Review Ban Vulkanisir di Motor

Review Ban Vulkanisir di Motor, Kok Gini ya

Diposting pada

RPMSUPER.COM – BAN adalah salah satu perangkat vital dalam sepeda motor. Memiliki banyak sekali fungsi dan salah satunya menyangkut keselamatan dalam berkendara. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan Review Ban Vulkanisir di Motor. Apa saja kelebihan dan kekurangan pakai ban vulaknisir di motor.

Apa Itu Ban Vulkanisir ?

apa itu ban vulkanisir

Ban vulkanisir adalah merekondisi ban bekaskendaraan, dalam hal ini motor. Secara umum, jenis ban vulkanisir ada dua jenis. Ada yang bagian tengahnya diberikan kompon tambahan. Baru kemudian diberikan alur ban.

Sedangkan jenis yang kedua adalah yang hanya memberikan alur pada ban. Biasanya dilakukan pada ban yang kompon karetnya belum terlalu tipis. Perbedaan lain dari jenis ban vulkanisir ini adalah pada harganya.

Dikarenakan membutuhkan bahan lain, ban vulkanisir dengan tambahan kompon memiliki harga yang lebih mahal. Ban jenis ini juga akan terlihat seperti ban baru karena memiliki ketebalan karet yang bagus. Sedangkan yang langsung diberikan alur memiliki harga yang lebih murah. Bannya akan terlihat sudah tipis tetapi memiliki alur yang baru.

BACA JUGA : 3 Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian

Review Ban Vulkanisir di Motor

Pada beberapa waktu yang lalu, salah satu motor di rumah saya menggunakan ban vulkanisir. Pada saat itu ban lama yang digunakan bocor dan tempat tambal ban hanya menyediakan ban vulkanisir. Ban ini dibungkus dengan plastik layaknya ban baru.

Jika dilihat secara fisik memang terlihat seperti ban baru. Karet pada bagian tengahnya masih tebal. Warna ban juga terlihat seperti baru. Untuk ukuran ban vulkanisir, harga ban vulkanisir ini cukup lumayan, yaitu Rp 90.000

Setelah digunakan untuk pemakaian harian, ada yang terasa aneh. Ban bagian belakang tidak stabil. Seperti ada yang benjol pada bagian belakang. Jadi berkendarannya tidak bisa halus.

BACA JUGA : Review Service di Planet Ban

Pertama-tama dibawa ke bengkel siapa tahu ada laker yang sudah rusak atau perangkat lainnya. Namun, pada saat itu bengkel tidak menemukan adanya kerusakan pada bagian kaki-kaki. Akhirnya divonis ban belakang vulkanisir ini yang menjadi biang keladinya.

Beberapa hari kemudian, digantilah ban belakang dengan ban baru, keluaran dari Maxxis. Dengan ukuran yang sama, yaitu 80/90 ring 17. Perbedaan harga ban vulkanisir dan ban baru memang bisa dikatakan cukup signifikan. Harga ban Maxxis ini dibanderol Rp 175.000. Berbeda 85 ribu yang mana hampir separuhnya.

Bagaimana Review Ban Vulkanisir di Motor ini ? Overall cukup tidak nyaman digunakan. Bahkan saat digunakan dalam kecepatan rendah terasa sangat tidak rata. Walaupun secara alur ban terlihat baik.

Untuk masalah keamanan seperti kemampuan ban dalam memecah air saaat kondisi hujan. Kemudian kemampuan traksi ban, saya tidak bisa menilainya. Karena motor ini digunakan untuk jarak dekat-dekat saja.

Kelebihan pakai ban vulkanisir ini menurut saya hanya pada harga. Kompon ban yang seperti baru menurut saya tidak memberi manfaat semestinya. Lebih banyak kekurangan pakai ban vulkanisir dibandingkan manfaatnya.

So buat sobat yang mau ganti ban, ada baiknya direncanakan jauh-jauh hari. Untuk menghindari kerusakan ban yang mendadak dan keterbatasan finansial. Apalagi untuk penggunaan santai harian, menggunakan ban standar saja sudah cukup. So itulah Review Ban Vulkanisir di Motor dan juga kelebihan dan kekurangan pakai ban vulkanisir menurut saya – RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar