Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Belum lama ini, Yamaha Indonesia mengenalkan New Yamaha R25 untuk pasar global dan pasar Indonesia. Lalu apa saja Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25 ini ?

Memang sudah cukup lama  tersebar spyshoot tentang hadirnya New Yamaha R25 ini. Lalu banyak orang digital creative membuat renderan dari hasil spyshoot yang ada. Namun, sekarang semuanya telah gamblang bagaimana wujud dari motor ini. Kali ini akan kita bahas Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25.

Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25

  1. Bodi R25 Vs New R25

Secara desain, sebenarnya tidak ada perubahan besar-besaran dari motor ini. Mungkin bisa dikatakan perubahan terjadi sekitar 50% dari keseluruhan bodi. Perubahan yang paling terlihat adalah pada bagian depan motor ini.

Namun, Yamaha masih memertahankan desain yang kalem dibandingkan desain yang agresif. Sepertinya Yamaha lagi-lagi berusaha membuat desain yang timeless. Beberapa orang beranggapan ini tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

adsense-fallback

Sebenarnya tidak ada yang salah dari desainnya. Saya juga suka-suka saja dengan desain New R25 sekarang. Namun, saya rasa aura dari motor ini agak berbeda. Auranya tidak sebaik dari generasi sebelumnya.

Pada bagian depan mengalami perubahan desain yang banyak. Mulai dari desain lampu yang juga sekarang sudah menggunakan full led untuk lampu utama. Terdapat moncong bagain depan untuk mengarahkan udara ke radiator. untuk visornya, pada New R25 tidak selebar generasi sebelumnya, tetapi lebih cembung dan mungkin ini salah satu hal yang membuat aerodinamisnya lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Kemudian pada desain fairing samping juga dibuat berbeda dengan pendahulunya. Sekarang terlihat lebih padat dan lebih menutup area mesinnya. Kemudian pada tangki sedikit diberikan sentuhan model sirip agar seperti generasi YZF-R series lainnya.

Untuk bagian jok hingga kebelakang masih menggunakan desain yang sama. Lampu belakang, desain spakbor belakang, kemudian desain knalpot dan footstep masih sama persis dengan sebelumnya.

2. Dashboard Yamaha R25 Vs New R25

Pada sisi dashboard juga dilakukan perubahan. Khsusunya pada area speedometer yang berubah derastis. Speedometer New R25 sekarang sudah menggunakan full digital, sedangkan untuk R25 sebelumnya menggunakan kombinasi antara digital dan analog. Untuk apa saja informasi yang ada di panel speedometer terlihat tidak ada perbedaan.

Kemudian pada area stang juga terdapat perbedaa, Jika Yamaha R25 model sebelum menggunakan stang jepit model upper yoke. Sekarang New Yamaha R25 menggunakan stang model under yoke. Segitiga atasnya dibuat dengan sporti dengan adanya lubang-lubangnya khas Yamah R1.

Kala dilihat dari sisi ketinggian stang. Yamaha tidak mau membuat motor ini terlalu racy look alias terlalu nunduk. Walaupun menggunakan stang underyoke, motor ini masih terlihat agak tegak posisi duduknya. Memang tidak terlalu sporti, tetapi tetap nyaman digunakan untuk harian.

Kemudian ada perbedaan kecil tapi keren pada bagian stang. Starter dari Yamaha New R25 ini sudah tidak menggunakn model konvensional. Sekarang sudah menggunakan 3 in 1 starter & cut off engine seperti pada moge. Tidak lupa ada tambahan saklar lampu hazard.

3. Kaki-Kaki Yamaha R25 Vs New R25

Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25 selanjutnya adalah pada kaki-kakinya, khususnya masih pada bagian suspensi. Pada Yamaha R25 model lawas masih menggunakan suspensi depan jenis teleskopik dengan diameter inner tube sebesar 41 mm.

Sedangkan suspensi New Yamaha R25 sudah menggunakan suspensi model inverted teleskopik atau biasa dikenal dengan up side down. USD-nya dilabur dengan warna emas dan diamater inner tubenya adalah 32 mm.

Sedangkan untuk kaki-kaki belakang tidak perubahan yang dilakukan. Masih menggunakan swing arm yang sama, kemudian untuk suspensi belakang juga masih menggunakan asymetrical suspensio seperti yang lama.

Pada velg depan dan belakang keduanya masih menggunakan part yang sama. Menggunakan profil ban 110/70 (depan) dan 140/70 (belakang). Bedanya, untuk New Yamaha R25 warna biru, warna velgnya juga dilabur warna biru. Sedangkan untuk R25 versi sebelumnya hanya memiliki satu warna velg saja, yaitu hitam.

4. Mesin Yamaha R25 Vs New R25

Pada bagian dapur pacu tidak ada ubahan sama sekali. Padahal, hal inilah yang paling ditunggu oleh pasar. Untuk sekarang, Yamaha R25 masih paling bawah untuk urusan power motor 250 cc twin silinder Jepang.

Menggunakan mesin 250 CC dua silinder segaris. Memiliki 6 percepatan manual dengan transmisi basah. Mampu menghasilkan tenaga 26.5 kW/12.000 rpm, torsi maksimal 22.6 Nm pada 10.000 rpm. Namun, Yamaha mengklaim top speed New Yamaha R25 ini lebih tinggi 8 Km/h dibandingkan generasi sebelumnya.

5. Harga New R25 da R25 Lama

Perbedaan Yamaha R25 Lama Vs New R25 yang terakhir adalah harga. Harga New Yamah R25 adalah Rp 58.600.000. Tentu saja menaiki kenaikan dibandingkan model sebelumnya, tetapi tidak signifikan. Harga R25 2018 adalah Rp 57.350.000. jadi hanya berbeda Rp 1.250.000 saja. – RPMSUPER.COM

adsense-fallback