Review Honda CRF 250 Rally

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Honda secara line up di Indonesia memang sangat komplit. Di motor adventure adalah CRF series, dan saya berkesempatan memberikan Review Honda CRF 250 Rally.

Saya berkesempatan mencoba unit dari Astra Motor Center di Semarang. Memang untuk fisik sudah tidak 100%, tetapi dari mesin dan lainnya saya rasa masih prima. Untuk rute adalah dari Semarang – Bandungan.

Review Honda CRF 250 Rally

Suspensi CRF 250 Rally

Review Honda CRF 250 Rally saya mulai dari suspensinya karena menurut saya adalah hal yang paling istimewa dari motor ini. Secara spesifikasi sudah terlihat legit.

Suspensi depan menggunakan up side down keluaran showa dengan diameter 43 mm. Sedangkan bagian belakang menggunakan suspensi tunggal keluaran dari Showa juga.

adsense-fallback

Jalanan yang dilalui sangat beragam, mulai dari jalan aspal yang mulus, berlubang hingga bergelombang. Tidak lupa jalanan beton yang juga tidak kalah bergelombang.

Di jalan bergelombang motor ini sangat enak karena hampir tidak kerasa. Menurut saya serasa berada di jalan aspal yang mulus. Dalam kecepatan tinggi di aspal juga masih enak alias tidak mental-mentul.

Di jalanan rusak juga masih terasa enak. Di jalan yang lubangnya dalam juga diredam secara baik. Travel suspensi nya sangat panjang jadi jalanan jelek sekalipun tetap diredam dengan baik. Pokonya untuk suspensi istimewa sekali.

Posisi Berkendara

Motor ini secara groudn clearance, tempat duduk dan stang sangat tinggi. Untuk saya yang tingginya 173 cm, jinjit lumayan parah jika kedua kaki yang turun. Apabila satu kaki masih jinjit juga walau tidak separah saat dua kaki turun. Direkomendasikan untuk punya tinggi 178 cm agar nyaman menggunakan motor ini.

Posiis berkendara tentu saja tegak dan menurut saya enak banget. Bahkan setelah mencoba motor ini kemudian naik Honda PCX, malah PCX terasa kurang nyaman hahaha.

Untuk perjalanan jauh maupun dekat tidak ada kendala sama sekali. Motor ini memang posisi berkendara sangat tinggi jadi lebih pede dalam menghadapi semua medan jalan.

Handling CRF 250 Rally

Motor ini memang sangat tinggi dan berat, tetapi saat digunakan sama sekali tidak terasa berat. Bahkan saat digunakan dalam perkotaan untuk selap-selip terasa sangat ringan alias tidak terasa membawa motor seberat 155 kg.

Untuk dijalanan aspal juga masih enak walaupun menggunakan ban off road alias ban tahu. Namun memang, saat digunakan membelok dalam kecepatan lumayan tinggi ban belakang agak goyang dumang.

Performa Mesin CRF 250 Rally

Review CRF 250 Rally selanjutnya adalah pada bagian dapur pacu. Motor ini memang tidak diciptakan untuk kenceng-kencengan. Melainkan untuk memiliki torsi yang besar.

Secara konfigurasi, mesinnya berkubikasi 250 cc silinder tuggal DOHC 6 percepatan. Tenaga maksimal motor ini adalah 24,4 daya kuda pada 8.500 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya ada diangkat 22.6 Nm pada 6.750 rpm.

Torsinya untuk medan biasa sangat memadai. Untuk perjalanan dalam kota, khususnya selap-selip enteng saja. Untuk jalanan yang agak curam juga tidak ada masalah sama sekali.

Jika untuk mengejar top speed saya rasa agak kurang nendang. Karena pada putaran 10.000 rpm agak sulit ditembus. Saya sendiri mencatatkan 120 km/h pada gigi 5.

Cuma kekurangan dari mesin ini adalah suhunya yang tinggi. Digunakan macet-macetan di dalam kota indikator suhunya sampai menyala. Jadi motor ini agak kurang cocok untuk perkotaan.

Konsumsi Bahan Bakar

Motor ini tidak ada multi information display seperti indikator pemakaian bahan bakar. Jadi pakai metode kira-kira saja. Berangkat dengan 2 strip kemudian ditambah Pertamax Rp 25 ribu.

Saat kembali lagi di Astra Motor Semarang di Gadjah Mada masih terdapat dua strip. Padahal pemakaian digeber alias tidak irit-iritan. Tapi, menurut klaim Honda, konsumsi bakar motor ini adalah 34.1 km/liter.

Pengereman

Review Honda CRF 250 Rally terakhir adalah bagian pengereman. Menggunakan rem cakram model wave dan floating depan dan belakang. Bagian depan menggunakan dual piston yang belakang single piston. Sedangkan untuk ukuran cakram, bagian depan berdiameter 256 mm. Untuk belakang menggunakan ukuran 220 mm.

Untuk rem depan saya rasa pakem dan halus. Feel pengereman juga baik dan terprediksi. Sedangkan untuk bagian belakang feel remnya agak kurang pada unit tes yang saya coba.

Kelebihan dan Kekurangan CRF 250 Rally

Kelebihan CRF 250 Rally

  • Handling super ringan
  • Suspensi enak
  • Torsi Besar
  • Irit

Kekurangan CRF 250 Rally

  • Suhu Mesin untuk perkotaan
  • Rem belakang kurang pakem
  • Tinggi motor

So itulah Review Honda CRF 250 Rally berdasarkan opini saya dan juga Kelebihan dan Kekurangan Honda CRF 250 Rally. Semoga dapat berguna dan bermanfaat – RPMSUPER.COM

adsense-fallback