Honda CBR250RR SP
Review Honda CBR250RR SP

Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR250RR SP

Diposting pada

RPMSUPER.COM – CBR250RR dikenal sebagai salah satu motor yang memiliki performa tinggi. Tidak hanya itu, secara tampilan motor ini masih memiliki auranya tersendiri. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR250RR SP.

Sebenarnya saya ingin membuat review tentang motor ini. Tapi, secara basis tidak terlalu berbeda dengan versi standar yang pernah saya coba sebelumnya. Namun, cukup menarik apa yang ditawarkan pada motor ini dibandingkan dengan versi bawahnya. Motor ini adalah unit tes dari Astra Motor Semarang.

BACA JUGA : Review Honda CBR250RR Standar

Kelebihan CBR250RR SP

Kelebihan CBR250RR SP

SP sendiri adalah versi paling atas untuk trim Honda CBR250RR. Ada beberapa penambahan fitur dan juga pilihan warna. Lalu apa saja kelebihan dari motor ini?

Desain

Secara tampilan sejak dikenalkan pada pasaran belum ada perbedaan. Namun, hingga sekarang aura motor ini masih menjadi ciri khasnya tersendiri. Desainnya yang sangat agresif ternyata tidak mudah pudar seiring perkembangan jaman.

Saya yang terkesima saat melihat motor secara langsung. Saat kemarin berkesempatan untuk menungganginya lagi masih memiliki impresi yang sama. Apalagi versi yang saya gunakan adalah varian warna yang paling keren menurut saya. Jadi tidak usah khawatir motor ini akan terlihat kuno pada jangka waktu yang panjang.

Mesin

Untuk mesin mungkin masih yang terbaik untuk kelas 250 CC dual silinder. Mesin ini tidak hanya asal kencang, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur advance. Sebut saja 3 mode berkendara yang dapat sobat sesuaikan dengan kebutuhan. Saat ingin santai atau mungkin riding saat kondisi hujan bisa menggunakan mode comfort.

Sedangkan untuk setting defaultnya adalah mode Sport. Jika sobat sedang ingin berkendara dengan agresif dapat menggunakan mode sport+. Dengan mode ini memungkinkan mesin untuk menyalurkan tenaga terbaiknya secara responsif.

Quich Shifter dan Slipper Cltuch. Kombinasi maut

Honda CBR250RR SP terdapat fitur Quick Shiter (QS) dan Slipper Clutch (SC). Bukan sembarang QS, tetapi QS up dan down. Dengan adanya fitur ini memungkinkan kita untuk memindahkan gear tanpa harus menarik tuas kopling. Memang keuntungannya apa? dengan adanya fitur ini membuat akselerasi jauh lebih cepat karena tidak kehilangan momentum untuk menarik gear.

Namun, agar nyaman saat digunakan jangan asal menaikkan gear. Bila sobat ingin mendapatkan perpindaha gear yang halus bisa berpindah gear mulai dari 6.000 rpm. Jika berada di bawah itu maka motor masih terasa melompat. Juga jangan menutup gas setelah menaikan gear.

Sedangkan untuk penuruna gear dapat dilakukan pada putaran mesin mana saja. Mau putaran rendah maupun putaran tinggi tidak ada perpedaan yang signifikan. Bahkan kita juga masih bisa melakukan rev up saat menurunkan gear. Apabila sobat menurunkan gear dalam putaran tinggi, mesin otomatis akan melakukan rev up.

Yang menjadi kombinasi maut transmisi Honda CBR250RR SP ini adalah juga sudah disematkan dengan assist and slipper clutch. Fungsi utama fitur ini adalah mencegah roda belakang mengunci saat menurunkan gear pada putaran mesin yang tinggi. Sehingga motor pengendara bisa melakukan pengendalian motor dengan mudah. Apalagi sudah ada QC down sehingga juga tidak memerlukan kopling. Dua kombinasi ini dapat men-deselarasi motor dengan lebih cepat,

Masih seputar SC, fitur ini juga memiliki kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah dengan membuat tuas kopling menjadi sangat ringan. Bahkan jauh lebih ringan dibandingkan dengan motor saya yang hanya 160 cc. Walaupun saat motor beralan tidak terlalu perlu menggunakan kopling. Tapi akan sangat berguna saat kondisi jalanan yang macet sehingga tidak membuat tangan menjadi pegal.

ABS Dual Chanel

Perbedaan Perbedaan Honda CBR250RR standar dan SP adalah pengeremannya. Motor ini sudah menggunakan sistem pengereman dengan ABS (Anti-lock Braking system). Fitur ini akan mencegah roda dari penguncian saat melakukan pengereman keras atau mendadak karena dapat sangat berbahaya.

ABS pada motor ini juga sudah mengadopsi dua chanel ABS. Yang berarti baik rem depan maupun rem belakang sudah terdapat sistem keselamatan ini. Untuk sistem pengeremannya sendiri saya rasa sangat-sangat pakem. Sebab, mampu mengurangi laju motor secara efektif.

Handling

Dengan mengusung tagline “Total Control” tentu saja bukan tanpa asalan. Menggunakan suspensi yang cukup premium, yaitu suspensi up side down dari Showa. Juga swingn arm banana yang secara spesifikasi mampu menignkatkan handling dan kestabilan motor.

Suspensi ini memang sedikit kaku yang mana memang sesuai dengan desain awal motor ini. Namun, kita mendapatkan handling yang begitu baik. Selain itu juga stabil apabila digunakan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi.

BACA JUGA : CBR 250RR Harga 125 Juta Rupiah

Kekurangan Honda CBR250RR SP

Kekurangan Honda CBR250RR SP
CBR250RR SP Review

Ban Kurang Memadai

Sayangnya tidak ada Perbedaan Honda CBR250RR standar dan SP. Masih sama-sama menggunakan Ban IRC yang bukan level tinggi. Memang kita aman dari rem yang mengunci saat melakukan pengereman. Hanya saja saat melakukan manuver ban bawaan motor ini menurut saya kurang memadai. Hal yang perlu sobat lakukan pada motor ini adalah mengganti ban dengan yang lebih baik.

Panas Mesin

Untuk hal ini mungkin sudah menjadi kekurangan umum untuk motor sport fairing bukan hanya kekurangan CBR250RR SP saja. Terutama saat kita berkendara dalam kondisi macet dan cuaca yang terik. Jangan khawatir karena motor ini sudah memiliki sistem pendinginan radiator yang memadai. Hanya saja memang sedikit terasa hawa mesin jika benar-benar kita perhatikan.

Harga

Semua fitur yang ada pada CBR250RR SP tentu saja tidak hadir secara gratis. Harga Honda CBR250RR SP dengan QS dan SC warna racing red ini mencapai Rp 77 jutaan. Bila kita bandingkan dengan versi terbawah yang hanya Rp 61 jutaan. Sobat bisa pertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan fitur Quick Shifter dan Slipper Clutch ini.

Silahkan Masukan Komentar