Salah Kaprah Street Circuit Mandalika Indonesia

Salah Kaprah Street Circuit Mandalika Indonesia

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan resmi menyelenggarakan acara MotoGP dan World Super Bike. Tepatnya pada tahun 2021, di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Sirkuit Mandalika juga akan menjadi sirkuit pertama di MotoGP yang menggunakan konsep “street circuit“. Namun, masih banyak yang Salah Kaprah Street Circuit Mandalika Indonesia.

Salah Kaprah Street Circuit Mandalika Indonesia

Banyak orang yang beranggapan bahwa istilah street circuit adalah menggunakan jalan raya atau jalan umum untuk balapan. Ternyata hal tersebut kurang tepat bray.

Mungkin hal ini terbentuk karena kosep balapan jalanan yang di bawa oleh balapan Formula 1 yang benar-benar menggunakan jalan umum untuk balapana. Misalnya sirkuit di Malbourne, Australia dan Monaco GP.

Bahkan mungkin ada yang berfikir balapan yang diadakan akan mirip-mirip dengan road race yang sudah lama ada di Indonesia. Tentu saja hal tersebut tidak mungkin terjadi karena Dorna memiliki tingkat keamanan sirkuit yang tinggi.

Maksud dari Konsep Street Circuit Sirkuit Mandalika Indonesia adalah membangun sirkuit yang berada di dalam kota. Dalam hal ini adalah Mandalika Resort, Lombok. Semua fasilitas yang ada (hotel, rumah sakit dll) akan berada dalam area yang sama seperti di jalanan.

Karena menggunakan jalanan umum yang diberi pagar besi seperti Formula 1 tidak memungkinkan di MotoGP. Sirkuit Argentina saja ditolak karena memiliki run off area yang kecil, padahal sirkuit permanen.

Sirkuit Mandalika Tetap Sirkuit Permanen

sirkuit mandalika lombok

Jadi, Sirkuit Mandalika, Lombok nanti tetaplah sirkuit permanen. Yang sudah terdapat semua run off area-nya Hanya saja dibangun di tengah kota. Kemiripannya dengan F1, balapan bisa dilihat dari hotel terdekat.

Juga tidak usah khawatir sirkuit akan rusak karena dipakai untuk jalanan umum. Bahkan saya pernah melihat komentar “kalau dilalui truk fuso dan truk besar lainnya akan rusak”. Padahal Mandalika adalah resort mewah yang tidak mungkin dilewati oleh kendaraan besar seperti truk. Itupun jika benar-benar menggunakan jalan raya sebagai sirkuit.

Namun, apabila memang benar-benar dibuka menjadi jalan umum juga dipersilahkan oleh Dorna dan FIM. Selama saat digunakan untuk kompetisi tetap memenuhi standar yang sudah ditetapkan. – RPMSUPER.COM

Referensi : crash.net

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

2 thoughts on “Salah Kaprah Street Circuit Mandalika Indonesia

Silahkan Masukan Komentar