Perbedaan Shell HX7 dan AX7

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Sekarang ini pilihan oli sangat beragam. Shell adalah satu perusaahn oli terfavorit. Shell helix hx7 dan shell advance ax7 adalah menjadi produk paling sering dijumpai. Lalu, apa Perbedaan Shell HX7 dan AX7 ?

Sebab, banyak orang  masih belum terlalu paham perbedaan mendasar keduanya. Bagaimana bila kedua oli ini digunakan pada sepeda motor. Apakah akan memberikan pengaruh negatif atau tidak.

Perbedaan Shell HX7 dan AX7

Untuk review kedua oli ini bisa sobat baca dibeberapa link yang akan saya masukan dalam artikel ini. Secara kasta adalah oli kelas menengah. Untuk kelas bawah ada hx5 dan hx7. Untuk yang paling tinggi ada seri ultra.

Bedanya shell ax7 dan hx7 adalah pada peruntukkannya bray. Shell advance adalah oli yang dirancang untuk mesin motor dengan kopling basah. Sedangkan shell helix adalah oli yang diperuntukan untuk mobil.

Hal tersebut saya dapatkan dari official website Shell Indonesia. Jika sobat bertanya, kenapa ada kemasan Shell HX7 yang satu liter. Bukannya itu untuk motor ? Ternyata bukan seperti itu bray.

adsense-fallback

Shell menyediakan varian satu liter agar pembelian lebih fleksibel. Sebab, tidak semua kapasitas oli mesin pada setiap mobil sama. Shell HX7 tersedia dalam kemasan 4 liter. Nah, apabila mobilnya seperti Avanza 1.300 cc yang hanya butuh 3 liter. Bisa membeli varian yang satu liter dengan tiga buah. Tentunya lebih hemat dan praktis bray.

Pakai Shell HX7 untuk motor ? Hal tersebut sebenarnya tidak direkomendasikan oleh shell sendiri. Apalagi pada motor yang menggunakan kopling basah, macam motor bebek, sport dan trail.

Hal tersebut untuk menghindari terjadinya slip kopling pada motor berkopling basah. Sebab, tidak ada formula anti slip kopling pada oli Shell HX7. Namun, apabila sobat gunakan pada motor matik yang notabene menggunakan kopling kering tidak masalah sob.

Untuk motor berkopling basah direkomendasikan menggunakan shell advance ax7 saja. Shell sudah memberikan formula anti selip pada produk ini. Ternyata tidak hanya pada peruntukannya bray, tetapi dari spesifikasi juga cukup berbeda.

BACA JUGA : REVIEW OLI SHELL ADVANCE AX7

Perbedaan Spesifikasi Shell AX7 dan HX7

Walaupun beda peruntukan, ternyata mereka memiliki beberapa persamaan. Keduanya sama-sama memiliki tingkat kekentalan 10-40 W. Keduanya sama berjenis semi sintetik, yaitu mengkombinasikan oli mineral dan oli sintetik.

Perbedaan Shell HX7 dan AX7 yang paling mencolok adalah tingkat API-nya. Pada AX7 ber-API SM, sedangkan pada HX7 memiliki API-SN. Hal tersebut berarti bahwa HX7 memiliki tingkat kelicinan yang lebih tingkat dibandingkan dengan AX7.

Perbedaan kedua adalah Shell AX7 terdapat Jaso-nya. Sedangkan HX7 memiliki spesifikasi ACEA A3/B4. Sebenarnya mudah dalam menentukan oli tersebut untuk motor atau bukan. Jika terdapat Jaso-nya, sudah dipastikan bahwa oli tersebut adalah oli untuk motor.

Terakhir adalah dari sisi harganya bray. Keduanya memiliki positioning yang sama, tetapi dibandrol dengan berbeda. Mungkin karena jumlah zat adiktif yang ditambahkan berbeda pada masing-masing produk.

Pada Shell Helx HX7 memiliki harga yang lebih mahal untuk varian 1 satu liternya. Harga Shell HX7 ada dikisaran Rp 70.000 tergantung lokasi dan lainnya. Sedangkan harga Shell AX7 ada dikisaran Rp 50.000 an.

BACA JUGA :

Review Shell Helix HX7 di Motor

Untuk pemakaian kedua produk ini dimotor ada yang mengatakan aman dan nyaman saja. Namun, ada yang menyatakan kurang direkomendasikan. Begitu juga saya yang kurang merekomendasikan Shell HX7 dimotor berkoplling basah.

Dengan harga yang sama, sobat sudah bisa mendapatkan oli full sintetik seperti Yamalube Super Sport. Untuk review  Yamalube Super Sport bisa baca di sini ya bray. Namun, kembali lagi, pilihan tetap ada ditangan Anda. – RPMSUPER.COM

adsense-fallback