balap. Seat high dari motor ini lumayan tinggi, yaitu 820 mm. Pada bagian samping diekspos rangka tubular berwarna orange khas KTM.

adsense-fallback

KTM RC250 terlihat tidak memiliki jok belakang. Padahal KTM RC20 tetap saja memilik jok belakang. Hanya saja bentuknya dibuat sekaligus menjadi bodi belakang. Walaupun begitu, jok belakang motor ini tetap saja empuk.

Pada bagian tidak kalah seksi, malah menurut saya adalah bagian paling keren dari motor ini. Lampu rem sudah mengunakan led dan desainnya cakep abis. Ukuran fender (spakbor) belakangnya minimalias agar racy-look. Motor ini memiliki tangki yang berukuran 10 liter.

BACA JUGA : Review KTM RC250, Torsinya Badak

Mesin KTM RC250

Berikutnya adalah Spesifikasi KTM RC 250 pada dapur pacunya. Menggunakan mesin 248.8 cc silinder jomblo alias silinder tunggal DOHC 6 perpepatan. Konfigurasi bore x strokenya 72 x 61.mm yang berarti motor ini berkarakter overbore.

Tenaga maksimal KTM RC 250 adalah 31.1 daya kuda pada 9.000 rpm. Torsi maksimal mesin ini adalah 24 Nm pada 7250 rpm. Rasio kompresi mesin ini terbilang tinggi, yaitu 12.5 ; 1. Jenis pendinginan yang digunakan adalah liquid cooled alias menggunakan radiator.

Untuk KTM RC 250, KTM sudah membakli dengan fitur assist slipper clucth. Dengan fitur ini sobat bisa menurunkan gigi secara mendadak walaupun dalam kecepatan dan putaran mesin yang tinggi. Fitur ini juga membantu stabilitas motor saat menurunkan gigi secara ekstrim.

KTM memang sengaja membuat mesin satu silinder untuk motor ini. Sebab, hal tersebut selaras dengan karakter perusahaan ini. KTM awalnya membuat motocross yang  notabene membutuhkan torsi besar.

BACA JUGA : Pakai Slipper Clutch Untuk Harian

Untuk itu KTM RC250 hanya dibuat dalam satu silinder saja. Tujuannya adalah mengejar torsi yang besar. Walaupun sebagai kompensasinya adalah power tidak sebesar motor dual silinder. Selain itu, putaran mesinnya juga tidak bisa setinggi motor multi silinder.

Kaki-Kaki KTM RC250

Suspensi depan KTM RC 250 sudah menggunakan inverted telescopic alias up side down. USD yang digunakana dalah keluaran WP-Suspension dengan diameter suspensi yang cukup besar, yaitu 43 mm.

Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan jenis monoshock. Brand yang digunakan juga sama, WP-Suspension. Profil suspensi ini memiliki stroke 125 mm untuk dpean dan 150 mm untuk suspensi belakang.. Pada bagian lengan ayun atau swing arm menggunakan swing arm banana dengan bahan alumunium.

Pada velg depan menggunakan ukuran 3 inci dengan profil ban 110/70. Sedangkan untuk belakang menggunakan ukuran 4 inci dengan profil ban 150/60. Kedua velg tersebut menggunakan diamter 17 inci.

Ada dua opsi untuk motor ini, yaitu dengan ABS atau Non-ABS. Untuk KTM RC 250 ABS sudah dilengkapi dengan ABS Dual-Chanel. Jadi, rem depan dan belakang terdapat ABS yang tentu saja membuat pengereman lebih maksimal dan amanb.

Untuk rem depan menggunakan cakram ukuran 300 mm keluaran Bosch. Cakram ini dikawal dengan kaliper monoblok dual piton dari Bybre. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan ukuran 230 mm dengan single piston kaliper juga dari Bybre.

TONTON VIDIO PENJELASAN SPESIFIKASI DAN FITUR KTM RC 250 DI YOUTUBE

Dashboard KTM RC250

Untuk bagian stang menggunakan stang jepit yang berjenis clip on handle yang menyatu dengan segitiga atas. Kemudian pada speedometer sudah menggunakan full digital dengan layar monochrome.

Speedometer KTM RC 250 terbilang komplit. Terdapat indikator putaran mesin, kecepatan, level bahan bakar, temperatur mesin dan posisi gigi. Selain itu juga ada multi information display (MID). MID ini terdapat informasi seperti pengingat posisi standar dll-nya.

So itulah Spesifikasi KTM RC 250 2018 untuk pasar Indonesa. Jikalau nanti motor ini ada update yang merubah spesifikasinnya akan ditambahkan atau dibuatkan artikel Spesifikasi KTM RC 250 yang lain – RPMSUPER.COM

adsense-fallback