Review Yamalube Super Sport

8

yamalube super sport

RPMSUPER.COM – OLIย bagaikan darah bagi semua kendaraan bermotor, entah itu roda 2, 3, 4 dan seterusnya. Oli mempunyai tugas vital yang tidak bisa diremehkan salah satunya untuk menstabilkan suhu mesin, menjaga antara part satu dengan part yang lain tidak saling bergesekan langsung, melindugi mesin dari karat dan lain-lain.

Oli sendiri ada beberapa jenis yaituย ย oli mineral, semi-sintetik, sintetik dan ester. Jenis oli tersebut menentukan kebutuhan, performa dan harga pastinya :mrgreen: . Nah pada kesempatan kali ini RPM ingin mereview penggunaan oli dari Yamaha yaitu Yamalube Super Sport.

Review Yamalube Super Sport

Yamalube Super Sport mempunyai spesifikasi kekentalan 10- 40W, untuk motor 4 stroke, JASO MA2 (lebih bagus dari yang cuma MA) API SM (semakin besar urutan semakin bagus SL < SM ) dan yang lebih asyik oli ini berjenis oli full sintetik, yang berarti tidak menggunakan minyak bumi.

ganti oli yamalube super sport

Untuk harga sendiri hanya Rp 70.000 saja termasuk penggantian oli ditempat dan bisa didapatkan di bengkel resmi Yamaha terdekat. Jika dilihat harga memang terlihat murah jika dibandingkan kompetitor oli sintetik lain (kalau buat RPM ya luamayan karena biasanya cuma pakai Shell Advance AX7 :mrgreen: ).

Oli ini “sebenarnya” ditujukan untuk motor keluar R ( R-Family) dari r15, r25 dan seterusnya, tetapi oli ini bisa digunakan untuk semua motor tanpa mengenal merk. Tapi, tentunya hanya digunakan untuk motor dengan kopling basah (motor sport atau bebek, tidak digunakan di motor matik).

Untuk impresi pertama setelah menggunakan oli ini suara mesin jadi lebih adem (walaupun tidak jauh dengan Shell AX7) dan derungan mesin juga halus. Untuk perpindahan gigi sangat halus, selama gonta-ganti oli baru ini merasakan perindahan gigi yang sehalus ini :mrgreen: .

Untuk performa beda jauh, hanya saja tarikan motor jadi lebih ringan (nah untuk ini entah itu efek dari oli atau efek dari carbon cleaner atau entah efek keduanya :mrgreen: ). Panas mesin tidak sepanas oli sebelum-sebelumnya, digunakan jarak +- 100km dengan cuaca yang sangat terik panas motor masih norma-normal saja.

Untuk kekurangan RPM belum bisa menemukan karena ini pengalaman menggunakan oli yang bisa dikatakan terbaik dari sebelumnya. Untuk penggunaan jangka panjang belum tahu karena baru digunakan selam 5 hari (saat artikel ini dipublish). Penggantian selanjutnya disarankan oleh bengkel setelah digunakan selama 2.000 km.

LAST.. Untuk penggunaan jangka pendek ini terbilang sangat puas dalam mengunakan oli ini. Mungkin selanjutnya coba-coba SPX1 (orange repsol) dari Honda. Tidak ada iklan hanya menyampaikan opini pribadi, impresi setiap orang berbeda-beda tergantung setiuasi masing-masing. Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย – RPM ย -RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

Review oli lain : Coba oli repsol (klik) , coba oli shell AX7 (klik)

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here