Jangka Waktu Mengganti Ban

Jangka Waktu Mengganti Ban

 

RPMSUPER.COM – BAN merupakan perangkat yang wajib ada dalam semua kendaraan bermotor (khususnya kendaraan roda dua). Dikarenakan memiliki beberapa fungsi yang penting seperti, digunakan untuk meneruskan kendali dari stang, menangguh segala beban yang ada disepeda motor. Termasuk pengemudi, meredam getaran dan sebagai suspensi kendaraan dan mungkin masih ada beanyak lagi .

Pada kesempatan kali ini,RPM ingin membahas tentang  jangka waktu penggantian ban dikuda besi kesayangan sobat. Mungkin sobat RPM sudah ada yang tahu kapan penggantian ban, saya akan membagikan untuk sobat RPM yang belum mengetahuinya.

Untuk sebagian orang, mengganti ban cukup melihat fisik saja. Jika kondisi ban sudah menurun drastis, seperti alur ban sudah tidak ada (malah kaya ban kering motoGP bro :mrgreen: ), bahkan ada yang baru mengganti saat ban sudah kelihatan karetnya. Hal ini tidak saya anjurkan bray. Maka, saya ingin berbagi cJangka Waktu Mengganti Ban. Yuk kita bahas bersama ,cekibroot 😀 .

 

1.Tread Wear Indicator

ban indicator

Tread wear Indicator ini jurus paling ampuh untuk menentukan jangka waktu penggantian ban. Tread wear indicator terdapat pada bagian samping ban dan mempunyai bentuk segitiga kecil. Jika kondisi sobat sudah mencapai atau bahkan melebihi tread wear indicator segeralah melakukan penggantian ban. Dikarenakan, itu jangka waktu yang dianjurkan oleh pabrikan ban. Untuk tiap produsen mungkin memiliki perdedaan 😀 .

 

2.Alur Ban

tire-wear-indicator

Jangka Waktu Mengganti Ban yang ideal. Jika sobat merasa tread wear indicator masih kurang sebagai  jaminan untuk mengganti ban,sobat bisa melihat alur ban pada kendaraan sobat. Di alur ban juga terdapat tread wear indicator. Bila dirasa alur ban sudah mulai habis atau bahkan sudah habis segeralah mengganti ban sobat agar tidak terjadi hal yang diinginakan. Apa lagi hingga ban terlihat karetnya itu sangat berbahaya dan bisa berpotensi ban pecah atau meletus.

 

3.Tahun Pembuatan

TireDateCodePicture-1024x768

Ban juga bisa kadaluarsa, bila usianya sudah renta. Umumnya, usia ban adalah sekitar 3-4 tahun. Setelah itu ban akan terasa lebih keras atau karet di dalam ban sudah getas. Walaupun alur masih bagus dan tread wear indicator masih jauh, tetapi ban sudah berusia 3-4 tahun wajib diganti. Jangka Waktu Mengganti Ban Sebelum hal yang tidak diingikan terjadi. Ini terjadi untuk kendaran simpanan dan jarang dipakai, secara fisik masih bagus tetapi usianya sudah renta 😀 .

Bagaimana kita mengetahu usia ban ? Bisa dilihat dari kode yang ada di ban (lebih tepatnya dibagian samping kanan kiri ban) terdapat empat angka dan dibingkai kotak. Untuk dua angka pertama adalah minggu dan dua digit terakhir adalah tahun produksi. Contoh pada gambar tertulis 0308 . Berarti, ban diproduksi pada minggu ketiga pada tahun 2008,sobat mengganti ban maksimal pada tahun 2012 .


Last…tepatnya waktu mengganti ban akan menghindarkan kita dari hal yang tidak diinginkan.Jangka waktu penggantian ban juga termasuk ciri-ciri ban sudah aus.Sekain RPM mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat RPM semua 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – Jangka Waktu Mengganti Ban –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

5 Comments

Masukan komentar Anda