Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas

2 Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Semakin mudahnya proses dalam pembelian unit sepeda motor baru memang membuat pasar motor bekas kurang bergairah. Namun, untuk beberapa orang motor bekas masih menjadi opsi termasuk saya sendiri.  Pada kesempatan kali ini akan kita bahas Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas.

Survei ini dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan unit dengan “best-deal”. Paling tidak kita bisa mendapatkan unit dengan kondisi bagus dengan harga yang paling kompetitif. Sebab, dengan hemat beberapa ratus ribu hingga jutaan bisa kita gunakan untuk perawatan motor bekas yang kita beli.

Sedangkan apabila kita hendak menjual motor. Kita bisa mendapatkan harga terbaik kita. Jadi kita tidak perlu menunggu terlalu lama karena memasang harga terlalu tinggi. Juga tidak merugi karena memasang harga terlalu rendah. Kecuali sobat ingin menjual unit secara cepat maka akan berbeda cerita.

Sebelumnya saya sudah menuliskan 8 Tips Membeli Motor Bekas. Harga menjadi acuan utama dan lokasi menjadi faktor utama. Sebab, harga motor tiap daerah berbeda. Dengan tips ini sobat bisa mengetahui harga pasaran motor bekas yang sobat incar.

Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas

Survei Online

Sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat hingga memudahkan segala lini kehidupan. Termasuk dalam melakukan survei harga pasaran motor bekas. Apalagi sekarang banyak website motor khususnya untuk platform jual-beli motor. Kita bisa bandingkan dari satu website ke website lainnya. Ini adalah Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas yang paling simpel. Baik bagi sobat yang beli maupun jual motornya.

Kita tinggal masukan jenis motor, tahun dan lokasinya. Maka kita bisa mengambil nilai tengah atau nilai yang sering muncul dalam website tersebut. Bahkan pada beberapa website sobat bisa mengatur hingga pilihan warna. Pada beberapa motor perbedaan warna membuat perbedaan harga.

Kelebihan dari survei harga motor bekas melalui media online adalah hemat waktu dan tenaga. Tapi kita tidak bisa tahu bagaimana kondisi sebenarnya dari motor tersebut. Kadang foto tidak bisa merfleksi kondisi sesungguhnya.

Untuk sobat yang mau jual motor, ada beberapa website yang bisa melakukan inspeksi motor. Jadi dengan kondisi motor sobat layak diberikan harga berapa. Biasanya tawaran mereka di antara harga yang ada di pasaran.

Survei Secara Offline

cara survei harga motor bekas

Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas selanjutnya adalah dengan melakukan kunjungan satu per satu dealer motor bekas yang ada di kota sobat. Secara harga, rata-rata dealer satu dengan lainnya akan memasang harga yang mirip-mirip. Selain itu kita bisa melihat kondisi motor pada suatu harga.

Memang kekurangannya adalah tidak hemat waktu dan tenaga. Apalagi ada resiko dealer memanipulasi kondisi motor agar terlihat bagus. Jadi memang membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Sobat juga bertanya pada makelar motor bekas. Biasanya mereka dapat memberikan rentang harga untuk suatu motor dengan tahun dan jenis tertentu.

So itulah 2 Tips Survei Harga Pasaran Motor Bekas. Memang semua kembali lagi bagaimana kondisi motornya sendiri. Setidaknya kita tidak terlalu kasar meraba harga pasarannya. – RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar