Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian

flat visor vs flat cembung

flat visor vs flat cembung

RPMSUPER.COM – HELM adalah sebuah perangkat wajib yang digunakan oleh pengendara, khususnya pada pengendara sepeda motor yang lebih terbuka dibandingkan dengan metode transportasi lain. Helm juga akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara pengendaranya.

Akhir-akhir ini kita dibuat heboh oleh  salah satu brand helm di Indonesia, yaitu KYT. Mereka berencana memasarkan produk mereka dengan menggunakan flat visor sepaket atau bisa juga di beli secara terpisah.

Nah, sebenarnya apa itu flat visor dan apa perbedaannya dengan kaca helm biasanya yang cembung ? Mungkin untuk para pecinta helm sudah tahu apa itu flat visor. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian.

Flat visor bisa kita ambil dari namanya yang berarti rata. Pada helm yang umum digunakan memiliki bentuk yang agak cembung pada bagian depan. Sedangkan, flat visor ini memiliki kaca helm yang rata. Jika belum pahan silahkan lihat pada gambar di bawah ini 😀

flat visor KYT
source : tmcblog.com

Mengapa flat visor ini seperti digandrungi oleh banyak orang ? Yup, jenis kaca helm ini sering digunakan pada ajang balapan sepeda motor. Namun, apa Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian ? Hingga banyak orang melakukan modifikasi pada helm mereka yang sejatinya menggunakan kaca cembung dan dirubah menjadi flat visor.

Tear off

tear-off helm

Pada visor flat biasanya sudah disedikan port atau lubang agar bisa dipasang tear off. Tear off sendiri adalah lapisan plastik yang digunakan untuk melindungi helm dari benda-benda asing seperti debu, pasri dan sebagainya yang dapat menggores permukaan kaca helm.

Sebab bila permukaan kaca helm sudah tergores oleh benda asing dapat membuat pandangan kita bisa berkurang. Misalkan saja, pada saat malam hari dan berpapasan dengan pengendara lain bisa saja kaca helm menjadi glare (silau) saat menerima cahaya dari kendaraan lain.

Inilah alasan mengapa banyak orang yang ingin memiliki helm dengan flat visor. Namun, tidak semua flat visor dapat dipasangi tear off karena dari beberapa kaca helm yang saya lihat. Walaupun sudah berbentuk flat, tetapi tidak memiliki port untuk tear off.

Pinlock

Selain bisa dipasang tear-off, pada kaca helm yang flat juga bisa dipasang pinlock. Pinclok berfungsi agar kaca helm tidak mengembun saat riding menerjang hujan maupun dalam kondisi lain. Kaca helm yang mengembun dapat mengganggu pengendara dan menurunkan konsentrasinya.

“Baca juga : Cara membuat kaca helm tidak mengembun di sini 😀 “

Setelah kita membahas kelebihan yang bisa didapat dari menggunakan kaca velm flat. Mari kita bahas kekurangannya.

Tidak aerodinamis

komparasi kaca cembung vs kaca datar
Kaca Helm Flat (kiri) Kaca Helm Cembung (Kanan) Source : helmpromosi.com

Kaca helm  flat dianggap kurang aerodinamis karena tidak bisa membelah angin secara sempurna seperti halnya yang dilakukan oleh kaca helm yang cembung. Lalu mengapa pembalap sekelas motoGP yang membutuhkan aerodinamis menggunakan flat visor ? Pembalap pada umumnya tidak selalu tegak dalam berkendara. Mereka lebih memiliki banyak kesempatan untuk “bersembunyi” di balik windshield motor mereka.

Namun menurut saya pribadi, pada penggunaan harian sisi aerodinamis pada kaca helm juga tidak terlalu berpengaruh saat berkendara dengan kecepatan rendah, apalagi dalam menghadapi kemacetan. Kemungkinan, kita masih bisa riding dengan nyaman walau flat visor dianggap tidak aerodinamis.

Mahal

Ini adalah yang menjadi kendala utama dalam memiliki flat visor helm. Harga yang dibanderol pada flat visor jauh lebih mahal dibandingkan dengan kaca helm biasa yang memiliki bentuk cembung. Belum lagi perangkat pendukung lain seperti tear-off dan pinlocknya yang akan membuat harganya semakin mahal.


Kesimpulan

Tentu dalam suatu hal terdapat kelebihan dan kekurangan. Tak terkecuali Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian. Menurut saya, jika memang helm yang Anda miliki support dengan flat visor dan memiliki dana lebih tidak masalah menggunakan flat visor karena bisa mendapatkan kelebihannya.

Namun, jika helm yang sobat miliki tidak support flat visor hingga memodifikasinya secara “paksa”. Secara paksa yang dimaksud adalah memodifikasinya dengan tidak rapi. Misal kaca helm tidak rapat dan sebagianya. Ataupun flat visor yang dimiliki tidak support tear-off dan pinlock sepertinya akan mubazir bray.

Jadi, pilihan tentu berada ditangan sobat sendiri. Saya di sini hanya memberikan opini saja, bisa saja sobat memiliki pandangan yang berbeda dengan saya. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

16 Komentar

  1. Maaf om minta saran
    Kira-kira helm yg beratnya paling ringan yang mana y?
    Dan yang paling nyaman yang mana?
    1.kyt rc7 2.kyt r10 3.kyt K2 rider 4.kyt vendetta 2

    Terus penggunaan tear off menganggu penglihatan g ya?
    Ada juga tidak tear off yang bening?

    Makasih om kl di jawab

    Regard

    • semuanya berat 11-12 bray, kecuali vendetta 2 itu yang paling berat. Kalau mau ngga terganggu pandangannya bisa pakai tearoff yang bening

  2. Atau ada saran helm yang nyaman dan ringan dan juga bisa di pasang tear off dan pinlock harga di bawah 800rb

    Thanks om

Masukan komentar Anda