Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Baru-baru ini, Yamaha India merilis Yamaha MT15 yang menjadi penerus dari Yamaha M Slaz. Lalu apa saja Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India ?

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India

Suspensi dan Kaki-Kaki

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India pertama yang paling mencolok adalah kaki-kakinya. Di Indonesia mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan India.

Sebut saja suspensi depan up side down dan swing arm banana di Indonesia. Di India hanya menggunakan suspensi teleskopik konvensional dan swing arm model kotak.

Kemungkinan ini masalah selera mayoritas dari pasar. Di Indonesia lebih suka tampilan yang mewah. Sedangkan di India lebih suka hal yang lebih fungsional. Namun ternyata bikers India juga protes dan menginginkan spesifikasi kaki-kaki yang sama dengan versi Indonesia.

Desain Velg

velg mt15

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India selanjutnya adalah pada desain velg. Entah atas pertimbangan apa desain velg untuk pasar lokal dan India dibedakan. Mana yang lebih baik ? Tergantung kepada selera masing-masing untuk hal ini.

Untuk Yamaha MT15 versi India menggunakan velg yang sama dengan Yamaha Vixion R di Indonesia. Sedangkan di Indonesia sama dengan Yamaha R15 VVA.

Juga untuk pewarnaan ada sedikit perbedaan. Untuk versi Indonesia lebih pilihan warnanya lebih bearagam dengan adanya warna hitam, hijau stabilo dan orange. Sedangkan di versi India hanya ada warna hitam saja.

Fender Tambahan

Adanya spakbor kolong atau rear inner fender memang menjadi salah satu ciri khas pasar sepeda motor di India. Hal ini tidak dimiliki oleh MT15 untuk pasar Indonesia.

Secara visual memang agak terlihat kurang rapi. Tapi lagi-lagi, sisi fungsional lebih baik karena air tidak muncrat kemana-mana. Juga terdapat deflektor cahaya yang juga menjadi standar di sana.

Versi ABS

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India selanjutnya ada diperangkat keamanan. Yamaha Mt15 hanya ada satu varian, itupun saat artikel ini ditulis tidak memiliki perangkat ABS.

Sedangkan untuk MT15 sudah terdaat varian ABS walaupun hanya 1 chanel. Di India, pengereman ABS sudah menjadi piranti wajib yang terpasang untuk pasar India.

Ukuran Ban

Ternyata terdapat Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India pada ukuran ban depan. Pada Mt15 Indonesia menggunakan ban depan 110/70 ring 17. Sedangkan di India menggunakan profil ban lebih kecil, yaitu 100/80 ring 17.

Berat Motor

Selanjutnya perbedaan pada berat isi atau wet weight. Pada versi India lebih berat 5 kg, yaitu 138 kg. Sedangkan di Indonesia hanya 133 kg saja. Kemungkinan perbedaan berat ini dipengaruhi dengan hadirnya ABS pada versi India.

Pilihan Warna MT15

Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India selanjutnya adalah pada pilihan warnanya. Di India hanya terdapat dua varian warna, yaitu Dark Matte Blue, dan Metallic Black saja.

Sedangkan pilihan warna MT15 di Indonesia ada tiga pilihan. Pertama ada matte gray, kemudian metallic black dan terakhir matte blue. Namun, keduanya sama-sama menggunakan stiker yang minimalis.

Harga

Perbedaan Yamaha MT15 di India dan Indonesia yang terakhir adalah perihal harga. Untuk versi India lebih murah dibandingkan dengan versi Indonesia. Memang wajar karena absennya suspensi up side down dan swing arm banana. Tapi, untuk versi India sudah memiliki pengereman ABS.

Harga MT15 di India apabila dikonversikan dalam rupiah ada di kisaran Rp 28 jutaan. Sedangkan harga Yamaha MT15 di Indonesia adalah Rp 33.335.000 OTR Jakarta.

Hal yang unik, apabila di Indonesia harga MT15 dibawah dari Yamaha R15 VVA. Di India, harga MT15 lebih mahal dibandingkan R15 VVA. Di Indonesia MT15 lebih murah Rp 425 ribu dibandingkan R15 VVA. Sedangkan di India MT15 lebih mahal sekitar Rp 186 ribu dibandingkan R15 VVA. – RPMSUPER.COM –

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

2 thoughts on “Perbedaan Yamaha MT15 di Indonesia dan India

Silahkan Masukan Komentar