Stiker Anti Embun Kaca Helm

Review Stiker Anti Embun Kaca Helm

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Riding menggunakan sepeda motor memang salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, visor helm yang berembun mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas Review Stiker Anti Embun Kaca Helm.

Kaca helm yang mengembun terjadi karena adanya perbedaan  suhu antara sisi dalam helm dengan lingkungan luar. Hal ini akan sangat terasa pada pengendara yang menggunakan helm fullface. Terlebih jika saat berkendara saat hujan. Kalau kaca di tutup tidak kelihatan,  sedangkan kalau kacanya dibuka serasa totok wajah.

Pada artikel terdahulu saya sudah bahas berbagai cara untuk mengatasi kaca helm yang mengembun.  Salah satu cara yang cukup awet dan murah adalah dengan menggunakan Stiker Anti Embun Kaca Helm.

Review Stiker Anti Embun Kaca Helm

Spesifikasi dan Harga Stiker Anti Fog

Produk ini di nama Anti Fog Film For Helmet. Untuk mereknya saya kurang tahu karena tulisannya dari Bahasa Cina. Yang berarti produk ini adalah produksi dari China. Dalam paket penjualannya terdapat 1 buah stiker anti fognya, ada stiker untuk membersihkan debu dari kaca helm.

Selanjutnya ada tisu pembersih untuk membersihkan kaca. Sayangnya saat saya beli tisunya sudah mengering jadi tidak terlalu berguna. Kemudain ada juga alat bantu untuk meratakan stiker di permukaan helm. Untuk harga stiker anti fog ini saya beli 30 ribuan. Saran saya sobat beli merek yang lebih bagus karena lem dari stikernya sangat terlihat dan mengurangi estetika.

BACA JUGA : 3 Solusi Kaca Helm Mengembun

Cara pasang Stiker Anti Fog Helm

Cara pasang Stiker Anti Fog Helm

Produsennya mengklaim bahwa stiker ini bisa digunakan pada semua jenis kaca helm. Kecuali kaca model buble atau cembung yang sangat keluar. Namun, setelah saya melihat review-review pembeli lain yang dipasang pada model kaca non-flat visor. Stiker ini tidak bisa menempel secara sempurna. Antara bangian tengah stiker tidak menempel dengan baik atau sisi lain yang tidak bisa menempel secara maksimal. Jadi saya sarankan hanya dipasang pada helm dengan visor datar atau flat.

Cara pemasangannya sangat mudah bro. Agar lebih leluasa dalam proses pemasangan bisa lepas dulu visor dari helm. Stiker ini menggunakan lem sebagai perantara pemasangan. Bersihkan kaca helm agar tidak ada debu dan kotoran lainnya. Hal ini juga untuk memperkuat lem yang ada pada stiker anti embun ini.

Sebelum dipasang saran saya berikan titik-titik untuk pemasangannya agar benar-benar pas di tengah pandangan saat berkendara. Pasangnya pada bagian dalam kaca helm ya, jangan sampai salah. Kemudian pasangkan perlahan sesuai tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Tempelkan stiker anti embun helm dari bagian tengan kemudian ke arah kanan dan kiri. Setelah itu ratakan dengan alat yang sudah tersedia pada paket penjualan.

MUNGKIN RELEVAN : Helm Fullface Harga Rp 500.000 an

Review Stiker Anti Embun Kaca Helm

Saat artikel ini ditulis, saya sudah menggunakannya kurang lebih 6 bulan pada helm-helm saya. Saat awal-awal penggunaan, stiker anti fog helm ini cukup efektif. Memang tidak bisa menghilangkan 100% embun pada helm tertutama saat motor berhenti. Namun sudah sangat berguna saat riding kondisi dingin ataupun hujan.

Lama-kelamaan kemampuan mengahalangi embun semakin menurun. Sekarang saat digunakan dalam kondisi dingin embun masih bisa hadir. Terutama saat berkendara dengan pelan ataupun saat berhenti. Jika boleh saya beri presentase, saat baru fungsinya sampai 85%. Sekarang ini menurut saya tinggal 50% saja.

Mungkin karena harganya yang sangat murah jadi kualitas yang diberikan seadannya. Apabila kita ganti setiap 6 bulan saya rasa masih worth to buy. Namun, apabila sobat ingin fungsinya lebih maksimal bisa menggunakan anti fog model lainnya, misalnya pakai anti fog dari pinlock. Selain itu, lemnya juga membekas pada kaca helm. Jika mau membersihkannya harus hati-hati agar kaca helm tidak tergore.

Rating Stiker Anti Embun Kaca Helm
  • Fungi : 3,5/5
  • Harga : 5/5
  • Durabiliti : 3/5
  • Overal : 3,8

Silahkan Masukan Komentar