Efek Menggunakan Pertamax Turbo di Motor

1
Pertamax Turbo vs Pertamax di Mobil Turbo

RPMSUPER.COM – BAHAN BAKAR adalah sebuah cairan yang dibutuhkan untuk proses pembakaran semua kendaraan bermotor. Jenis dari bahan bakar sendiri ada cukup banyak. Bahan bakar dibedakan dari angka RON (Research Octane Number)-nya.. Banyaknya jenis bahan bakar dengan RON yang berbeda bukan tanpa alasan bray. Sebab, disesuaikan dengan kebutuhan dari pasar  itu sendiri.

Untuk pertamina, mereka memliki beberapa line up. Dimulai dari yang paling rendah dengan nama premium (oktan 88), kemudian ada Pertalite dengan ron 90. Di atasnya sedikit ada pertamax dengan RON 92. Yang paling tinggi ada Pertamax Turbo dengan RON 98. Sebenarnya masih ada Pertamax Racing dengan RON 100,tetapi harganya kurang bersahabat dan tidak dijual secara bebas dipasar.

Sedangkan penentuan oktan dari kendaraan, biasanya menggunakan dasar rasio kompresinya. Semakin tinggi kompresi yang dimiliki oleh sebuah kendaraan, maka semakin tinggi juga oktan yang dibutuhkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana Efek Menggunakan Pertamax Turbo di Motor.

Efek Menggunakan Pertamax Turbo di Motor

Sebenarnya tidak ada efek negatif jika menggunakan pertamax turbo disemua jenis motor. Namun, efek positif dari pemakaian pertamax turbo bila spesifikasi mesin sesuai dengan nilai oktannya. Berikut adalah nilai oktan yang direkomendasikan atau bisa digunakan berdasarkan rasio kompresinya.

perbandingan kompresi dan oktan

Yang direkomendasikan menggunakan pertamax turbo adalah kendaraan yang memiliki rasio kompresi di atas 11:1 atau mobil-mobil yang menggunakan mesin dengan turbo. Di nilai ini ada titik temu antara rasio kompresi dan oktan dari sebuah bahan bakar. Jadi bahan bakar akan berhasil terbakar secara maksimal.

” Baca Juga : Review Pertamax Turbo di Motor dan Mobil “

Nah, bagaimana jika menggunakan pertamax turbo dikendaraan yang rasionya lebih rendah. Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi akan sangat sulit dibakar, apalagi pada kendaraan yang memiliki rasio rendah. Maka hal itu akan menyebabkan pembakaran yang tidak akan optimal dan benefit dari menggunakan pertamax turbo tidak bisa dapatkan.

Nah, biasanya bahan bakar dengan oktan tinggi seperti pertamax turbo akan menghasilakan panas yang lebih tinggi dari bahan bakar biasanya. Namun, jangan khawatir dengan hal itu bray. Walaupun lebih cepat panas, tetapi panas itu adalah panas dimana suhu optimal mesin kita bekerja.

So.. Kesimpulannya menggunakan pertamax turbo pada motor tidak akan membuat masalah. Apalagi jika raiso kompresi motor Anda sesuai dengan nilai oktannya. Namun, jika angka kompresi motor Anda lebih rendah dari yang direkomendasikan memang tidak mendapatkan dampak negatif. Tapi, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat dari menggunakan pertamax turbo yang berarti hanya akn membuat pembelian Anda “sia-sia”. Lebih baik menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here