Tips Upgrade Ukuran Ban di Velg Standar

0
ganti ukuran ban
ganti ukuran ban
sumber : otomania.com

RPMSUPER.COM – BAN adalah perangkat yang berbahan dasar karet yang melingkari velg pada kendaraan. Fungsinya digunakan untuk mengurangi guncangan akibat jalan yang tidak rata. Kemudian, bisa juga meningkatkan pengendalian dan kestabilan kendaraan (sumber wikipedia). Ban juga akan memberikan traksi agar kendaraan dapat dikendalikan. Ukurun lebar dan  dan diameter ban sudah disesuaikan dengan jenis dan ukuran sepeda motor. Namun, tentu saja sebagai manusia yang tidak pernah puas banyak orang yang mengganti ukuran ban standarnya. Ada orang yang memerbesar ukuran ban dan ada juga yang mengecilkan ukuran ban yang mereka gunakan. Nah, banyak juga orang yang memerbesar ukuran ban karena tidak puas dengan ukuran ban yang standar. Biasanya karena dianggap kurang gagah atau motor jadi terlihat kurus jika menggunakan ukuran ban standar. Dalam mengganti ukuran ban, ada orang yang mengganti satu set dengan velg yang memiliki ukuran lebar. Tapi, ada juga orang yang mengganti karet bundarnya saja tanpa mengganti velg asli motor. Memperbesar ukuran ban di velg standar memang menjadi alternatif yang lebih murah. Seperti yang kita tahu, rata-rata velg aftermarket yang memiliki ukuran lebih lebar memiliki harga yang lebih mahal. Namun, mungkin ada yang masih bingung berapa ukuran maksimal dalam memperbesar ukuran ban di velg standar. Pada artikel kali ini saya akan memberikan Tips Upgrade Ukuran Ban di Velg Standar.

Tips Upgrade Ukuran Ban di Velg Standar

Dalam mengganti ukuran ban di velg standar ada batasan yang dianjurkan bro. Hal ini ditujukan agar ban tidak terlihat “mendonat” karena ukurannya yang terlalu lebar di velg standar. Ban yang mendonat juga akan memberikan kekurangan pada saat penggunaan. Misalkan, penggunaan yang tidak merata. Hal itu menyebabkan habisnya ban tidak merata. Jadi, pada bagian tengah sudah habis, sedangkan pada sisi pinggir kanan-kiri masih utuh. Selain itu, menggunakan ban yang mendonat juga kurang bagus secara estetika. Jika digunakan juga kurang nyaman, apalagi digunakan untuk melahap tikungan juga kurang nyaman. Lalu, berapa ukuran yang tepat dalam memperbesar ukuran ban di velg standar ?

“Baca juga : Jenis Alur Pada Ban. Ternyata memiliki tujuan yang berbeda-beda

Ukuran yang banyak direkomendasikan oleh orang-orang adalah naik dua step dari ukuran ban standar. Maksud dari naik dua step misal ukuran ban Anda berukuran 100/70 maka naik dua step menjadi 120/70. Dengan naik hanya dua step, ukuran ban masih akan terlihat proporsional. Selain itu, tidak akan mengganggu performa motor. Biasanya jika mengganti ban yang lebih besar akan mengurangi akselerasi motor. Terakhir, tidak akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

membaca angka di ban
sumber : otokawan .com

Jika naik dua step tapi ban masih mendonat. Sobat bisa mengakali dengan mengganti tinggi ban yang lebir rendah. Misal pada ban ukuran 120/70. Berarti ban tersebut memiliki tinggi 70% dari lebarnya yang berukuran 120 mm. Anda bisa menggantinya dengan tinggi yang lebih rendah bila memang menungkinkan. Perhatikan juga faktor lainnya yang kemungkinan akan terganggu bila mengganti ukuran ban. Pada ban depan perhatikan apakah ukuran ban yang akan diganti tidak bergesakan dengan suspensi depan dan spakbornya. Sedangkan pada bagian belakang dicek apakah bergesekan dengan swing arm dan rantai atau masih aman.

” Baca juga : Jangkwa waktu yang tepat dalam menggati ban


Last… itulah Tips Upgrade Ukuran Ban di Velg Standar agar terlihat lebih proporsional dan tidak mengganggu performa motor. Kemungkinan pada motor yang berbeda akan berbeda kondisinya. Jadi harus lihat kondisi pada motor sobat masing-masing. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – Tips Upgrade Ukuran Ban di Velg Standar –    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here