Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo

3
pertamax turbo di mobil turbo

Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo

RPMSUPER.COM – MOBIL semakin kesini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang canggih. Mulai dari fitur yang ditanamkan, teknologi mesin yang digunakan dan lain sebagainya. Sekarang, mesin mobil semakin kecil kubikasinya, tetapi memiliki tenaga yang besar dan konsumsi bahan bakarnya yang efisien.

Salah satu penyebab dari hal itu adalah  penggunaan perangkat turbo pada mobil-mobil sekarang. Turbo ini memungkinkan mobil memiliki kubikasi mesin lebih kecil, tetapi memiliki tenaga yang sama dengan mobil naturally aspirated (N/A) dengan kubikasi mesin yang lebih tinggi.

Pasti banyak orang yang beranggapan jika mobil yang memiliki mesin turbo wajib menggunakn bahan bakar Pertamax Turbo yang memiliki Ron 98. Padahal, jika dilihat dari nilai rasio kompresi mesin hanya membutuhkan bahan bakar sekelas Pertamax biasa dengan Ron 92.

Lalu bagaimana pengetesan dan komparasi antara Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo. Artikel ini berdasarkan tabloid Otomotif yang diedisi 18. Mobil trubo yang digunakan untuk tes adalah Honda Civic Hatchback Turbo.

pertamax turbo vs pertamax biasa

Untuk informasi saja, Civic Hatchback Turbo menggunakan mesin 1.500 cc empat silinder DOHC 16 katup dengan turbo. Rasio kompresi mesin ini adalah sebesar 10,6 ; 1. Pengetesan dilakukan untuk mengukur performa dan keefisienan konsumsi bahan bakarnya.

Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo

Test pertama adalah drag dari 0 ke 100 km per jam. Saat menggunakan pertamax biasa mobil ini mencatatkan 7,9 detik. Sedangkan saatmenggunakan pertamax tubro mobil ini mampu memangkas waktu 0,2 detik dan tercatat 7,5 detik.

Kemudian dilakukan test drag lagi dengan jarak 201 meter dan 402 meter. Hasil pengetesan dilintasan 201 meter keduanya mencetak waktu yang sama, yaitu 10,6 detik. Pun saat drag dilintasan sepanjang 402 meter juga mencatatkan hasil waktu yang sama, yaitu 11,0 detik.

Setelah mengetes performa dengan kedua bahan bakar dari PT Pertamina ini. Komparasi Pertamax Turbo vs Pertamax biasa ini berlanjut pada tingkat efesiensi dalam konsumsi bahan bakarnya. Bagaimana perbandingan kedua habah bakar ini ?

Untuk rute dalam kota dengan pertamax biasa mencatatkan jarak 12 km/liter. Sedangkan menggunakan pertamax turbo mencatatkan sedikit perbedaan, yaitu 13 km/liter. Kemudian untuk rute luar kota dengan pertama turbo, angkayang mampu dicatat adalah 15 km/liter. Lagi-lagi sedikit lebih unggul dari pada pertamax biasa yang membubuhkan angka 14 kmliter.

Terkonsum bahan bakar selanjutnya adalah dengan metode melaju dengan kecepatan konstan. Sama-sama berada dikecepatan 80 km/jam di 1.800 rpm, pertamax biasa mencatatkan angka 25 km/liter. Sedangkan pertamax turbo lebih unggul 3 liter dengan mencatat angka 28 km/liter.

Terakhir test konsumsi bahan bakar dengan melaju konstatn pada 100 km/jam pada putaran mesin di 1.900 rpm. Hasilnya sama, yaitu pertamax turbo lebih irit dengan mencatatkan nilai 21,3 km/liter. Lagi-lagi unggul 3 liter dari pertamax biasa yang hanya mampu membubuhkan 19,2 km/liter.


Last.. Memang pertamax turbo sedikit lebih unggul daripada pertamax biasa. Namun, pilihan kembali lagi pada sobat. Jika jalan yang dilalui sering lega dan bisa memacu mobil dengan konstan 80 – 100 km/jam bisa pilih pertamax turbo.

Namun, jika jalan yang dilalui hanya didalam kota saja dan penuh dengan kemacetan. Sobat cukup menggunakan pertamax biasa. Toh, untuk dalam kota konsumsi bahan bakar dan performanya sama. Sekain artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo –

Referensi : Otomotif

3 KOMENTAR

    • tapi dari pihak pertamina menyarankan untuk pengguna mobil turbo menggunakan pertamax turbo. Apalagi chanel dari motombi juga selalu mengatakan bahwa pertamax turbo yang cocok untuk mobil berturbo 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here