Cara Agar Lampu Lebih Terang

Cara Agar Lampu Lebih Terang

Diposting pada

RPMSUPER.COM- Lampu adalah komponen penting dalam hal pencahayaan pada sepeda motor. Apalagi saat malam hari akan sangat berguna bila lampu ini bekerja sesuai fungsinya. Cara Agar Lampu Lebih Terang

Namun, seiringnya berjalan regulasi bahwa lampu utama juga  harus dihidupkan saat siang hari maka para produsen membuat teknologi AHO (Automatic Headlight On) yang katanya membuat usia lampu lebih pendek dan lama-lama membuat cahaya lampu menjadi lebih redup.

Nah, kali ini saya kembali akan berbagi info tentang Cara Agar Lampu Lebih Terang. Baik  dari yang sebelumnya ataupun menjadikan lampu yang redup menjadi kembali sedia kala dan. Cari ini menurut survey yang saya lakukan.

Cara Agar Lampu Lebih Terang

1.Lampu Halogen

Jika sepeda motor anda masih menggunakan lampu jenis bohlam biasa. Anda dapat beralih menggunakan lampu yang berjenis halogen. Kelebihan lampu halogen adalah sinar lebih terang ketimbang jenis lampu bohlam biasa.

Selain itu, sorotan lampunya juga bisa fokus dan tidak membuat pengendara dari arah berlawanan menjadi silau. Harga terjangkau dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah :D . Namun, sekarang saya rasa sudah jarnag motor yang menggunakan jenis lampu bohlam untuk lampu utama.

2.Lampu LED

Lampu jenis ini adalah lampu yang sedang trend digunakan. Selain mempunyai daya yang jauh lebih rendah ketimbang lampu bohlam biasa maupun halogen, juga dapat meningkatkan daya tarik motor (visual).

Lampu LED mempunyai sorot lampu yang lebih fokus dan terang ketimbang lampu bohlam biasa. Usahakan mengaplikasikan lampu LED dengan menyorot ke bawah atau kearah jalan. Tujuannya agar tidak membuat silau pengendara yang berlawanan arah.Untuk harganya juga cukup terjangkau :D .

3.Mengganti Watt

Jika lampu bohlam dirasa kurang terang anda dapat menggantinya dengan daya watt yang lebih besar dari standar motor anda. Namun, jangan memilih yang terlampau tinggi . Misal watt motor adlah 25 watt gantilah dengan daya 35 watt.

Namun, karena membuat beban listrik yang lebih besar bisa juga ditambah mengganti kiprok atau menambahnya .Mengganti daya yang terlalu besar atau jauh dari standar pabrik beresiko membuatt aki cepat tekotr. Mika dan reflektor juga berpotensi untuk memeleh (pada lampu halogen dan HID).

Bisa juga mengganti watt yang lebih kecil misal dari 35 watt menjadi 25 watt. Cahaya akan lebih terang. Namun, karena daya yang masuk lebih besar dapat beresiko pada lampu yang lebih cepat putus.

4.Cek Aki

Aki adalah otak dari arus listrik pada sepeda motor. Aki merubah dari cairan menjadi arus listrik.U ntuk yang menggunakan aki basah silahkan dicek apakaah masih bagus. Jangan lupa mengisi cairannya secara berkala. Sedangkan untuk aki kering bisa dicek apakah aki masih layak untuk dipakai atau tidak. Biasanya umur aki kering 2-3 tahun untuk pemakaian normal

5.Kiprok

Cara Agar Lampu Lebih Terang selanjutnya ada pada kiprok. Jika lampu masih bagus anda dapat menggunakan dua kiprok sekaligus dalam satu motor untuk info lebih rincinya bisa dicek ke suhu yang lebih berpengalaman :D klik disini .

Jika tidak, sobat juga dapat menggunakan kiprok ukuran yang lebih besar. Tujuannya agar hambatan daya listrik bisa lebih berkurang yang mengakibatkan cahaya lebih terang. Selain itu juga menghintari arus yang tidak stabil/

6. Gulungan Spull

Jika lampu masih bagus dan juga kiprok sudah memilik daya hambat yang rendah. Namunn, cahaya yang dihasilkan masih belum terang. Sobat bisa di cek gulungan spull pada sepeda motor anda. Sebabm spull (magnet) adalah penghasil daya aliran listrik pada motor dan juga untuk mengisi aki (mungkin pada motor arus DC) .

7. Lampu Cree dan Luxeon

creeKedua jenis lampu ini sebenarnya masih merupakan keluarga dari lampu LED. Namun lampu Cree atau Luxeon ini dapat ditambahkan pada bodi luar untuk menambah terang pencahayaan membantu peran lampu utama. Harganya juga cukup terjangkau yaitu 200-300 ribu rupiah tergantung model,watt dll :D .

9.Bersihkan Mika dan Reflektor

mika

Ini adalah Cara Agar Lampu Lebih Terang yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah anda, yaitu dengan membersihkan mika lampu dan juga reflektornya. Untuk reflektor sendiri cukup dibilas dengan air kemudian dikeringkan. Sedangkan untuk mika motor membersihkannya dapat menggunakan pasta gigi lalu dibilas hingga bersih.

Tips diatas hanyalah opini pribadi dari RPM sendiri dan kemungkinan memang mempengaruhi terangnya cahaya pada motor anda,mungkin ada yang mau menambahkan ?.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat :D (RPM). RPMSUPER.COM –  Cara Agar Lampu Lebih Terang –

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

72 thoughts on “Cara Agar Lampu Lebih Terang

  1. kalo yang point menambah watt saya kira itu kebalik mas bro.. justru mengganti waat yang lebih kecil akan tambah terang karena watt dari spull lebih besar dari watt lampunya. namun umur lampu akan semakin pendek. tapi kalo watt lampu lebih besar dari watt dari spull lampu akan sedikit redup. Karena daya dari spul tidak mampu menyuplai secara max. 25 watt jangan di ganti dengan 35. kalo 25 coba ganti dengan 20 atau 18. sekali-kali di coba aja mas bro.. saya dah habis 6 bholam untuk mencari yang terang.

    1. setuju banget om, salah kalo mau terangin pake lampu watt lbh besar, lampu motor kan beda sama lampu rumah, hahaha

      1. Ya nggak lah bro… masa salah ? Semakin besar watt jelas makin terang, makin panas dan makin besar membutuhkan arus listrik, Intinya kalo mau terang watt di gedein, reflektor di ganti dg yg tahan panas, dan arus listrik di sesuaikan, seperti contohnya mengganti dg menggunakan lampu mobil berdaya 55/60 watt… Ini pasti lbh terang dg lampu standar 25 or 35 watt… tp semua hrs di sesuaikan alias tidak PnP

          1. Hehehe akinya di gedein bro, dan rubah kelistrikan menjadi full DC kalo masih menganut sistem AC…

  2. mo nambahin boss biar nambah terang tpi irit ddompet
    caranya lampu halogen dikerik ujungnya yg warna doff pake cutter krn nambah terang 15-20%
    trus bisa ganti lampu yg wattnya lebih gede,tpi dgn syarat lampu2 lain ganti lampu led,misal lampu rem,lampu spido,lampu senja
    jdi aki tetep kuat& awet

Silahkan Masukan Komentar