RPMSUPER.COM – SHELL adalah salah satu brand besar yang berkecimpung pengolahan minyak bumi. Salah satu produk mereka adalah oli mesin. Kali ini akan kita bahas tentang Apa saja Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5 dan Shell AX3 dan AX5 Bagus Mana?

Shell Advance sendiri adalah line up produk untuk oli mesin sepeda motor. Ada banyak sekali varian dan salah duanya adalah Shell AX3 dan AX5. Keduanya memiliki beberapa perbedaan spesifikasi. Yuk langsung kita bahas

Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5

Tingkat Kekentalan

Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5 yang pertama adalah tingkat kekentalan. Shell AX3 memiliki tiga varian produk, yaitu 10W-40, 15W-40 dan 20W-40. Untuk varian 10W-40 dan 15W hadir untuk varian Shell Advance Scooter.

Yang mana oli tersebut diperuntukan untuk oli mesin motor matik. Sedangkan untuk varian 20W-40 hadir untuk motor dengan kopling basah. Biasanya ada pada motor dengan transmisi manual.

Untuk lebih mudahnya, kita akan bandingkan untuk oli mesin motor transmisi manual. Karena jika berbeda jenis transmisinya juga akan berbeda kode Jasonya. Untuk motor transmisi manual menggunakan kode JASO MA. Sedangkan untuk oli transmisi kering menggunakan kode JASO MB.

Pada Shell Advance AX5 hanya hadir satu varian saja, yaitu 20W-50. Di mana semakin tinggi nomor pada huruf W maka semakin kental pula olinya. Angka ini berguna pada suhu rendah baik karena suhu ataupun karena motor pertama kali dihidupkan.

Kemudian 2 nomor dibelakang W menunjukan titik didih pada oli. Semakin tinggi nilainya maka nilai titik didihnya semakin tinggi dan tidak mudah untuk menguap.

Jadi cara yang paling baik adalah dengan menggunakan rekomendasi dari pabrikan. Sobat bisa mencari berapa tingkat kekentala yang direkomendasikan untuk sepeda motor sobat.

API

bedanya Shell AX3 dan AX5

Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5 selanjutnya adalah pada variabel API. API sendiri merupakan singkatan dari American Petroleum Institute. Yang mana merupakan sebuah kode standar yang menentukan kualitas oli

Mungkin cara termudah untuk mengartikan arti kode API adalah semakin tinggi hurufnya. Maka semakin tinggi kualitas dari olinya.

Kode API pada oli berawalan dengan huruf S dan diikuti huruf lainnya. Misalnya SG, SL, SM, dan seterusnya.

Namun, tidak selamanya menggunakan API tinggi cocok untuk motor dengan umur yang sudah tua,

Berdasarkan info dari Auto2000, Untuk mobil keluaran lama tidak dianjurkan untuk menggunakan oli keluaran terbaru. Hal ini disebabkan karena mesin mereka tidak dirancang untuk menerima tingkat kekentalan oli tertentu.

Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5 pada API-nya. Untuk Shell AX3 mendapatkan sertifikat API SL. Sedangkan untuk Shell AX5 memiliki API SG.

Hal ini berarti Shell Advance AX3 memiliki kualitas oli yang lebih baik. Namun, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Bahkan tidak selama akan cocok untuk motor sobat.

Berdasarkan informasi dari AutoExpose, oli dengan API SL direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi tahun 2004 ke bawah.

Sedangkan jika oli dengan API SF, SG, SH dan SJ direkomendasikan untuk kendaraan dengan tahun produksi 2001 ke bawah.

Jadi sobat bisa sesuaikan dengan usia kendaraan sobat. Namun, lagi-lagi saya sangat anjurkan untuk mengikuti rekomendasi dari pabrikan saja.

BACA JUGA :

Harga

beli shell ax3
Shell AX3 di Tokopedia

Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5 yang selanjutnya adalah harga. Sebenarnya kedua produk ini tidak memiliki perbedaan harga yang banyak. Keduanya sama-sama menggunakan basis oli mineral sebagai bahan utama.

Harga oli Shell Advance AX3 15W-40 800 ml ada diangka Rp 42.000. Sedangkan untuk harga Shell Advance AX5 dibanderol dengan Ro 37.500. Harga kedua produk ini saya dapatkan dari toko resmi Shell di Shopee.

Perbedaan harga ini mungkin karena campuran atau bahan adiktif yang diberikan. Sehingga secara spesifikasi juga terdapat perbedaan.

Beda Shell Advance AX3 dan AX5

So itulah Perbedaan Shell Advance AX3 dan AX5. Jika kita mau ambil kesimpulan tentang apa bedanya Shell AX3 dan AX5 adalah peruntukannya. Oli Shell AX5 diperuntukan untuk motor-motor lama yang memiliki teknologi konvensional.

Sedangkan untuk Shell Advance AX3 bisa digunakan pada motor produk belum terlalu lama. Apalagi untuk varian 10W-30 dan 15W-40 bisa digunakan pada motor yang diproduksi 10 tahun terakhir.

Namun, keduanya sama-sama sudah terdapat teknologi Active Cleansing dari Shell. Yang mana berguna untuk mencegah penggumpalan oli pada mesin. Selain itu juga membuat motor halus dan minim gesekan.

Jika sobat tertarik, saya sudah sediakan link pembeliannya via Shopee. Saya akan berikan link Shopee Mall untuk mengurangi resiko mendapatkan oli palsu

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar