Jenis Alur / Pattern Ban Motor

Jenis Alur / Pattern Ban Motor

 

RPMSUPER.COM – Ban adalah sebuah piranti yang wajib ada disemua kendaraan dari roda dua hingga kendaraan beroda yang puluhan. Ban berfungsi sebagai penghubung tenaga mesin yang disalurkan lewat rantai / cvt. Ban juga bertugas meneruskan fungsi kemudi dari stang.

Ban juga masih memiliki banyak fungsi lain seperti  sebagai peredam getaran sebelum diteruskan oleh suspensi. Ban memiliki berbagai jenis atau macam alur yang mungkin sobat belum tahu fungsinya.

Umum kita ketahui fungsi alur ban untuk membuang air, tetapi alur ban memiliki banyak fungsi juga selain sebagai penunjang tampilan juga. Nah, pada kesempatan kali ini syaaya ingin membahas Jenis Alur / Pattern Ban Motor dan beserta fungsi dan kelebihannya. Yuk kita bahas pertama :mrgreen: .

 

  • Pattern Lug / Horizontal

rib.fdr spatax

Jenis pattern satu ini memiliki bentuk menyamping atau sering disebut pola horizontal. Ban jenis memiliki keunggulan pada bagian traksi dan daya pengereman yang baik alias tidak mudah ngesot (mengunci) untuk pengereman berat. Ban ini juga memiliki keunggulan untuk kondisi hujan.

 

  • Pattern Rib / Vertical

rib

Jenis ban satu ini memiliki bentuk berlawan dari tipe lug diatas yaitu memiliki alu lurus dari atas ke bawah atau alur vertikal. Ban ini justru memiliki keunggulan untuk melibas tikungan atau cornering karena tidak mudah bergeser . Ban ini cocok untuk perkotaan dan juga cocok untuk modifikasi ala jadul seperti caferacer dan old-school.

 

  • Pattern Rib&Lug / Campuran

riblug fdr raven

Jenis Alur / Pattern Ban Motor selanjutnya adalah alur ban campuran dari dua pattern ban di atas, yaitu campuran alur ban vertikal dan horizontal. Ban ini juga paling umum digunakan pada di jalan raya. Hal ini karena ban ini cocok untuk segala medan jalananan dan kelebihan ban ini juga campuran dari ban beralur tipe vertikal dan horizontal.

 

  • Pattern Blok / Balok / Pacul

blok.pirelli

Pattern ini memiliki alur yang berbentuk kotak/kubus ataupun balok. Ban ini paling sering kita lihat dan banyak digunakan untuk motor cross atau motor garuk tanah. Alur ini kelebihan traksi yang baik dan juga daya pengereman yang baik terlebih untuk medan lumpur.

 

  • Pattern Modification

moif.fdr genzi pro

Seiring perkembangan zama alur ban juga dimodifikasi agar bentuknya lebih menarik dan keren. Ban tipe ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan alur ban horizontal.  Kelebihan alur ini terdapat pada traksi dan akselerasi yang baik. Pattern ini cocok untuk medan jalan aspal dan beton.

 

  • Pattern Slick / Gundul

ban slick

Ban ini tidak memiliki alur alias dikenal sebagai ban gundul. Biasanya ban ini memiliki kompon lembut atau soft. Ban jenis ini paling sering digunakan untuk ajang balapan di atas sirkuit permanen atau sirkuis semi permanen. Ban ini memiliki traksi, daya pengereman dan cengkraman dalam menikung yang baik. Ban ini  haram hukumnya untuk melibas trek basah karena traksinya kurang bagus.

Last… Diatas merupakan macam-macam pattern ban yang ada dan mungkin memiliki banya bentuk dan alur tergantung pada pabrikan yang membuat alur ban  tersebut.Nah,untuk sobat semua silahkan pilih ban yang sesuai dengan kebutuhan dan trek yang akan sobat lalui.Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀  – RPMSUPER  – RPMSUPER.COM – Jenis Alur / Pattern Ban Motor –

Sumber : tabloid OTOPlus

 

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Masukan komentar Anda