RPMSUPER.COM – Agar dapat berfungsi secara optimal. Sepeda motor membutuhkan perawatan berkala. Service motor umumnya dilakukan di bengkel. Baik itu bengkel umum maupun bengkel resmi. Namun, pada kesempatan kali ini akan saya bahas bagaimana cara Servis Motor di Rumah.

Servis motor sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang susah. Perlu ketrampilan tertentu dan alat-alat juga. Namun, jika servis motor di bengkel sering kali menguras waktu. Tapi sobat juga bisa servis motor sendiri di rumah. Metode ini sama dengan servis yang dilakukan di Planet Ban.

Servis Motor di Rumah

Lalu bagaimana service motor sendiri di rumah? Caranya gampang banget bro, tidak perlu banyak alat. Servis Motor di Rumah Cukup kunci shock untuk membuka baut tap oli. Kemudian tang untung membuka tutup oli atas. Kemudian juga siapkan engine flush dan carbon cleaner untuk motor. Kedua hal ini sebelumnya sudah saya bahas secara terpisah.

Karena saya pernah melakukan service motor di planet ban. Jadi saya tahu bagaimana metode servis yang dilakukan. Jika memiliki alat yang memadai, tidak sampai 15 menit bisa selesai. Cara Servis Motor di Rumah ini hemat waktu dan biaya. Yuk langsung kita bahas.

Siapkan Engine Flush dan Oli

Engine flush sendiri berfungsi untuk membersihkan dalam mesin. Seiring penggunaan akan ada kotora-kotoran dalam mesin. Misalnya sludge atau lumpu, dan juga garam logam.

Untuk produk dan mereknya ada sangat banyak. Mulai dari prestone, jumbo, master dan lainnya. Namun, kali ini saya menggunakan produk dari autofit. Harga engine flush autofit ini hanya Rp 15.000 saja. Dapat digunakan pada motor dengan kapasitas oli hingga 1 liter.

Cara Pakai Engine Flush AutoFit

Cara Pakai Engine Flush MOTOR

Cara Pakai Engine Flush AutoFit cukup mudah. Siapkan dulu kunci shock dan tang untuk membuka baut dan penutup oli. Kemudian siapkan juga corong untuk memasukan oli. Untuk motor saya menggunakan baut tap ukuran 12 mm.

Kemudian kendurkan dulu baut tap oli. Tapi jangan sampai ada oli yang keluar atau merembes. Tujuannya agar mempermudah melepas baut tap oli.

Lalu tuangkan Engine Flush AutoFit pada mesin. Jangan lupa ditutup kembali dengan rapat. Selanjutnya hidupkan mesin selama 8 menit. Tidak perlu digeber atau ditahan pada rpm tertentu. Cukup hidupkan motor dalam keadaan langsam atau idle. Yang penting jangan digunakan untuk berkendara. Alias motor harus dalam keadaan diam.

Untuk Cara Pakai Engine Flush AutoFit bisa saja berbeda dengan merek lain. Jadi tetap baca aturan pakainya ya. Kebanyakan sudah disediakan pada kemasan produk. Karena setiap produk memiliki caranya masing-masing.

Jika langsung buka baut tap oli dan kuras oli hingga bersih. Apabila sudah selesai pasang kembali baut tap oli. Kemudian ganti oli seperti biasa ke dalam mesin.

BACA JUGA :

Bersihkan Mesin Dengan Carbon Cleaner

Cara Servis Motor di Rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan carbon cleaner. Seiring penggunaan, motor akan meninggalkan kerak. Biasanya akan menempel pada bagian piston ataupun klep. Terlebih untuk motor yang sudah berusia di atas 3 tahun. Juga berlaku untuk motor dengan kilometer yang sudah tinggi.

Cairan carbon cleaner ini idenya adalah mengangkat kotoran dalam mesin. Kemudian dibuang secara langsung melalui knalpot. Memang tidak akan sebersih saat melakukan turun mesin. Tapi lumayan untuk mengurangi kotoran dalam mesin. Apalagi tidak perlu bongkar-bongkar motor. Lebih hemat waktu dan biaya bro.

Cara Pakai Carbon Cleaner

Cara Pakai Carbon Cleaner motor

Cara Pakai Carbon Cleaner juga tidak kalah mudahnya. Lagi-lagi untuk produk bebas sobat memilih sesuai selera. Saya menggunakan AutoFit Super Injector Cleaner. Meskipun namanya injektor cleaner, tetapi bisa digunakan pada motor karburator. Juga bisa membersihkan saluran pembakaran motor.

Cara Pakai Carbon Cleaner AutoFit ini cukup tuangkan ke dalam tangki motor. Untuk takarannya satu botol 60 ml untuk 0,5 hingga 8 liter bahan bakar. Karena motor saya kapasitas tangki 12 liter. Jadi saya menggunakan dua buah botol AutoFit Super Injector Cleaner.

Untuk harga AutoFit Super Injector Cleaner adalah Rp 25.000 botol. Jadi totalnya 50 ribu untuk dua botol. Saran saya mengunakan carbon cleaner seperti ini saat tangki hampir kosong.

Ada baiknya setelah menuangkan AutoFit Super Injector Cleaner ini langsung mengisi penuh bahan bakar. Agar cairannya dapat bercampur baik dengan bahan bakar.

Untuk penggunaan AutoFit Super Injector Cleaner tidak boleh terlalu sering. Pihak autoFit sendiri menyarankan setiap 5.000 km saja.

Biaya Servis Motor di Rumah

Lalu berapa biaya service motor sendiri di rumah yang diperlukan.  2 produk utamanya sendiri hanya Rp 15.000 tambah Rp 50.000. Jadi total biaya service motor di rumah adalah Rp 65.000. Jika kita lakukan ini setiap 5.000 km. Kita hanya perlu mengeluarkan Rp 13/ km untuk perawatan motor.

Sedangkan untuk biaya lain seperti oli dan bahan bakar adalah relatif. Pilihan oli kembali ke referensi sobat masing-masing. Begitu juga untuk penggunaan bahan bakar untuk motor sobat.

Apabila sobat tertarik untuk mencoba produk Engine Flush dan Injector Cleaner dari AutoFit. Sudah saya sediakan link pembeliannya via Shopee. Jika sobat hendak membeli produk lain juga tidak ada masalah.

RPMSUPER.COM – 2 Cara Servis Motor di Rumah

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar