Review Honda ADV 150.
Review Honda ADV 150. by rpmsuper.com

Review Honda ADV 150. Matic Siap Berpetualang

Diposting pada

RPMSUPER.COM – ASTRA HONDA MOTOR memiliki banyak sekali line up motor. Bahkan setiap ceruk pasar mereka memiliki produknya. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Review Honda ADV 150. Matic Siap Berpetualang. Beserta apa saja kelebihan dan kekurangan dari motor ini.

BACA JUGA l Review Helm ADV 150 Versi Apparel

Review Honda ADV 150. Matic Siap Berpetualang

Sekarang ini sedang hebohnya melakukan eksplorasi dengan motor atau sering kita sebut dengan trabas. Namun tida semuanya mau trabas dengan kondisi ekstrim dan menggunakan motor trail. Untuk itu, Honda ADV 150 ini masuk untuk mengisi pasar rider yang ingin memiliki motor untuk eksplorasi tetapi juga nyaman untuk digunakan harian. Saya menggunakan unit yang sudah disediakan oleh Astra Motor Center Semarang.

Posisi Berkendara

Motor ini memiliki posisi berkendara yang tinggi. Sedangkan untuk segiti berkendaranya membuat kita nyaman sehingga tidak mudah capek. Untuk perjalanan yang lumayan jauh dengan jalan yang terjal tetap membuat saya betah di atas motor ini.

Bagi saya yang memiliki tinggi 172 cm sedikit menjinjit. Bukan seat highnya yang terlalu tinggi. Tapi karena busa jok yang cukup melebar. Sama seperti halnya PCX 150, motor ini memiliki dua tempat pijakan kaki depan. Sobat bisa menempatkan kaki pada umumnya motor untuk mendapatkan handling yang lebih baik. Bisa juga meluruskan kaki atau selonjoran untuk berkendara yang lebih santai dan nyaman.

Handling

Kelebihan Honda ADV 150
Honda ADV 150 abu-abu at Umbul Sidomukti

Sebagai motor advanture handling adalah salah hal yang sangat penting. Motor ini menggunakan stang model terbuka tidak seperti pada motor matik pada umumnya. Tidak hanya itu, stangnya sendiri juga menggunakan model baplang. Posisi berkendaranya yang tinggi membuat kita lebih pede dalam melibas setiap medan jalan.

Baik suspensi depan dan belakang memiliki kombinasi yang pas. Tidak terlalu empuk sehingga saat kita gunakan berkendara pada jalan raya menjadi lebih stabil. Namun pada sisi lain juga tidak terlalu keras sehingga untuk melibas jalanan yang rusak tetap nyaman.

Nah, kebetulan sekali saya dapat mencoba motor ini pada jalanan yang kombinasi. Kadang melalui jalan raya yang mulus. Banyak juga melalui jalan yang rusak dengan banyak kerikil. Kedua medan ini bisa saya lalui dengan nyaman tanpa ada kendala sama sekali. Ban dual purposenya juga sama-sama nyaman saya gunakan untuk jalan yang bagus dan jalan yang rusak.

BACA JUGA : Perbedaan Mesin PCX 150 dan PCX 160. Lebih Bertenaga !

Mesin

Review Honda ADV 150 pada sisi mesin. Mungkin untuk mesin bukan menjadi titik poin utama untuk motor ini. Mengusung mesin berkubikasi 150 cc SOHC dengan dua klep. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 14,5 PS pada 8.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimalnya ada pada angka 13,8 nm pada 6.500 rpm.

Saya gunakan motor ini untuk naik ke umbul sidomukti dan wisata I’ampel gading homeland. Yang mana kedua jalanan yang ada memiliki tanjakan yang cukup curam. Namun, tidak ada kendala untuk melalui medan jalan ini. Hanya saja memang tidak terlalu responsif saat digunakan untuk menanjak seperti ini.

Untuk pemakaian jalan raya yang cenderung datar. Delivery tenaganya cukup halus, tetapi lagi-lagi tidak terlalu responsif saat gas dibuka secara mendadak, laju motor menambah dengan landai. Menurut saya bukan masalah karena dengan motor seperti ini bukan untuk mencari speed.

Konsumsi bahan bakar Honda ADV 150 ini saya tidak meriewnya terlalu dalam. Karena unit yang saya gunakan berbeda-beda karena bergantian dengan rekan blogger lainnya. Namun, hal yang bisa saya catat adalah iritnya kebangetan. Bahkan rekan saya dengan mudah mendapatkan angka komsumsi bahan bakar di atas 50 km/liter. Yang berarti irit banget sob.

Pengereman

Selanjutnya kita bahas pengeremannya untuk Review Honda ADV 150 ini. Motor ini sudah mengadopsi rem cakram untuk rem depan dan belakang. Unit yang saya review kali ini adalah yang versi CBS atau bukan yang versi ABS.

Untuk daya pengeremannya sendiri menurut saya sudah lebih dari cukup untuk mengurangi atau menghentikan lajur dari motor ini. Daya pengeremannya juga cukup lembut sehingga brake dive pada motor ini tidak terlalu terasa. Jika sobat memiliki budget lebih bisa mengambil yang versi ABS untuk kenyamanan dan keamanan ekstra dari motor ini.

Utilitas

Ketika melakukan perjalanan baik jauh maupun dekat kita memperlukan utilitas yang bagus. Motor ini memiliki bagasnya yang sangat luas. Sehingga dapat menampung keperluan kita saat berkendara seperti jas hujan. Pada bagian dashboard kiri juga masih terdapat laci berukuran sedang untuk menyimpang barang yang lebih kecil. Tidak hanya itu, pada penyimpanan ini juga terdapat power outlet untuk mengisi daya seperti smartphone. Namun masih memerlukan adaptor untuk menggunakannya.

Kelebihan Honda ADV 150

  • Desain Keren
  • Fitur lengkap
  • Posisi berkendara nyaman
  • Bagasi luas
  • Hemat bahan bakar

Kekurangan Honda ADV 150

  • Mesin kurang bertenaga
  • Power outlet masih butuh adapter

Silahkan Masukan Komentar