Ciri-Ciri Kampas Kopling Yang Aus

kopling

RMSUPER.COM –ย Kampas kompling pasti ditemui pada kendaraan yang mnggunakan transmisi manual. Kampas kopling mempunyai tugas menyalurkan tenaga mesin yang dihasilkan sepeda motor dan mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke pemindah daya.

Jika pedal kopling ditekan/diinjak, tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari pemindah daya. Jika pedal kopling dilepas, gaya putar/torsi dari mesin ditransfer oleh pemindah daya ke roda penggerak. Kampas kopling sendiri punya masa pakai yang terbatas. Entah itu menurut waktu maupun jarak tempuh tinggal mana dulu yang mencapai. Bentuk kopling sendiri berbentuk seperti plat besi yang diberi kampas biasanya berbahan dasar fiberglass,s erbuk alumunium,s erbuk tembaga dan resin phenolic.

Nah, sekarang berkesempatan membagi info bagaimana mendeteksi/mencari ciri-ciri yang mulai aus bahkan sudah habis mari kita simak ๐Ÿ˜€

Ciri-ciri kopling aus

1.Akselerasi Lemah

Yup, jika kampas kopling mulai aus otomatif tidak bisa menransfer tenaga dari mesin dengan maka itu akselerasi menjadi lemah. Bahkan cenderung sedikit lemah. Namun ini tidak mempengaruhi top speed, tetapi membutuhkan waktu yang lebih panjang. Misal kita mencapai kecepatan 100km/h saat kampas kopling masih tebal membutuhkan waktu 10 detik. Pada saat kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu 15 detik bahkan lebih.

2.Selip Kopling

Gejala selip kopling akan sering timbul jika kampas kopling sudah mulai aus. Namun hal ini juga dapat disebabkan, ย oleh pemilihan oli yang kurang tepat entah itu terlalu encer atau terlalu lama digunakan. Saat putaran mesin sudah naik, tetapi torsi motor tidak keluar sebagaimana mestinya. Itulah yang disebut dengan selip kopling.

3.Starter Ringan

Cara ini bisa dicoba untuk mendeteksi tingkat keausan kampas kopling, yaitu dengan cara menghidupkan motor menggunakan kick starter. Saat kita melakukan ayunan dikick starter akan terasa ringan atau istilahnya ngelos dan motor sangat susah dihidupkan.

4.Putaran Tinggi

Karena pengaruh akselerasi yang melemah dan kampas mulai licin motor akan sering berada putaran tinggi walau kecepatannya standar. Contoh saat kampas kopling masih tebal mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin 5000rpm. Namun, saat kapas mulai aus untuk mendapatkan kecepatan tersebut membutuhkan puratan 8500rpm.

5.Perpindahan Gigi

Saat kita mengganti perseneling bukannya tenaga yang keluar namun hanya suara raungan motor ๐Ÿ˜€ . Bisa berbahaya bila disamping kita alayers nanti dikita nantangin :mrgreen: . Ini masih ada kaitannya dengan nomor empat bray.

6.Tenaga Berkurang

Cara ini dapat mendeteksi tingkat keausan kampas, yaitu coba masukan ke persneling 4 atau 3 tahan lalu tarik gas secara spontan jika mengalami kenaikan kecepatan yang pas berarti masih bagus. Kalau sudah aus rpm semakin tinggi namun kecepatannya masih rendah .

 


Last.. Mungkin tips yang saya sampaikan ini ada yang salah karena itu hanya sepengetahuan RPM yang masih perlu belajar lagi. Mungkin ada bisa menambahkan. Sekian dari saya siilahkan dikunyah-kunyah mohon kritik dan saran ,semsemoga berguna dan bermanafaaat ๐Ÿ˜€ย (RPM) – RPMSUPER.COM –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )ย  lapak rpmsuper

Baca juga bray

59 Comments

Masukan komentar Anda