Tips Merawat Radiator Motor

marcellino    

RPMSUPER.COM – Sistem pendinginan pada sepeda motor adalah salah satu pendukung kinerja sepeda motor agar motor selalu prima dan tidak mengalami overheat. Sistem pendinginan mesin ada tiga yaitu pendingin udara ( air cooler / AC alami :mrgreen: ) , penginginan dengan oli ( oil cooler ) dan berpendingin cairan ( liquid cooler)  .

Pendinginan tipe cairan atau sering disebut dengan radiator sekarang sudah sering kita jumpai pada motor-motor sekarang dari berbagai merk dan tipe. Pengininan tipe cairan ini memiliki kelebihan yaitu lebih stabil dalam mendinginkan mesin. Dikarenakan dalam posisi berhenti juga dapat mendinginakan mesin dengan kipas yang berputar. Saat motor melaju bisa ditambah dengan hembusan udara .

Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas tentang tips merawat radiator pada sepeda motor, dan bisa lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel dan perawatan dilakukan harus rutin juga . Yuk kita bahas bersama  😀

1.Bersihkan / Cuci Radiator

cuci

Hal ini adalah cara paling mudah yaitu cukup mencuci radiator secara berkala dan bisa dilakukan bersamaan saat sobat sedang mencuci motor. Perangkat yang dibutuhkan hanya sikat (yang lembut) / kuas, dan sabun. Sikat mengikuti dengan alur sirip radiator dan semprot dengan air tegangan rendah ( jangan disemprot dengan air tegangan tinggi ) .

2.Perhatikan Sirip Radiator

sirip
Pict : cicakkreatip.com

Sirip-sirip pada radiator ini berfungsi untuk mengalikan cairan pendingi yang ada di dalam tabung reservoir, perhatikan apakah ada sirip yang tertekuk atau tidak semestinya  seperti foto diatas. Jika sudah terlanjur cara memperbaiknya cukup mudah yaitu siapkan obeng min (-) lalu betulkan lagi siripnya 😀 .

3.Cek Tabung cairan cadangan (Reservoir)

Periksalah ketinggian cairan jangan sampai berada digaris lower. Jika sudah mencapai hal tersebut silahkan untuk menambah cairan radiator atau menggantinya 😀 . Tapi, jangan sampai melebihi garis upper ya bro.

4.Isi Cairan Secara Berkala

Isilah secara berkala cairan pendingin pada motor anda .Untuk waktu penggantian waktu normal adalah 8000 km untuk skutik dan 10000 untuk motorsport. Isi cairan sampai batas upper dan ganti cairan sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. Yang paling pentinga jangan diisi dengan menggunakan air biasa. Dikarenakan cairan pendingin yang dibuat sudah sesuai kebutuhan motor untuk mendinginkan mesin dan mencegah karat di dalam radiator .

5.Cek Kerusakan

Periksalah setiap bagian radiator pada motor sobat apakah terjadi kebocoran atau tidak jika terjadi kebocoran periksa dan segera perbaiki atau sobat akan kehilangan banyak cairan pendingin yang akan terbuang sia-sia 😮 . Biasanya yang menyebabkan kebocoran / rembes adalah seal radiator yang sudah tidak bagus .

6.Menggunakan Pelindung Radiator

marcellino

Menggunakan pelindung radiator atau cover radiator sebenarnya perlu karena dapat melindungi radiator dari kril-krikil kecil yang terlontar dari jalan. Namun , pilihlah cover radiator yang banyak rongganya dan tidak menutup radiator agar tidak menggangu sistem pendinginan. Selain itu , lepas secara berkala cover radiator untuk dibersihkan, bisa saja kotoran menumpuk pada sela-sela cover radiator .

 

7.Semprot Kipas

kipas
pict : http://streetfire-150.blogspot.com/

 

Salah satu pendukung sistem pendinginan radiator adalah fan/kipas. Kipas akan berputar untuk membantu mendinginkan mesin. Rawatlah kipas dengan ikut mencucinya dan semprot dengan anti karat pada bagian as kipas .

Last…merawat radiator cukup mudah dan murah kan sobat ? Hanya dibutuhkan perawatan rutin saja agar radiator tetap prima ,karena jika radiator prima motor sobat akan terhindar dari overheat . Sekian artikel kali ini jika ada keslahan mohon koreksinya ,semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER.COM

Baca juga bray

8 Comments

Masukan komentar Anda