Pakai Slipper Clutch Untuk Harian

0
Pakai Slipper Clutch Untuk Harian

Pakai Slipper Clutch Untuk Harian

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Kopling adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menyalurkan dan memutuskan tenaga yang dihasilkan mesin. Kopling sendiri ada berbagai macam dan jenisnya.

Yang sering kita kenal adalah  kopling basah dan kering. Juga ada kopling manual dan otomatis. Seiring perkembangan zaman, teknologi kopling juga semakin juga.

Nah, salah satu fitur tambahan pada kopling adalah Assist & Slipper Clutch. Awalnya fitur ini hanya pada motor dengan kubikasi besar. Biasanya juga terdapat pada motor-motor kelas premium.

Namun, sekarang mulai diaplikasikan ke motor-motor yang memiliki kubikasi kecil. Salah satu motor yang terkenal menggunakan slipper clutch adalah Kawasaki Ninja 250. Tapi, sekarang juga sudah ada di KTM RC / Duke 250 dan juga Yamaha All New R15.

Pakai Slipper Clutch Untuk Harian

slipper clucth

Pada kesempatan kali ini ijinkan saya menyampaikan pendapat saya tentang review Pakai Slipper Clutch Untuk Harian. Tentu saja berdasarkan opini dan pengalaman saya. Saya mencoba slipper clutch ini pada Yamaha All New R15 dan juga KTM RC250.

Dulu banyak orang yang beranggapan bahwa motor dengan slipper clutch berbahaya untuk motor harian. Saya rasa pendapat itu kurang tepat. Poin yang mendukung adalah tidak adanya engine brake pada motor yang menggunakan slipper clutch.

Padahal pada kenyataan dan berdasarkan pengalaman saya, itu tidaklah benar. Motor dengan slipper clutch masih memiliki engine brake. Selayaknya motor yang tanpa menggunakan Assist & Slipper Clutch

Namun, engine brake yang diberikan memang tidak sekuat motor tanpa slipper clutch. Sebab, engine brake atau deselarasi yang disalurkan dilakukan secara bertahap. Jadi seolah-olah tanpa engine brake.

Apalagi saat kita menurunkan gear pada putaran mesin yang tinggi. Motor tanpa slipper clutch akan mengunci roda ban selama sepersekian detik hingga mendapatkan putaran mesin yang tepat.

Berbeda dengan motor yang menggunakan fitur slipper clucth. Roda belakang tidak akan mengunci walaupun kita menurunkan gear saat mesin sedang berada dalam putaran tinggi. Dengan poin ini kita mendapatkan beberapa kelebihan.

Kelebihan slipper clutch untuk harian

Kelebihan slipper clutch untuk harian

Kelebihan slipper clutch untuk harian kita dapat mengontrol laju kendaraan dengan jauh lebih mudah. Tentu ini akan berpengaruh pada sisi keamanan kita dalam berkendara. Mengingat kita juga membutuhkan engine brake dan kontrol kendaraan saat melakukan pengereman mendadak.

Apalagi saat keadan licin atau basah setelah diguyur oleh hujan. Kita tidak akan kehilangan traksi pada roda belakang. Sebab, roda belakang masih berputar dan kita juga lebih mudah dalam mengontrolnya.

Kelebihan slipper clutch untuk harian selanjutnya adalah kenyamanan. Dengan adanya fitur ini, maka tuas kopling akan menjadi lebih ringan. Ini sangat bermanfaat untuk sobat yang suka berkendara di jalanan yang macet. – RPMSUPER.COM

Referensi : otomotif.kompas.com

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here