Spesifikasi Honda PCX Listrik

Spesifikasi Honda PCX Listrik atau PCX elektrik

Diposting pada

PRMSUPER.COM – HALO BRAY. Pada tanggal 31 Januari 2019 lalu, Astra Honda Motor secara resmi mengenalkan Honda PCX elektrik. Lalu bagaimana Spesifikasi Honda PCX Listrik ?

Motor ini sudah dikenalkan sejak bulan November 2018 lalu pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS). Sekarang sudah rilis walaupun masih belum dijual secara bebas di pasar.

Motor ini sekaligus melengkapi varian Honda PCX di Indonesia. Ada dengan mesin bensin 150 cc, ada mesin hybrid yang menggunakan mesin bensin ditambah dengan mesin mesin listrik. Sekarang dilengkapi dengan tenaga penuh dari motor listrik.

Ini menjadi langkah lanjutan para ATPM besar untuk mengahadapi era motor listrik yang akan hadir di masa yang akan datang. Sebab, Astra Honda Motor tidak hanya membuatnya motornya saja. Melainkan juga beberapa elemen yang mendukung motor listrik. Sekarang kita bahas Spesifikasi Honda PCX Listrik dahulu.

Spesifikasi Honda PCX Listrik

 Mesin Honda PCX Elektrik

Pertama kita langsung bahas pada bagian dapur pacunya. Menggunakan mesin listrik yang ditenagai dua buah baterai berjenis lithium-ion. Masing-masing memiliki daya 50,4 volt. Jadi keduanya memiliki daya 100,8 V dan baterain ini dipasang secara serial.

Kemudian pada konstruksi motor listrik menggunakan struktur ernama interior permanent magnet (IPM). Struktur mesin seperti ini diklaim lebih efisien dalam pemakaian daya dan performa juga bisa lebih maksimal.

Motor listrik ini diklaim memiliki output setara dengan 4,2 kW atau sekitar 5,3 daya kuda. Torsi maksimal PCX Listrik adalah 18 Nm pada 500 rpm saja. Secara output tenaga dan torsi memang berbeda dengan PCX 150 bensin.

Output PCX 150CC Vs PCX Elektrik

  • Tenaga masimal PCX 150 : 14 DK pada 8.500 rpm
  • Torsi maksimal PCX 150  : 13,2 Nm pada 6.500 rpm.
  • Tenaga maksimal PCX Listrik : 5,3 DK
  • Torsi maksimal PCX Listrik : 18 Nm pada 500 rpm.

Secara tenaga maksimal memang jauh, tenaga PCX eletrik hanya 37% saja dibandingkan dengan mesin 150 cc. Namun, sepengetajuan saya motor listrik lebih mengandalkan torsi dan tidak ada satuan tenaga dalam daya kuda (CMIIW).

Nah yang mencolok adalah pada torsinya. Selain lebih besar sekitar 5 Nm, torsi maksimalnya bisa didapatkan diputaran sangat rendah. Memang inilah kelebihan motor listrik dibandingkan dengan mesin listrik.

Baterai PCX Elektrik

PCX elektrik

Spesifikasi Honda PCX Listrik pada baterainya sudah dibahas di atas. Nah, sekarang kita bahas daya tahan baterainya. Menurut tes yang dilakukan AHM. Bateria motor ini dapat berjalan hingga 69 km dalam kecepatan konstan 40 km/jam dalam kondisi baterai penuh.

Kemudian jika baterai habis ada dua opsi. Pertama dengan cara off-board charging, yaitu dengan mengganti dua buah baterai yang habis dengan yang sudah terisi. Mirip mengganti baterai pada umumnya.

Kedua adalah menggunakan cara on board charging, yaitu dengan menggunakan konektor yang disambungkan pada listrik di gedung atau rumah. Seperti halnya mencharge daya handphone.

Lama pengisian daya juga berbeda pada kedua cara di atas. Untuk metode pertama hanya membutuhkan 4 jam saja. Sedangkan apabila menggunakan konektor listrik bisa sampai 6 jam.

Fitur PCX Elektrik

baterai pcx elektrik

Secara keseluruhan hampir sama dengan PCX 150 dan PCX Hybrid. Namun karena baterianya diletakan di bagasi, membuat ruang bagasi agak berkurang bray. Penempatan di bagai agar ruang baterai bisa optimal dalam menggerakkan roda belakang.

Namun untuk mengakali hal ini, AHM merancnang motor ini dengan memperpanjang sumbu rodanya. Kemudian juga dipasangkan suspensi belakang yang lebih panjang agar menunjang kenyamanan yang lebih baik.

Kemudian juga terdapat rem ABS dual chanel untuk menunjang keselamatannya. Tidak lupa fitur standar lain seperti Honda Smartkey System sudah tersematkan pada motor ini.

Pada panel speedometer terdapat panel yang menampilkan istrumen sistem EV. Kemduain juga terdapat indikator kapasitas baterai yang tersisi bray.

Harga dan Pilihan Warna

Motor ini masih belum dijual bebas, jadi tidak ada harga jualnya. Namun, disewakan pada perusahaan-perusaahan dengan baiay 2 juta per bulan. Kemudian untuk pilihan warna hanya ada satu saja, yaitu Pearl Glare White.

Layanan Khusus PCX Elektrik / PCX Listrik

Untuk menunjang pemakaian motor ini kepada konsumen. AHM sudah menyipakan sarana atau layanan khusus untuk motor ini. Misalnya saja jaringan Honda yang melayani service untuk motor ini. Juga untuk keperluan swap baterai untuk cara off-board charging.

BACA JUGA : Launching Aplikasi Motorku Oleh Astra Motor

Kemudian layanan standar dari AHM juga tetap ada. Misalnya Honda Contact Center yang akrif 24 jam. Kemudian ada layanan Emergency Road Assistance dan service visit. – RPMSUPER.COM